Mitos atau Fakta? Cemberut Bisa Sebabkan Penuaan pada Wajah

Pasalnya saat seseorang berekspresi cemberut, otot pada wajah akan bekerja lebih keras. Selain itu, ekspresi cemberut dapat mengakibatkan munculnya lipatan dan kerutan pada wajah Anda.
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mitos atau Fakta? Cemberut Bisa Sebabkan Penuaan pada Wajah

Tanda-tanda penuaan pada wajah memang sering terlihat pada setiap orang. Biasanya penuaan pada wajah terjadi seiring bertambahnya usia. Hal tersebut dikarenakan adanya penurunan kolagen dan serat elastis pada kulit. 

Selain faktor usia, ada beberapa faktor lainnya yang juga dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Faktor-faktor lain tersebut bisa seperti stres, sering terpapar sinar matahari, kurang mengkonsumsi air dan vitamin, kurang melakukan perawatan wajah, merokok, dan ekspresi wajah. 

Banyak orang mengatakan bahwa ekspresi cemberut bisa sebabkan penuaan pada wajah. Pasalnya saat seseorang berekspresi cemberut, otot pada wajah akan bekerja lebih keras. 

Selain itu, ekspresi cemberut dapat mengakibatkan munculnya lipatan dan kerutan pada wajah Anda. Mitos atau fakta ekspresi cemberut bisa membuat wajah jadi cepat tua? Yuk simak uraian di bawah ini!

Fakta ekspresi cemberut bisa sebabkan penuaan pada wajah

Mungkin selama ini Anda sering bertanya-tanya berekspresi cemberut bisa sebabkan penuaan pada wajah ataukah tidak. Faktanya ketika Anda mencoba mengungkapkan isi hati melalui ekspresi, otot-otot pada wajah Anda akan berkontraksi. 

Semua otot wajah akan berkontraksi dengan berbagai cara yang berbeda sesuai dengan ekspresi yang Anda keluarkan. Otot yang paling bekerja keras yaitu otot di sekitar mata, mulut dan dahi.

Ketika Anda berekspresi cemberut, otot corrugator supercilii menarik alis ke bawah dan menegang. Otot corrugator supercilii mempunyai serat yang panjang dan sempit yang melintang dari alis hingga ke pelipis. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Otot ini melindungi mata dari silau cahaya matahari. Tetapi otot ini juga bisa muncul ketika Anda mengernyitkan dahi atau saat Anda berekspresi cemberut.

Yang membedakan adalah senyum dapat memberikan energi positif yang dapat menunjukkan suasana hati senang.

Sedangkan ekspresi cemberut dapat memberikan energi negatif  karena cenderung menunjukkan suasana hati yang muram dan sedih. Emosi negatif dapat memperburuk suasana hati dan menimbulkan stres.

Cara mengatasi garis kerutan akibat ekspresi cemberut

Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada wajah seperti munculnya kerutan pada wajah. Metode yang cukup dikenal yaitu melalui perlakuan medis atau melakukan sejumlah perawatan tertentu.

Tetapi biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Namun jangan khawatir, Anda bisa mencoba melakukan pijatan atau senam wajah untuk mengatasi garis kerutan akibat cemberut. Tentu metode ini sangat mudah dilakukan, hemat biaya, dan bisa dilakukan saat santai di rumah. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Anda bisa melakukan dengan cara menekan ujung jari pada kerutan, lalu pijatlah area tersebut secara vertikal kurang lebih selama 30 detik. Lalu pijat area tersebut  secara horizontal dari bagian atas alis hingga pelipis. 

Yang terakhir letakkan ujung jari pada garis kerutan dan pijatlah secara melingkar kurang lebih selama 30 detik. Namun berhati-hatilah jika kuku jari Anda panjang karena bisa saja bisa membuat kulit Anda terluka.

Setelah itu, Anda juga bisa melakukan pijatan menggunakan telapak tangan. Caranya adalah dengan meletakkan telapak tangan kiri di dahi sebelah kiri dengan gerakan menarik kulit dan juga menahannya. 

Sedangkan untuk dahi sebelah kanan, Anda bisa meletakkan telapak tangan kanan ke sisi kanan wajah dengan pijatan melingkar. 

Selain melakukan gerakan di atas, Anda juga bisa melakukan pencegahan penuaan dini. Anda bisa melakukan perawatan kulit wajah, memiliki waktu tidur yang cukup, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kulit. 

Yuk rawat kulitmu sejak dini, agar wajahmu selalu kelihatan muda.

29 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Truth About Wrinkles: 5 Common Wrinkle Myths Debunked. University of Pennsylvania Health System | Penn Medicine. (https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2019/december/the-truth-about-wrinkles)
Wrinkles: Facts on Treatments and Cosmetic Procedures. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/wrinkles/article.htm)
Learn About Techniques for Softening or Removing Wrinkles. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/wrinkles)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app