Ingin Awet Muda dengan Cara Mudah? Ini 4 Rahasianya!

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ingin Awet Muda dengan Cara Mudah? Ini 4 Rahasianya!

Tampil awet muda adalah keinginan setiap orang. Namun terkadang, tanda-tanda penuaan tetap saja muncul di berbagai sudut wajah sehingga mengganggu penampilan dan bikin tidak percaya diri.

Memang ada banyak produk antiaging yang diklaim mampu meremajakan kulit, tapi sayangnya Anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Lantas, adakah tips awet muda yang caranya mudah dan tentunya murah di kantong? Psstt.. Ini rahasianya!

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Tanda-tanda penuaan pada kulit

Ciri penuaan yang paling utama dan paling mudah diamati adalah kulit yang sudah tak lagi kencang atau elastis seperti saat muda dulu. Selain itu, tanda-tanda penuaan juga bisa berupa munculnya bercak kehitaman pada kulit, terutama bagian yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah dan tangan.

Bercak kehitaman pada kulit merupakan efek paparan radikal bebas, seperti paparan sinar UV, polusi, debu, dan sebagainya. Gaya hidup merokok serta kelebihan berat badan juga diam-diam dapat mempercepat munculnya penuaan kulit.

Selain pada kulit, penuaan juga dapat menyerang berbagai anggota tubuh lainnya dan menyebabkan penurunan fungsi organ. Mulai dari organ pendengaran yang tak lagi jelas mendengar, ingatan yang cepat pikun, jatnung yang mudah lelah, hingga penglihatan yang sering buram.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta? Cemberut Bisa Sebabkan Penuaan Pada Wajah

Tips awet muda dengan cara alami

Banyak cara instan yang bisa dilakukan agar bisa tetap awet muda, misalnya operasi plastik serta perawatan medis lain seperti laser. Meski hasilnya cepat dirasakan, cara-cara ini membutuhkan biaya yang besar dan keberanian untuk melakukannya.

Sebetulnya, Anda juga bisa mendapatkan wajah cantik nan awet muda tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, lho! Berikut tips awet muda yang sederhana dan alami tapi tak kalah menguntungkan, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

1. Menjaga kesehatan kulit

Kulit merupakan bagian pertama yang harus diperhatikan jika ingin tetap awet muda. Hal ini dikarenakan kulit merupakan bagian terluar tubuh yang paling mudah dilihat orang lain. Selain itu, kulit juga merupakan benteng pertahanan pertama kita menghadapi berbagai radikal bebas yang berbahaya dari luar tubuh.

Langkah untuk menjaga kesehatan kulit sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari yang merusak.

Jika faktor pekerjaan mengharuskan Anda berada di luar ruangan dalam waktu yang lama, maka jangan lupa oleskan tabir surya agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang dapat merusak kolagen dan serat elastin kulit. Nah, tabir surya itulah yang mampu membantu mencegahnya.

Baca Juga: 8 Jenis Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

2. Minum air putih

Air putih sangat baik untuk menjaga metabolisme dalam tubuh serta mengeluarkan racun yang berbahaya bagi tubuh bersama dengan urine. Selain itu, memenuhi kebutuhan cairan juga bermanfaat untuk menghidrasi kulit agar kulit tetap awet muda dan lebih cerah.

3. Jangan biarkan otak "nganggur"

Berpikir kreatif merupakan cara untuk memelihara tubuh khususnya otak agar tidak mengalami penuaan. Dengan merangsang otak untuk terus berpikir, sel-sel otak akan dipacu untuk terus aktif sehingga otak menjadi lebih sehat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Sebaliknya, jika otak dibiarkan diam alias malas berpikir, justru akan membuat banyak sel otak menjadi diam sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer.

Baca Selengkapnya: Yuk, Pertahankan Kesehatan Otak Dengan 8 Cara Ini

4. Rajin berolahraga dan tidur yang cukup

Olahraga dapat membuat sirkulasi darah di dalam tubuh meningkat, sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lebih lancar. Olahraga teratur juga membuat suasana hati jadi membaik, sehingga aura awet muda kian terpancar.

Jangan lupa seimbangkan juga dengan istirahat cukup. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat penuaan terjadi lebih cepat.

Oleh karena itu, pastikan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Dengan demikian, kolagen dapat diproduksi dengan optimal dan mencegah penuaan dini.

50 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How much water should you drink?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-much-water-should-you-drink)
Why Drink More Water? See 6 Health Benefits of Water. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water#1)
7 Science-Based Health Benefits of Drinking Enough Water. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-water)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Mitos atau Fakta? Cemberut Bisa Sebabkan Penuaan pada Wajah
Mitos atau Fakta? Cemberut Bisa Sebabkan Penuaan pada Wajah

Pasalnya saat seseorang berekspresi cemberut, otot pada wajah akan bekerja lebih keras. Selain itu, ekspresi cemberut dapat mengakibatkan munculnya lipatan dan kerutan pada wajah Anda.

Buka di app