Jalani Pola Hidup Sehat agar Anda Tetap Terlihat Awet Muda

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Setiap orang tentu ingin memiliki penampilan yang awet muda, terutama bagi yang usianya sudah tergolong tak lagi muda. Namun, terkadang usia muda pun tak menjamin penampilan seseorang terlihat segar. 

Ada yang usianya masih muda, namun terlihat tua karena pola hidup sembarangan. Oleh karena itu, agar penampilan awet muda bisa Anda miliki, lakukan kebiasaan sehat berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Tidur dengan waktu yang cukup dan teratur

Banyaknya pekerjaan atau aktivitas, tak jarang membuat Anda harus terjaga sepanjang malam. Kebiasaan ini sama sekali tak bagus untuk dilakukan, karena salah satunya akan berakibat pada menurunnya kualitas kulit Anda. 

Jika Anda ingin wajah Anda terlihat awet muda, begitu pun dengan bagian tubuh lainnya, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Tahukah Anda bahwa saat Anda sedang tidur, tubuh akan mulai mengobati dan memperbaiki sel atau sistem di dalamnya yang rusak. Jika Anda tak memberikan tubuh waktu untuk melaksanakan tugasnya, maka sel kulit yang sudah rusak dan mati, akan membuat kulit terlihat tua. 

Agar tubuh bisa bekerja optimal saat Anda sedang tertidur, Anda dianjurkan tidur selama 8 jam di malam hari

Jangan lewatkan aktivitas di luar Rumah

Beraktivitas di luar rumah dalam rangka merelaksasi tubuh, seperti dengan berjalan kaki atau bersepeda sangatlah dianjurkan. Selain untuk membuat tubuh Anda bugar, aktivitas outdoor memungkinkan Anda mendapat paparan sinar matahari. 

Selain itu, Anda juga bisa menghirup udara segar, yang selama ini mungkin tak bisa Anda dapat karena selalu berada dalam ruangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Jika kebetulan di sekitar Anda udaranya tidak bersih atau telah terkontaminasi dengan polusi, sebaiknya luangkan waktu mengunjungi tempat yang masih asri. 

Anda bisa meluangkan waktu sekali dalam seminggu atau sebulan, untuk menghabiskan waktu di tempat yang kualitas udaranya masih segar dan bersih. Anda juga bisa sekalian merelaksasi pikiran Anda di tempat seperti ini. 

Luangkan waktu Anda untuk berolahraga setiap hari

Olahraga merupakan salah satu kunci utama untuk bisa mendapatkan tampilan yang awet muda. Penuaan bisa dicegah jika sekiranya Anda rutin berolahraga. 

Jenis olahraga yang dilakukan tak harus yang banyak menguras tenaga, Anda bisa memilih jenis olahraga ringan seperti jogging. Hal yang paling penting adalah Anda rutin dalam melakukannya, setidaknya 30 menit setiap harinya.

Jika kebetulan mobilitas Anda tak memungkinkan Anda untuk berolahraga rutin, Anda bisa menyelipkannya di sela-sela aktivitas kerja Anda. Misalnya, jika 

Anda biasanya naik lift menuju ruangan kerja, coba ganti dengan kebiasaan menggunakan tangga. Jangan lupakan juga untuk melakukan peregangan, saat Anda sudah fokus terlalu lama dengan pekerjaan yang Anda lakukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Konsumsilah hanya makanan yang bergizi setiap hari

Jika Anda ingin terlihat awet muda, sebaiknya hindari pengonsumsian junk food dari sekarang. Beralihlah ke makanan yang memiliki nilai gizi dan juga organik. 

Anda bisa memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari, untuk menjaga ketercukupan nutrisi Anda. Umumnya buah dan sayuran mengandung zat antioksidan, yang bisa menangkal paparan zat radikal bebas.

Untuk bisa terlihat awet muda, maka Anda harus meninggalkan kebiasaan yang Anda anggap nyaman namun sama sekali tak menyehatkan. Latih diri untuk terbiasa berolahraga, mengonsumsi makanan yang bernutrisi, dan juga untuk tidur dengan teratur. 

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih, setidaknya 8 gelas per hari, agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.  


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Can aerobic exercise slow down ageing?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/lifestyle-and-exercise/can-aerobic-exercise-slow-down-ageing/)
13 Tips for Aging Gracefully with Exercise, Diet, and Wellness. Healthline. (https://www.healthline.com/health/aging-gracefully)
Healthy aging Healthy aging: Beyond 50. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/healthy-aging/MY00374)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Lakukan 10 Tips Ini Agar Anda Terlihat Awet Muda
Lakukan 10 Tips Ini Agar Anda Terlihat Awet Muda

Setiap orang pasti mendambakan mempunyai kulit yang sehat, cantik, dan awet muda. Namun apakah Anda sudah tau tips apa saja yang bisa membuat kulit Anda awet muda? Yuk cari tahu tips-tipsnya di bawah ini.

Buka di app