Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Kaki Cakar - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 10, 2019 Tinjau pada DEC 10, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 892.370 orang

Kaki cakar atau claw foot juga disebut dengan jari cakar. Hal ini adalah suatu kondisi dimana jari Anda melengkung menjadi posisi seperti cakar. Kaki cakar dapat muncul dari lahir atau kaki Anda dapat menjadi melengkung seiring pertumbuhan seseorang.

Hal ini biasanya bukan masalah serius bagi penderitanya, namun hal ini dapat menjadi hal yang membuat tidak nyaman. Hal ini juga dapat menjadi tanda kondisi medis dasar seperti cerebral palsy atau diabetes.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Jika Anda dicurigai memiliki kaki cakar, buat janji periksa dengan dokter Anda. Untuk mencegah kaki cakar semakin memburuk, penting untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan lebih dini.

Gejala kaki cakar

Ketika memiliki kaki cakar, sendi-sendi jari yang sangat dekat dengan pergelangan kaki Anda menunjuk ke atas, ketika sendi jari yang lainnya melengkung ke bawah. Hal ini membuat jari Anda terlihat seperti cakar.

Pada beberapa kasus, kaki cakar tidak menyebabkan rasa sakit. Pada kasus lain, jari Anda mungkin terasa sakit, dan Anda mungkin mengalami bisul, kapalan atau luka pada bagian yang sering bergesekan dengan sepatu.

Jari cakar terkadang disalahartikan dengan jari palu namun keduanya bukanlah hal yang sama. Ketika dua hal memiliki banyak kesamaan, mereka disebabkan oleh otot berbeda pada kaki Anda.

Penyebab kaki cakar

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Kaki cakar dapat muncul sebagai akibat dari beberapa kondisi berbeda. Misalnya Anda dapat menderita kaki cakar setelah operasi atah cedera pada pergelangan kaki.

Kerusakan saraf dapat melemahkan otot kaki Anda, mengakibatkan ketidakseimbangan yang memaksa jari untuk melengkung tanpa diduga. Peradangan dapat juga menyebabkan jari Anda melengkung menjadi seperti cakar. Gangguan utama yang dapat menyebabkan kaki cakar yaitu:

  • Rheumatoid arthritis: yaitu gangguan  autoimun yang menyebabkan sistem imun Anda menyerang jaringan yang sehat pada sendi Anda. Akibatnya barisan sendi Anda meradang, yang menyebabkan sendi berubah bentuk.
  • Cerebral palsy: kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan otot Anda, berakibat pada otot yang terlalu lentur atau terlalu kaku. Hal ini disebabkan oleh perkembangan otak yang abnormal sebelum lahir atau cedera selama melahirkan.
  • Diabetes: kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda memiliki tingkat gula darah yang tinggi karena resistensi insulin atau produksi insulin tidak mencukupi. Kerusakan saraf khususnya di kaki, adalah salah satu komplikasi yang diakibatkan oleh diabetes.
  • Penyakit Charcot-Marie-Tooth: ini merupakan gangguan turunan yang jarang terjadi yang mempengaruhi sistem saraf Anda. Jika Anda mengalami hal ini maka akan berakibat pada melemahnya kaki dan perubahan bentuk jari Anda.
  • Stroke: kondisi ini terjadi ketika darah berhenti mengalir ke daerah otak Anda karena terdapat gumpalan darah atau lemahnya pembuluh darah. Stroke dapat menyebabkan kerusakan saraf serius dan mempengaruhi otot, khususnya otot kaki Anda.

Pada beberapa kasus, penyebab utama kaki cakar tidak dapat diidentifikasi.

Kapan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter

Hubungi dokter jika jari Anda menunjukkan tanda menjadi cakar. Mereka mungkin menjadi fleksibel awalnya, namun mereka dapat berubah menjadi melengkung secara permanen dalam posisi seperti cakar seiring dengan waktu. Perawatan yang tepat penting untuk mencegah hal ini terjadi.

Dokter Anda akan memeriksa gangguan utama yang menyebabkan kaki cakar seperti diabetes dan rheumatoid arthritis. Diagnosis dan penanganan lebih dini mungkin mencegah komplikasi serius dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Penanganan kaki cakar

Untuk menangani kaki cakar, dokter Anda mungkin mungkin merekomendasikan kombinasi dari intervensi medis dan perawatan rumahan.

Penanganan medis

Jika jari Anda masih fleksibel, dokter mungkin mengikatnya dan meminta Anda untuk menggunakan metatarsal bar. Metatarsal bar merupakan papan yang diikatkan pada sendi jari kaki Anda  untuk menjaganya tetap dalam posisi yang seharusnya. Dokter mungkin mengajarkan Anda bagaimana latihan rumahan untuk menjajal jari Anda tetap fleksibel. Dokter mungkin juga mendorong Anda untuk menggunakan sepatu khusus ketika menghindari resiko lainnya.

Jika perawatan ini tidak membantu atau jari Anda menjadi terlalu kaku, dokter mungkin merekomendasikan Anda untuk operasi. Ahli bedah dapat memperpendek tulang pada dasar jari Anda.

Hal ini memberikan jari Anda ruang lebih untuk meluruskan kaki. Jika kaki cakar berkaitan dengan gangguan utama, dokter Anda mungkin meresepkan obat, operasi atau perawatan untuk membantu mengatasinya.

Beberapa obat yang dipilih berdasarkan apa yang mendasarinya

  • antinyeri dapat digunakan untuk mengatasi nyeri hebat yang dirasakan
  • obat antidiabetes diberikan untuk penderita kaki diabetes
  • antibiotik mungkin diperlukan bila terdapat tanda infeksi

Perawatan rumahan

Jika jari Anda masih fleksibel, melakukan olahraga rutin dapat membantu meringankan gejala atau mencegahnya berubah menjadi lebih buruk. Misalnya, dokter mendorong Anda untuk menggerakkan jari ke depan menjadi posisi natural menggunakan tangan. Mengambil benda dengan jari mungkin juga akan membantu.

Menggunakan sepatu dengan ukuran lebih besar dapat mengurangi ketidaknyamanan. Jangan menggunakan sepatu terlalu kecil atau sepatu dengan hak tinggi. Jika jari kaki Anda berubah menjadi lebih kaku, cari model sepatu yang luas pada bagian jari-jarinya. Anda dapat juga menggunakan alas khusus untuk membantu mengurangi tekanan kaki Anda.

Harapan

Perawatan rumah mungkin membantu mengurangj gejala, khususnya jika jari Anda masih fleksibel. Pada beberapa kasus Anda mungkin memerlukan operasi untuk menghentikan jari Anda berubah menjadi kaki cakar.

Jika Anda menjalani operasi, jari Anda seharusnya membaik dalam enam hingga delapan minggu. Tanyakan pada dokter mengenai informasi lebih lanjut tentang kondisi khusus, pilihan perawatan dan harapan jangka panjang. 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Dok mau tanyak..pepesan apa ya yg buat nyembuhin luka di karnakan diabetes
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit