Masalah Kulit Kepala - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 307.779 orang

Banyak orang mengalami masalahgt;rambut atau kulit kepala. Rambut bisa tipis atau rontok, putus, atau tumbuh perlahan. Ketombe atau rasa gatal atau kulit kepala yang terkelupasgt;dapat menyebabkan rasa malu dan tidak nyaman bagi setiap orang yang mengalaminya.

Masalah rambut dan kulit kepala bisa sangat menjengkelkan, tetapi jangan khawatir karena masalah ini biasanya tidak disebabkan oleh masalah medis yang serius.

Jenis kondisi kulit kepala

Salah satu jenis masalah atau kondisi kulit kepala yang paling umum terjadi adalah salah satu yang menyebabkan kerontokan atau kerusakan pada rambut. Hal ini dapat berkisar dari rambut rontok sempurna hingga rambut yang mudah patah atau bercak kecil pada rambut rontok.

Berikut beberapa pencetus terjadinya rambut rontok, seperti:

  • Kebotakan pada laki-laki
    sering terjadi pada pria dan terjadi karena masalah genetika dan hormon seks pria.

  • Alopecia
    adalah gangguan autoimun kronis yang menyebabkan pola belang-belang kebotakan pada kulit kepala.

  • Kekurangan nutrisi
    dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kekurangan protein, atau anemia defisiensi zat besi, bisa menjadi salah satu penyebabnya.

  • Hipertiroidisme
    adalah kelebihan hormon tiroid yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

  • Hypothyroidism
    adalah kurangnya produksi hormon tiroid, hal ini juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

  • Hipopituitarisme
    atau kelenjar pituitari yang kurang aktif, dapat juga menyebabkan kerontokan rambut.

  • Penyakit Celiac
    adalah alergi terhadap gluten dan dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  • Systemic Lupus Erythematosus
    adalah gangguan autoimun yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  • Beberapa wanita melihat rambut rontok setelah melahirkan
    yang disebabkan oleh turunnya hormon seperti estrogen. Pertumbuhan rambut akan muncul kembali dalam beberapa bulan.

  • Stres
    juga bisa menyebabkan rambut rontok.

  • Obat-obatan tertentu
    seperti pil KB, pengencer darah, dan beberapa obat yang mengobati radang sendi, depresi, asam urat, kondisi jantung, dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

  • Bahan kimia dan alat yang digunakan orang untuk menata rambut
    dapat menyebabkan rambut rontok dan menyebabkan kerusakan pada kulit kepala Anda.

Kondisi kulit

Kondisi lain dapat mempengaruhi kondisi kulit kepala yang disebabkan oleh masalah kulit kepala itu sendiri atau adanya luka pada kulit kepala.

  • Eksim seboroik
    atau Dermatitis, adalah kondisi inflamasi pada kulit yang menyebabkan bercak-bercak dan bersisik pada kulit, terutama kulit kepala. Ketika serpihan dari sisik rambut  jatuh, hali itu yang biasa kita sebut dengan ketombe.

  • Cradle Cap atau yang secara medis dikenal dengan Dermatitis Seboroik Infantil
    adalah kondisi umum pada bayi yang menyebabkan munculnya kerak kasar dan bersisik pada kulit kepala bayi.

  • Psoriasis
    adalah kondisi kulit peradangan yang tidak biasa kemungkinan disebabkan oleh penyakit autoimun. Dalam banyak kasus, kulit kepala yang terkena dan menimbulkan bercak merah, bersisik, dan kering pada kulit kepala.

  • Tinea capitis
    adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit kepala. Penyakit ini sangat menular dan kebanyakan diderita oleh anak-anak, mulai dari balita sampai dewasa. Penyakit ini adalah infeksi kulit jamur yang menghasilkan bercak mirip cincin.

  • Kutu
    adalah serangga kecil yang menempati rambut dan kulit kepala.

  • Trauma kepala
    yang dapat disebabkan oleh kecelakaan yang menyebabkan patah tulang tengkorak atau luka di kulit kepala.


Gejala-gejala pada masalah Kulit Kepala

Gejala-gejala kondisi kulit kepala tergantung pada kondisi yang mendasarinya, berikut beberapa gejalanya termasuk:

  • Ruam
  • Rambut rontok atau rambut menipis
  • Rambut lemah dan patah
  • Rasa gatal pada kulit kepala
  • Kulit rambut yang bersisik
  • Rasa sakit

Pengobatan untuk masalah pada Kulit Kepala

Perawatan untuk kondisi kulit kepala bervariasi tergantung pada diagnosis. Obat resep tersedia untuk membantu mengobati kerontokan rambut. Bedah implan untuk transplantasi rambut juga memungkinkan untuk dilakukan.

Dalam beberapa kasus, penyebab utama rambut rontok dapat diobati. Suplemen atau perubahan pola makan dapat memperbaiki defisiensi nutrisi. Obat-obatan dapat mengobati gangguan autoimun dan gangguan hormon. Anda dapat mengobati penyakit celiac dengan menghindari gluten dalam diet Anda.

Mengguanakn obat salep dan mencuci kulit kepala dapat membunuh jamur atau serangga dan dapat menyembuhkan infeksi tertentu, seperti kurap dan kutu. Anda juga dapat mengobati eksim seboroik dan cradle cap dengan sampo yang mengandung obat.

Ketombe 

Ketombe merupakan serpihan-serpihan putih kecil yang berasal dari kulit kepala. Hal ini bisa gatal dan menjengkelkan ketika serpihan ketombe jatuh pada kemeja yang gelap. Ketombe hanyalah penumpukan kulit mati. Kondisi ini masih tidak diketahui penyebabnya, tetapi kemungkinan terjadi karena jamur pada kulit.

Ketombe tidak ada obatnya, tetapi cukup mudah dikontrol dengan mencuci rambut lebih sering dengan sampo yang mengandung obat. Diamkan selama 5 menit sebelum membilas untuk memberi kesempatan obat untuk bekerja. Pilih satu atau lebih dari bahan-bahan dibawah ini untuk mengatasi masalah ketombe Anda:

  • Batubara (Neutrogena T / Gel, Tegrin)
  • Zinc pyrithione
  • Asam salisilat (T-Sal, Sebulex)
  • Selenium sulfide (Selsun Blue)
  • Ketoconazole (Nizoral A-D)

Anda mungkin perlu mencoba dua atau tiga produk untuk membersihkan ketombe Anda. Jika ketombe tidak hilang setelah beberapa minggu menggunakan sampo khusus, temuilah dokter. Anda mungkin membutuhkan sampo dengan resep yang lebih kuat.

Cradle Cap atau yang secara medis dikenal dengan dermatitis seboroik infantil

Bentuk Dermatitis Seboroik (penyakit kulit yang biasanya mengenai kulit kepala dan area tubuh yang berminyak, seperti punggung, wajah, dahi, ketiak, pangkal paha, serta dada bagian atas).

Penyakit ini menyerang bayi, biasanya dalam 6 bulan pertama. Hal ini menyebabkan sisik atau kerak yang berminyak dan kekuningan pada kulit kepala. Meskipun dapat membuat orang tua takut, Cradle Cap bukanlah tanda infeksi yang serius, dan biasanya kondisi ini akan hilang dalam beberapa bulan hingga 1 tahun.

Untuk perawatan penyakit ini, cobalah menggosok kulit kepala bayi Anda dengan lembut dengan minyak khusus bayi atau minyak mineral untuk meregangkan kulit kepala. Setelah beberapa menit, basuh rambut bayi Anda dengan sampo bayi yang lembut. Jika sampo biasa tidak berfungsi, tanyakan dokter anak  tentang obat yang pas untuk bayi Anda.

Kutu rambut

Untuk mengobati kutu rambut, orang tua dapat menggunakan produk dengan bahan Permetrin , Piretrin, atau Spinosad. Bahan penghilang kutu biasanya mengandung sampo khusus yang ditinggalkan di rambut selama 10 menit dan kemudian dicuci, dan sisir bergigi halus untuk menghilangkan sisa telur kutu.

Perawatan lain adalah lotion yang disebut Sklice, yang tidak menggunakan sisir. Satu pengobatan yang dapat mengatasi semua masalah kutu. Bahan utamanya adalah Ivermectin, pembunuh parasit yang kuat. Anda dapat menggunakannya pada anak-anak usia 6 bulan.

Membersihkan kutu juga mengharuskan Anda membersihkan rumah secara menyeluruh. Bersihkan karpet dan perabotan, lalu bersihkan semua pakaian anak, topi, alas tidur, dan handuk dalam air panas. Para ahli menyarankan Anda untuk terus memeriksa rambut selama dua hingga tiga minggu untuk memastikan bahwa semua kutu dan telur kutu (telur) hilang.

Ringworm atau Tinea Kapitis

Untuk membunuh jamur penyebab tine Kapitis atau Ringworm, Anda harus mengobati kondisi di kulit kepala dengan obat yang diminum. Perawatan bisa memakan waktu hingga 12 minggu. Menggunakan sampo antijamur dapat membantu mengurangi risiko penyebaran infeksi kepada anggota keluarga dan teman sekelas.

Penting bagi siapa saja yang memiliki tinea kapitis untuk menghindari berbagi barang pribadi seperti sisir, topi, dan handuk dengan orang lain. Jika anak Anda mengonsumsi obat antijamur, ia aman untuk pergi ke sekolah. Dan Anda tidak harus memotong rambutnya.

  • Psoriasis (penyakit peradangan kulit menahun)

Anda bisa mengobati Psoriasis dengan krim atau salep steroid. Sampo dengan asam Salisilat juga dapat membantu. Terapi sinar ultraviolet (sinar UV pada kulit untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit) adalah pilihan lain. Kasus yang parah mungkin memerlukan obat yang diminum atau dalam bentuk suntikan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit