5 Fakta Menarik Seputar Kulit Kepala yang Perlu Diketahui

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Fakta Menarik Seputar Kulit Kepala yang Perlu Diketahui

Pernah mengalami masalah pada kulit kepala seperti gatal-gatal dan berminyak? Masalah tersebut bisa terjadi karena faktor dari dalam maupun luar. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit kepala juga butuh perawatan agar kesehatan dan kebersihannya tetap terjaga. Nah, ada beberapa hal unik mengenai kulit kepala yang barangkali belum Anda ketahui. Jika Anda penasaran, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Berbagai hal mengenai kulit kepala yang harus Anda ketahui

Kulit kepala mungkin menjadi bagian tubuh yang cukup terabaikan. Beberapa orang beranggapan bahwa membersihkan kulit kepala semudah saat Anda mencuci rambut, yakni cukup dengan keramas secara teratur. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Faktanya, ada banyak hal unik lainnya yang perlu Anda ketahui agar kesehatan kulit kepala tetap terjaga, termasuk bagaimana cara memilih sampo yang pas. Untuk mengetahui lebih jauh tentang kulit kepala, berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui:

1. Ketombe bukanlah kulit kepala yang mengering

Ketombe bisa dialami oleh siapa saja, pria maupun wanita, dewasa hingga anak-anak. Masalah ini sebenarnya tidak disebabkan oleh kulit kepala yang mengering lalu mengelupas, melainkan dari jamur. 

Jumlah jamur yang berlebihan akan memakan minyak yang menumpuk di kulit kepala. Hal ini akan memunculkan sel-sel kulit mati berbentuk gumpalan yang kemudian disebut dengan ketombe.

2. Ketombe tidak bisa disembuhkan

Gatal pada kulit kepala karena jamur memang sangat mengganggu. Terlebih lagi ketika muncul gumpalan putih yang rontok hingga ke pundak yang tentu saja mengganggu penampilan Anda. 

Sayangnya, hingga saat ini belum ada cara yang ampuh untuk menghilangkan ketombe secara total. Masalah kulit kepala tersebut hanya bisa dikendalikan dan dicegah agar tidak datang lagi.

Baca Selengkapnya: 7 Cara Efektif Menghilangkan Ketombe Sampai Tuntas

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

3. Kulit kepala juga mengeluarkan minyak

Kulit kepala juga memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada umumnya. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan sebum atau minyak alami. 

Sebum memiliki berbagai peran yang sangat penting, mulai dari membawa antioksidan, melindungi permukaan kulit dari kuman serta bakteri, dan membantu membentuk struktur kulit. Tidak hanya itu, minyak alami tersebut juga berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari bahaya sinar UV.

Baca Juga: Atasi Kulit Kepala Gatal dengan 6 Bahan Alami Ini

4. Kulit kepala memerlukan kadar pH yang seimbang

Penelitian menunjukkan bahwa kadar pH normal pada kulit kepala adalah 5,5 sementara pH batang rambut 3,67. Keseimbangan pH sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut.

Hati-hati, penggunaan sampo dan produk perawatan rambut yang salah bisa mengganggu kadar pH rambut hingga kulit kepala. Jika pH kulit kepala melebihi 5,5, hal ini bisa membuat kulit kepala menjadi gatal, memerah, dan memicu ketombe.

5. Merawat kesehatan kulit dengan sering keramas

Walau bisa membuat rambut tetap wangi dan bersih, keramas setiap hari justru tidak dianjurkan. Pasalnya, terlalu sering keramas malah bisa menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan membuatnya jadi kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang mengalami masalah ketombe. Bila Anda punya masalah ketombe, Anda justru dianjurkan untuk keramas setiap hari menggunakan sampo antiketombe yang pas. Pilih sampo yang mengandung selenium sulfida, zinc, atau ketoconazole agar ketombe bisa segera dibasmi hingga tuntas.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Seharusnya Tidak Dilakukan Saat Keramas

Bagaimana cara merawat kulit kepala kering?

Sekarang ini ada banyak merek sampo yang bertebaran di toko swalayan. Hati-hati, jangan sampai salah pilih sampo karena bisa bikin kulit kepala kering hingga mudah iritasi. Bahkan, kebiasaan sepele ini juga bisa memicu pertumbuhan ketombe yang disertai dengan gatal-gatal.

Untuk mengatasi kulit kepala kering, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti lidah buaya, campuran minyak zaitun dan baking soda, campuran telur dan yoghurt, alpukat, pisang, serta minyak kelapa. Lebih mudahnya lagi, Anda hanya cukup mengganti sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda.

Jika tidak dirawat dengan benar, beberapa masalah bisa muncul pada kulit kepala Anda seperti ketombe, gatal-gatal, iritasi, dan lain sebagainya. Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala sangat mudah dengan keramas secara teratur dengan menggunakan jenis sampo yang tepat. 

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lio P. (2016). The surprising benefits of coconut oil in skin therapy (http://dermatologytimes.modernmedicine.com/dermatology-times/news/surprising-benefits-coconut-oil-skin-therapy)
Kapoor S, et al. (2010). Assessment of viscoelasticity and hydration effect of herbal moisturizers using bioengineering techniques. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2992143/)
Kapadia SP, et al. (2015). Detection of antimicrobial activity of banana peel (musa paradisiaca L.) on porphyromonas gingivalis and aggregatibacter actinomycetemcomitans: An in vitro study. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4678547/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app