Idarubicin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 15, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 14, 2019 Waktu baca: 4 menit

Leukemia adalah kanker sel darah. Ada beberapa komponen yang terdapat pada sel darah, termasuk sel darah merah (RBC), sel darah putih (WBC), dan trombosit. Secara umum, leukemia mengacu pada kanker sel darah putih (WBC).

WBC adalah bagian vital dari sistem kekebalan tubuh Anda. Mereka melindungi tubuh Anda dari serangan bakteri, virus, jamur, serta sel-sel abnormal dan zat asing lainnya. Pada leukemia, sel WBC tidak berfungsi seperti WBC normal. Mereka juga dapat tumbuh dan berkembang terlalu cepat sehingga akhirnya berpotensi menjadi sel kanker.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Mengenai Idarubicin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Solusi suntikan 

Kandungan:

Obat kemoterapi 

Apa itu Idarubicin?

Idarubicin termasuk dalam kelompok obat-obatan yang disebut sebagai sitotoksik dan agen antimitotik, Idarubicin (dijual dengan merek dagan Zavedos®) adalah obat kemoterapi yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis leukemia dan kanker payudara lanjut. 

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati kanker lainnya.

Bagaimana dosis dan cara penggunaan obat ini?

Idarubicin mengandung zat aktif Idarubicin hidroklorida yang tersedia dalam bentuk cairan injeksi dengan sediaan :

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1
  • Satu ml larutan mengandung 1 mg idarubicin hidroklorida.
  • Setiap botol 5 ml mengandung 5 mg hidroklorida idarubicin.
  • Setiap botol 10 ml mengandung 10 mg idarubicin hidroklorida.
  • Setiap vial 20 ml mengandung 20 mg idarubicin hidroklorida.

Bahan lain yang terkandung di dalam Idarubicin adalah: gliserol, konsentrat asam hidroklorat, natrium hidroksida (untuk menyesuaikan pH) dan air untuk injeksi.

Selalu gunakan obat ini tepat seperti anjuran dokter. Artikel ini hanya bertujuan sebagai edukasi, bukan pengganti konsultasi medis. Pemberian dosis biasanya dihitung dengan mempertimbangkan luas permukaan tubuh (mg / m2). biasanya dengan cara pemberian IV (melalui pembuluh darah).

Untuk penggunaan pada Leukemia non-limfositik akut

  • Dewasa: Pada leukemia non-limfositik akut, dosis yang dianjurkan adalah 12 mg / m2 IV sehari selama 3 hari dalam kombinasi dengan cytarabine. Pola dosis lain yang dapat digunakan dalam non-limfositik akut leukemia, sebagai agen tunggal atau kombinasi, adalah 8 mg / m2 IV sehari selama 5 hari.
  • Anak-anak: Kisaran dosis yang disarankan adalah 10-12 mg / m2 IV sehari selama 3 hari dikombinasikan dengan cytarabine.

Leukemia limfositik akut

  • Dewasa: Sebagai agen tunggal pada leukemia limfositik akut, dosis yang dianjurkan adalah 12 mg / m2 IV hari selama 3 hari.
  • Anak-anak: Sebagai agen tunggal pada leukemia limfositik akut, dosis yang dianjurkan adalah 10 mg / m2 IV hari selama 3 hari.

Semua regimen dosis ini harus memperhitungkan kondisi darah pasien dan dosis agen sitotoksik lain ketika digunakan secara bersamaan.

Efek samping apa yang dapa ditimbulkan pada penggunaan obat ini?

Risiko infeksi
Pengobatan menggunakan obat ini dapat mengurangi jumlah sel darah putih dalam darah Anda. Sel-sel ini dapat melawan infeksi. Jika jumlah sel darah putih rendah, Anda lebih mudah terkena infeksi. Jumlah sel darah putih yang rendah disebut neutropenia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Memar dan berdarah
Kemoterapi dapat mengurangi jumlah trombosit dalam darah Anda. Trombosit adalah sel yang membantu darah membeku sehingga kekurangan trombosit dalam darah dapat menyebabkan pendarahan dibawah jaringan kulit yang dikenal dengan istilah memar. Beri tahu dokter atau perawat Anda jika ada memar atau pendarahan yang tidak diketahui penyebabnya.

Anemia (jumlah sel darah merah rendah)
Kemoterapi dapat mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah Anda. Sel-sel ini membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika jumlah sel darah merah rendah, Anda mungkin dapat merasa lelah dan terengah-engah.

Kehilangan selera makan

Perawatan ini bisa memengaruhi nafsu makan Anda.

Rambut rontok
Rambut Anda akan menjadi lebih tipis atau Anda bisa kehilangan semua rambut dari kepala Anda. Anda juga dapat kehilangan bulu mata, alis, atau rambut tubuh lainnya. Kerontokan rambut biasanya dimulai setelah perawatan pertama atau kedua Anda.

Urin berubah warna
Urin Anda mungkin berwarna merah muda-merah hingga 48 jam setelah Anda menjalani perawatan. Ini karena warna alami dari senyawa idarubicin yang dapat merubah warna urin Anda.

Diare

Perubahan kulit
Idarubicin dapat menyebabkan ruam, yang mungkin terasa gatal dan kulit Anda menjadi gelap. Kondisi ini akan kembali normal setelah Anda menyelesaikan perawatan.

Perubahan kuku
Kuku Anda mungkin menjadi lebih gelap atau berubah warna.

Efek pada hati
Idarubicin dapat memengaruhi cara kerja hati Anda.

Sakit kepala
Perawatan ini dapat menyebabkan sakit kepala.

Efek pada jantung
Perawatan ini dapat memengaruhi cara kerja jantung.

Kehamilan, menyusui dan kesuburan
Jika Anda sedang hamil atau menyusui, atau Anda berencana untuk memiliki bayi, tanyakan dokter atau apoteker Anda untuk nasihat sebelum Anda diberikan obat ini. Belum ada data yang dapat menyimpulkan efek penggunaan obat ini pada kehamilan. Obat ini hanya dapat digunakan selama kehamilan jika manfaatnya lebih besar daripada efek sampingnya.

Pada pria yang menjalani pengobatan dengan idarubicin harus menggunakan metode kontrasepsi yang efektif hingga 3 bulan setelah perawatan.

Daftar efek samping di atas, bukanlah daftar efek samping lengkap yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat ini. Untuk informasi lengkap mengenai efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan obat ini, periksa pada label informasi yang tertera pada kemasan, atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Penggunaan Idarubicin dengan pengobatan lainnya

Seperti obat-obatan lainnya, penggunaan Idarubicin dengan obat-obatan lain mungkin dapat menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Penggunaan Idarubicin dengan senyawa kardioaktif lain (mis., penghambat saluran kalsium), dapat memberikan efek pada jantung, sehingga membutuhkan pemantauan fungsi jantung selama pengobatan.

Penggunaan Idarubicin dengan vaksin hidup yang dilemahkan dapat menimbulkan risiko terjadinya penyakit sistemik yang fatal. Orang yang menjalani perawatan menggunakan Idarubicin sebaiknya menggunakan vaksin tidak aktif.

Daftar ini tidak lengkap dan mungkin ada obat lain yang dapat berinteraksi dengan penggunaan obat Idarubicin. Beri tahu dokter Anda mengenai semua pengobatan yang Anda gunakan termasuk obat dengan resep dokter dan obat-obatan bebas yang Anda gunakan seperti vitamin, mineral, produk herbal, dan suplemen. Jangan mulai menggunakan obat baru tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Perhatian 

Pengobatan ini akan diberikan di bawah pengawasan ketat oleh dokter spesialis hemato-onkologi, sehingga obat ini tidak dijual bebas di pasaran. Pada beberapa kondisi, obat ini tidak dapat digunakan. 

Beberapa kondisi tersebut meliputi :

  • alergi terhadap idarubicin atau salah satu bahan lain yang terkandung di dalam obat ini.
  • alergi terhadap anthracyclines atau anthracenediones lainnya;
  • menderita masalah hati yang parah;
  • menderita masalah ginjal parah;
  • menderita masalah jantung;
  • memiliki produksi sel darah dan trombosit yang rendah;
  • Anda pernah diobati dengan idarubicin dan / atau antrasiklin lain atau anthracenediones.
  • Anda sedang menyusui.



4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
(idarubicin) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more. Medscape. (https://reference.medscape.com/drug/idarubicin-342123)
Idamycin (Idarubicin): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/idamycin-drug.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app