Kebutuhan Vitamin dan Mineral Wanita Usia 40+

Dipublish tanggal: Mei 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kebutuhan Vitamin dan Mineral Wanita Usia 40+

Tubuh membutuhkan asupan mineral dan vitamin, agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sedangkan kebutuhan akan mineral dan vitamin harus disesuaikan dengan usianya.

Karena kebutuhan mineral dan vitamin setiap usia beda kebutuhan, maka Anda harus cari tahu asupan vitamin dan mineral yang sesuai untuk kebutuhan usia Anda.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Semakin usia Anda bertambah, maka akan semakin banyak pula kebutuhan akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila tubuh mengalami kekurangan mineral dan vitamin, maka hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada anggota tubuh, termasuk tubuh terlihat lebih tua dari usia Anda yang sesungguhnya.

Untuk mengetahui asupan vitamin dan mineral yang sesuai dengan usia, Anda dapat mengetahuinya melalui ulasan berikut:

1. Wanita yang sudah berkepala 7

Menduduki usia kepala 7 bukan menjadi usia yang muda lagi. Namun bukan berarti di usia tua, Anda terbebas dari yang namanya perawatan. Karena memang Anda membutuhkan perawatan yang cukup memadai di usia tua Anda. 

Termasuk kebutuhan vitamin C yang berguna untuk kesehatan tulang dalam mempertahankan massa otot. Selain vitamin C, wanita usia 70 juga membutuhkan asupan vitamin D.

2. Wanita berusia 51 sampai 60 tahun

Kebutuhan yang harus dipenuhi oleh wanita yang berusia 51 sampai 60 tahu yaitu berupa vitamin B6, asam folat maupun B12. Hal ini dikarenakan wanita yang sudah berusia 50 tahun membutuhkan asupan vitamin lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang lebih muda. 

Vitamin B memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Sedangkan untuk kandungan vitamin B6 sudah melebihi 100 reaksi enzim, dan hal ini sudah dikenal sangatlah penting untuk memenuhi kekebalan tubuh. Selain itu, peran dari B12, B6, vitamin dan asam folat seperti produksi energi, produksi sel darah merah, metabolisme protein, fungsi bagian sistem saraf, perkembangan kognitif, vitamin D dan kalsium.

3. Wanita berusia 41 sampai 50 tahun

Kebutuhan yang harus dipenuhi oleh wanita berusia 41 hingga 50 tahun yaitu berupa zat besi yang menjadi zat mineral untuk produksi energi, untuk organ produksi, untuk kekebalan tubuh, untuk menyembuhkan luka, untuk formasi pada sel darah merah. 

Untuk menjauhkan diri Anda dari osteoporosis, Anda membutuhkan kebutuhan kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang.

4. Wanita berusia 40 tahun ke bawah

Wanita yang menduduki usia di bawah 40 tahun memang lebih ideal untuk bisa hamil, oleh karena itu, vitamin sangat dibutuhkan sebagai penunjang kehamilan, salah satunya yaitu seperti yodium

Hal ini dikarenakan yodium memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan bayi pada masa kehamilan.

Wanita yang sudah berusia 40 tahun ke bawah membutuhkan yodium sebanyak 150 mcg. Sedangkan untuk ibu yang sedang menduduki masa kehamilan yodium bisa ditambahkan hingga 70 mcg. 

Selain yodium, wanita di bawah usia 40 juga membutuhkan folat untuk kesuburannya dan mengurangi terhadap risiko kelainan lahir. Folat sangat bagus untuk otak maupun untuk tulang belakang, dan dapat menjadikan sel darah merah mudah mencerna protein.

Itulah kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh sesuai dengan usianya. Anda bisa melakukan pemilihan perawatan dan asupan vitaminnya sesuai dengan usia. 

Jangan salah selama memilih kebutuhan vitamin dan mineral nya, hal ini memiliki tujuan agar kebutuhan tubuh dapat terpenuhi dengan sangat baik. Apabila kebutuhan tubuh terpenuhi dengan baik, maka tubuh juga akan bisa berfungsi dengan sangat baik.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
After 40: Women’s Nutrition and Metabolism Needs. American Academy of Family Physicians. (https://familydoctor.org/40-womens-nutrition-metabolism-needs/)
The best vitamins for women at every age. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322960)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app