Humalog : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: May 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 708.968 orang

Seperti yang Anda ketahui, Diabetes mellitus atau yang biasa disebut penyakit kencing manis adalah kondisi kronis seumur hidup yang menyebabkan masalah pada hormon insulin. Ada tiga jenis utama diabetes: diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. 

Jika seseorang terdiagnosis menderita penyakit diabetes, maka diperlukan pengobatan yang tepat, salah satunya dengan pemberian obat insulin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Insulin adalah hormon yang dibuat di pankreas, yang merupakan organ dalam tubuh yang membantu dalam proses pencernaan. Insulin membantu tubuh Anda menggunakan glukosa (gula) untuk energi.

Akan tetapi ketika Anda menderita diabetes, terkadang pankreas Anda tidak menghasilkan insulin sama sekali, tidak menghasilkan cukup banyak insulin atau insulin yang dihasilkannya tidak bekerja dengan baik. 

Dan itulah mengapa beberapa orang dengan diabetes tergantung pada insulin untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Selain dengan pemberian obat yang diminum, insulin juga dapat diberikan dalam bentuk suntikan.

Suntikan insulin digunakan untuk mengontrol gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 1 (kondisi di mana tubuh tidak membuat insulin dan karena itu tidak dapat mengontrol jumlah gula dalam darah) atau pada orang yang memiliki diabetes tipe 2 (kondisi di mana gula darah terlalu tinggi karena tubuh tidak memproduksi atau menggunakan insulin secara normal) yang tidak dapat dikontrol dengan obat oral saja.

Nah, pada artikel ini akan membahas salah satu pengobatan yang dapat digunakan unntuk mengontrol gula darah diabetes dengan pemberian injeksi insulin. Obat tersebut yaitu obat Humalog. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping obat Humalog. Selamat membaca.

Mengenai Humalog

Golongan:

Obat resep

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Kemasan:

Injeksi solusi, injeksi pena

Kandungan:

Obat fast-acting insulin

Kegunaan obat Humalog

Obat Humalog adalah analog insulin kerja cepat (fast acting insulin) yang diindikasikan untuk meningkatkan kontrol glikemik pada orang dewasa dan anak-anak dengan diabetes mellitus. 

Dibutuhkan sekitar 10 hingga 15 menit setelah injeksi untuk mulai bekerja dan memiliki efek maksimum antara 45 menit dan 150 menit. Obat ini berhenti bekerja setelah 3,5 hingga 5 jam.

Analog insulin kerja cepat seperti obat Humalog sering digunakan daripada insulin biasa karena onsetnya yang cepat, yang memungkinkan pasien untuk menyuntikkannya lebih dekat untuk waktu makan dan karena durasinya yang pendek, yang mengurangi risiko hipoglikemia (gula darah rendah).

Dosis obat Humalog

Obat Humalog hanya dapat diperoleh berdasarkan resep dari dokter. Obat ini tersedia dengan bentuk injeksi subkutan. Setiap 10 mL botol berisi 100 unit analog insulin manusia (insulin lispro) untuk setiap 1 mL. 

Bahan obat Humalog terdiri dari gliserin, natrium fosfat dibasik, suling m-Cresol, seng, air untuk injeksi, dan asam klorida atau natrium hidroksida untuk menyesuaikan pH.

Berikut dosis obat Humalog yang biasa diberikan:

Dosis subkutan untuk diabetes tipe 1

  • Dewasa: dosis pemeliharaan: 0.5- 1 unit /kg/ hari dalam dosis terbagi. Berikan <15 menit sebelum atau segera setelah makan
  • Dewasa non-obesitas: 0.4-0.6 unit/kg/hari
  • Dewasa dengan obesitas: 0.8-1.2 unit/ kg/ hari

Dosis subkutan untuk diabetes tipe 2

  • Dewasa: Long acting insulin 10 unit/hari atau 0.1-0.2 unit/kg/hari

Dosis subkutan unuk anak-anak

Anak dengan diabetes tipe 1: usia 3 tahun atau lebih, 0.4-1 unit/kg/hari

  • Dosis yang dianjurkan 0.5-1 unit/ hari
  • Tidak direkomendasikan untuk anak usis kurang dari tiga tahun
  • Anak dengan diabetes tipe 2, keamanan dan efektifitas belum ditetapkan

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk 2 sampai 8 derajat celcius. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum menggunakan obat.

Efek samping obat Humalog

Seiring dengan efek obat yang dikonsumsi, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama.

Seperti halnya dalam penggunaan obat Humalog yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Hipoglikemia
  • Hipokalemia
  • Nyeri atau kemerahan pada tempat penyuktikan
  • Pusing, sakit kepala
  • Ruam, gatal
  • Penglihatan kabur
  • Berkeringat
  • Gemetar
  • Peningkatan berat badan

Jika setelah menggunakan obat Humalog terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera hubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Perhatian dan peringatan pada obat Humalog

Hindari penggunaan obat ini untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Humalog atau obat-obatan lainnya.

Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. 

Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Humalog. Seperti pada penggunaan obat ACE inhibitor, beta bloker dan obat-obatan lainnya.

Hati-hati pemberian obat ini pada penderita gangguan fungsi hati dan ginjal serta penderita gagal ginjal, penyakit ginjal berat dan gangguan tiroid.

Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki gula darah rendah.

Obat ini dapat memberikan efek samping sakit kepala dan penglihatan kabur. Hindari aktivitas seperti mengemudi, dan aktivitas berat lainnya saat menggunakan obat ini.

Hentikan konsumsi alkohol saat mengkonsumsi obat ini. Alkohol dapat mempengaruhi kontrol diabetes Anda. Minum alkohol dalam jumlah berlebih saat Anda mengkonsumsi obat ini dapat menyebabkan efek samping yang serius.

Beri tahu dokter segera jika Anda hamil. Kehamilan dapat menyebabkan atau memperburuk diabetes. Diskusikan rencana dengan dokter untuk mengelola gula darah saat hamil. Dokter Anda dapat mengubah perawatan diabetes Anda selama kehamilan Anda.

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI, tetapi tidak mungkin membahayakan bayi yang menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui. Kebutuhan insulin Anda dapat berubah saat menyusui.

Jangan menambah, mengurangi atau menghentikan penggunaan obat tanpa ada saran dan anjuran dari dokter. Karena hal tersebut dapat memperburuk efek samping obat.

Jangan memberikan obat ini kepada orang lain, bahkan jika mereka memiliki gejala yang sama seperti Anda. Hal ini bisa berbahaya bagi orang tersebut  untuk menggunakan obat ini jika dokter mereka belum meresepkannya.

Disarankan untuk rutin kontrol kesehatan Anda khususnya gula darah Anda saat atau setelah mengkonsumsi obat ini. Serta imbangi penggunaan obat ini dengan olahraga yang teratur dan pola hidup yang sehat.

Jika setelah menggunakan obat ini tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan pada kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Kontraindikasi obat Humalog

Obat ini tidak dianjurkan apabila para penderita memiliki kondisi berikut:

  • Hipersensitif terhadap lispro insulin atau salah satu eksipien Humalog. 
  • Hipoglikemia



Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp