Olahraga dan Kebugaran

Kegiatan Sehari-hari yang Bermanfaat Membakar Kalori

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kegiatan Sehari-hari yang Bermanfaat Membakar Kalori

Kalau Anda tidak sempat berolahraga dengan datang ke gym, tidak perlu resah karena Anda tetap bisa membakar lemak dan timbunan kalori di dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini.

Jika Anda adalah ibu rumah tangga, maka kegiatan bersih-bersih rumah, seperti menyapu, mengepel, memasak, dan kegiatan lainnya bisa membantu untuk membakar kalori di dalam tubuh. Namun, tidak berbeda dengan kegiatan gym, makin besar dan teratur usaha yang Anda lakukan, makin besar juga manfaat yang bisa Anda peroleh. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Andaikan kegiatan tersebut dilakukan secara rutin, maka bisa membentuk lengan. Bisa juga kegiatan macam merapikan tempat tidur, mencuci dan menjemur pakaian, dan membersihkan jendela merupakan latihan peregangan yang bagus dan tepat untuk meningkatkan fleksibilitas serta dapat mengencangkan otot paha

Belum lagi berjalan, seperti naik-turun tangga, menyapu ataupun mengepel merupakan kegiatan untuk aerobik baik untuk tubuh.

Sementara itu, melakukan pekerjaan rumah tangga agar lebih energik ialah mendekorasi rumah, merapikan gudang, dan membersihkan rumput halaman yang pas untuk membakar kalori. 

Jangan sampai lupa untuk melakukan perawatan taman, seperti penyiangan, penggalian, memotong rerumputan, memangkas semak yang menjadi latihan terbaik untuk membentuk otot serta membakar tumpukan kalori.

Memang membersihkan rumah bukan satu-satunya cara yang ideal untuk mempercepat pembakaran kalori, tetapi Anda harus mempertimbangkan manfaat lain. Misalnya, menjemur pakaian atau seprei dan menyapu semua ruangan bisa membantu Anda menjaga diri dari alergi debu, serta mengusir berbagai bakteri penyebab penyakit lain.

Lebih spesifiknya Anda bisa melakukan beberapa kegiatan sehari-hari untuk merapikan dan membersihkan rumah serta membakar kalori. Kami sudah menuliskan kegiatan sehari-hari di rumah yang tanpa disadari bermanfaat untuk tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Mengepel Lantai

Kegiatan mengepel lantai selama 60 menit dapat membakar 400 kalori. Coba Anda bayangkan berapa kalori yang dapat Anda hilangkan hanya dengan membersihkan jika rumah Anda berlantai dua.

Mencuci Piring

Menggosok dan mencuci piring dapat membakar 160 kalori per 30 menit. Kemudian, meletakkan gelas dan piring bersih ke tempatnya bisa membakar 150 kalori di tubuh, misalkan Anda melakukannya bolak-balik.

Menyapu

Banyak orang menganggap jika menyapu hanya untuk kepentingan kebersihan supaya rumah enak dipandang dan terhindar dari berbagai penyakit. Padahal menyapu lantai selama 30 menit bisa membakar 136 kalori, lo!

Mencuci Mobil/Motor

Biasanya kegiatan mencuci kendaraan, baik motor maupun mobil dilakukan ketika lubur kerja. Nah, kegiatan ini sebenarnya memiliki manfaat lain,  yaitu mampu membakar 153 kalor. Alangkah lebih baik membersihkan kendaraan tanpa harus datang ke bengkel, kan?!

Berkebun

Bagi Anda yang bekerja di kantoran, alangkah baiknya ketika membangun rumah atau mengontrak, rumah tersebut harus mempunyai halaman luas untuk kegiatan berkebung ketika libur bekerja. Kegiatan ini cukup efektif karena bisa membakar 325 kalori per jamnya. 

Manfaat tersebut tentu sangat penting untuk jika selama berkerja Anda menghabiskan banyak waktu dengan duduk berjam-jam. Kegiatan semacam menanam bunga dan menanam pohon, ataupun mempercantik teras rumah bisa membantu membakar 250 kalori per jamnya.

Menggosok Kamar Mandi

Kegiatan ini juga bermanfaat bagi tubuh karena bisa membakar sejumlah 180 kalori per satu jam (60 menit).

Itulah kegiatan sehari-hari yang tanpa sadar bermanfaat untuk tubuh Anda. Semoga dengan artikel ini Anda makin giat bersih-bersih rumah agar kalori yang menumpuk di tubuh bisa terbakar.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Calories burned in a day: Calculation, factors, exercise, weight loss. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319731.php)
What Exercises Burn the Most Calories? 12 Exercises, Tips, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/what-exercise-burns-the-most-calories)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app