Inilah Kebutuhan Vitamin dan Mineral Wanita Berdasarkan Usianya

Dipublish tanggal: Mei 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Inilah Kebutuhan Vitamin dan Mineral Wanita Berdasarkan Usianya

Tidak dipungkiri jika tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap demi pertumbuhannya yang baik. Salah satu contohnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin dan mineral. Tahukah Anda, asupan mineral dan vitamin menunjang fungsi tubuh supaya dapat bekerja dengan baik. 

Menariknya lagi, kebutuhan akan mineral dan vitamin tersebut dapat disesuaikan dengan usia Anda. Lalu, berapa ya kira-kira kebutuhan mineral dan vitamin bagi wanita berdasarkan usianya? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Kebutuhan mineral dan vitamin bagi wanita beragam

Tiap orang memiliki ukuran kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Namun, seiring bertambahnya usia, wanita cenderung membutuhkan vitamin dan mineral di usia tersebut.

Wanita usia di bawah 40 tahun

Usia 20 sampai dengan 39 dikatakan sebagai usia produktif karena masa ini terbilang ideal bagi wanita untuk hamil sehat. Untuk itu, tak heran jika usia wanita dibawah 40 tahun memerlukan beberapa vitamin untuk menunjang kehamilannya biar lebih sehat, diantaranya sebagai berikut.

Yodium

Tahukah Anda, peran yodium ini sangat penting bagi perkembangan otak bayi selama masa kehamilan. Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sumber yodium yang cukup ketika hamil.  

Fakta tersebut sesuai dengan angka AKG atau Angka Kecukupan Gizi dimana kebutuhan yodium bagi wanita dibawah usia 40 tahun sekitar 150 mcg (mikrogram). Sedangkan bagi ibu hamil, kebutuhan yodiumnya lebih tinggi yaitu 220 mcg (mikrogram)

Folat

Selain yodium, folat juga penting bagi wanita usia subur. Sebab, folat akan mengurangi risiko bayi lahir cacat atau mengalami kelainan terutama pada bagian otak dan tulang  belakang. Fungsi folat juga penting untuk membantu memproduksi sel darah merah dan mencerna protein.

Untuk wanita usia dibawah 40 tahun, kebutuhan folat sekitar 400 mcg per hari sedangkan bagi wanita hamil kebutuhan folat ditambah 200 mcg.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Wanita usia 41 sampai dengan 50 tahun

Zat besi

Asupan zat besi sangat penting untuk kesehatan organ reproduksi, produksi energi, kekebalan tubuh, penyembuhan luka, pertumbuhan dan perkembangan, hingga pembentukan sel darah merah. Menurut Angka Kebutuhan Gizi, wanita usia ini membutuhkan zat besi sebesar 25 mg.

Kalsium

Tahukah Anda jika semakin bertambah usia, maka risiko tulang keropos atau osteoporosis akan semakin tinggi? Sebab, kebutuhan kalsium pada wanita usia ini memang terbilang tinggi. Maka, harus segera dicukupi supaya tidak memperbesar risiko tulang keropos. 

Menurut AKG, kebutuhan vitamin D usia ini adalah 15 mcg sedangkan kebutuhan kalsiumnya 1000 mg.

Wanita usia 51 sampai dengan 60 tahun

Vitamin B6, B12, dan asam folat

Ketahuilah bahwa wanita di atas usia 50 tahun sebenarnya membutuhkan asupan vitamin B lebih besar daripada wanita lain. Sebab, peran vitamin B ini sangat penting untuk kesehatan wanita secara menyeluruh. Vitamin B6 berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Sedangkan vitamin B6, B12, dan asam folat berperan untuk membantu produksi sel darah merah, metabolisme protein, perkembangan kognitif, fungsi sistem saraf, dan produksi energi.

Kalsium dan vitamin D

Usia ini, biasanya wanita berada pada masa pasca menopause. Artinya, risiko terkena osteoporosis pun lebih tinggi. Untuk itu, wanita usia ini disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium untuk mengurangi risiko patah tulang pinggul.

Wanita Usia di Atas 70 tahun

Vitamin D

Bagi wanita berusia lebih tinggi dari 70 tahun, maka penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin D sebesar 20 gm demi menjaga kesehatan tulang dan mempertahankan massa otot. Sebab, wanita akan cenderung kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Supplements, Vitamins to Take in Your 50s, 60s and 70s. AARP® Official Site. (Accessed via: https://www.aarp.org/health/drugs-supplements/info-2015/must-have-supplements.html)
AARP Vitamin Guide - Essential Vitamins, Minerals. AARP® Official Site. (Accessed via: https://www.aarp.org/health/drugs-supplements/info-09-2010/vitamins_from_a_to_z.html)
Multivitamin/mineral Supplements - Health Professional Fact Sheet. Office of Dietary Supplements (ODS). (Accessed via: https://ods.od.nih.gov/factsheets/MVMS-HealthProfessional/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app