Kalsium Dobesilat: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 15, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 13, 2019 Waktu baca: 3 menit

Pembuluh darah termasuk bagian tubuh yang sangat vital. Pembuluh darah bekerja setiap saat. Selama jantung masih berdetak, pembuluh darah juga akan selalu bekerja. 

Sayangnya seringkali pembuluh darah juga mengalami masalah, misalnya saat seseorang mengalami ambeien atau wasir, hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang terletak pada anus menipis sehingga tampak seperti mengalami pembengkakan yang disebabkan pembuluh darah yang menipis tersebut tidak dapat menahan tekanan darah di dalam pembuluh darah itu sendiri. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Oleh karena itu penggunaan obat golongan vasoprotector seperti Calcium dobesilate sangat dibutuhkan pada kondisi-kondisi semacam ini.

Mengenai Kalsium Dobesilat

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Kapsul 

Kandungan:

Obat pembuluh darah

Apa itu Kalsium Dobesilat?

Kalsium Dobesilat adalah obat yang memiliki bahan aktif 2,5 kalsium dioksibenzenasulfonat dihidrat yang termasuk ke dalam golongan vasoprotector yang bekerja dengan cara mengurangi kekentalan darah, menormalkan permeabilitas dinding pembuluh darah. Dalam pengobatan penyakit vaskular, meningkatkan mikrosirkulasi dan meningkatkan resistensi kapiler.

Kalsium dobesilat digunakan berbagai kelainan pada pembuluh darah perifer (pembuluh darah tepi) dan penyakit metabolik, contohnya:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • hemoroid atau ambeien
  • ulkus tropik (defek pada kulit atau selaput lendir yang sulit untuk sembuh dan sering kambuh);
  • varises (penyakit pembuluh darah, disertai dengan gangguan aliran darah);
  • aterosklerosis pembuluh-pembuluh kaki (penyempitan lumen pembuluh darah);
  • edema perifer (akumulasi cairan berlebihan di jaringan subkutan);
  • retinopati diabetik (kerusakan retina akibat peningkatan kadar gula darah);
  • flebitis superfisial (peradangan pada pembuluh darah vena);
  • mikroagiopati kardiovaskular (masalah pada pembuluh darah kecil di jantung)
  •  thrombophlebitis (peradangan dinding pembuluh darah dan pembentukan bekuan darah;
  •  arteritis yang tidak spesifik ( peradangan pembuluh darah akibat sistem imun).

Dokter Anda mungkin meresepkan obat ini di luar indikasi yang tertera di atas. Gunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter. Jika Anda tidak paham mengapa dokter Anda meresepkan obat ini, diskusikan dengan Dokter Anda untuk mendapatkan informasi mengenai masalah kesehatan Anda secara menyeluruh.

Bagaimana dosis dan cara penggunaan obat ini?

Kalsium dobesilat tersedia dalam bentuk kapsul dengan dosis 500 mg.

Dosis kalsium dobesilat untuk dewasa

Dosis rutin yang diberikan untuk orang dewasa adalah 0.5-1 g/hari diberikan dalam dosis terpisah. Bagi orang dengan retinopati diabetik, maka dosis yang digunakan sekitar 500 mg yang diminum 3 kali sehari. Sementara gangguan pembuluh darah lainnya dianjurkan untuk minum obat dengan dosis 500 mg yang diminum dua kali sehari.

Dokter mungkin memberikan dosis dengan formula yang berbeda dengan panduan pengobatan ini. Gunakan obat ini sesuai dengan arahan dokter Anda.

Dosis kalsium dobesilat untuk anak-anak

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Ambeien (Wasir) via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 27

Sampai saat ini belum ada ketentuan dosis dobesilat kalsium untuk anak-anak (kurang dari 18 tahun). Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Informasi yang diberikan di atas hanyalah bertujuan untuk edukasi, bukan merupakan pengganti dari saran dokter. Selalu konsultasikan dengan tenaga medis profesional sebelum memulai pengobatan menggunakan obat ini.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan Kalsium Dobesilat?

Mual, diare, ruam kulit, demam, sakit kepala dan vertigo merupaka efek samping yang mungkin dapat terjadi akibat penggunaan obat-obat yang mengandung kalsium Dobesilat.

Daftar ini tidak lengkap dan mungkin ada obat lain yang dapat berinteraksi dengan penggunaan obat kalsium dobesilat. 

Beri tahu dokter Anda mengenai semua pengobatan yang Anda gunakan termasuk obat dengan resep dokter dan obat-obatan bebas yang Anda gunakan seperti vitamin, mineral, produk herbal, dan suplemen. Jangan mulai menggunakan obat baru tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Apakah obat ini aman digunakan bersama dengan obat lain? 

Belum ada data yang cukup untuk dapat menyatakan bahwa penggunaan obat Kalsium Dobesilat dapat berinteraksi jika digunakan dengan obat lain. Walaupun demikian, beri tahu dokter Anda mengenai semua pengobatan yang Anda gunakan termasuk obat dengan resep dokter dan obat-obatan bebas yang Anda gunakan seperti vitamin, mineral, produk herbal, dan suplemen. Jangan mulai menggunakan obat baru tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Perhatian

Kalsium dobesilat tidak dapat digunakan jika Anda atau keluarga Anda memiliki riwayat alergi akibat penggunaan obat ini atau bahan lain yang terkandung di dalam obat ini.

Kalsium dobesilat termasuk dalam obat kehamilan kategori C menurut FDA (Food and Drugs Administration). Artinya bahwa tidak diketahui apakah kalsium dobesilat akan berbahaya bagi bayi yang belum lahir. 

Tetapi pada uji coba yang dilakukan pada hewan menunjukan obat ini berpotensi membahayakan janin hewan. Jangan minum obat ini tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda jika Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan.

Tidak diketahui apakah kalsium dobesilat masuk ke dalam ASI. Jangan minum obat ini tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda jika Anda menyusui bayi.



5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tejerina, Teresa & Ruiz, Emilio. (1998). Calcium dobesilate: pharmacology and future approaches. General pharmacology. 31. 357-60.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/13582497_Calcium_dobesilate_pharmacology_and_future_approaches)
Allain, Hervé & Ramelet, Albert-Adrien & Polard, Elisabeth & Bentué-Ferrer, Danièle. (2004). Safety of Calcium Dobesilate in Chronic Venous Disease, Diabetic Retinopathy and Haemorrhoids. Drug safety : an international journal of medical toxicology and drug experience. 27. 649-60. 10.2165/00002018-200427090-00003.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/8477381_Safety_of_Calcium_Dobesilate_in_Chronic_Venous_Disease_Diabetic_Retinopathy_and_Haemorrhoids)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app