Hal-hal Seputar Operasi Bibir Sumbing yang Perlu Anda Ketahui

Bibir sumbing sendiri bisa dibilang sebagai bawaan lahir yang ditandai dengan adanya celah pada area bibir atau langit-langit mulut. Sedangkan operasi bibir sumbing dapat dilakukan ketika bayi sudah menginjak usia 3 hingga 12 tahun.
Dipublish tanggal: Agu 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Operasi bibir sumbing merupakan salah satu langkah untuk mengatasi masalah bibir sumbing yang biasa terjadi pada anak yang baru lahir. 

Bibir sumbing sendiri bisa dibilang sebagai bawaan lahir yang ditandai dengan adanya celah pada area bibir atau langit-langit mulut. Sedangkan operasi bibir sumbing dapat dilakukan ketika bayi sudah menginjak usia 3 hingga 12 tahun.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Bibir via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bibir hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b16 bibir

Indikasi operasi bibir sumbing

Operasi bibir sumbing memang dikhususkan bagi anak yang lahir dan menderita kelainan bibir sumbing. 

Bila bibir dan langit-langit mengalami keadaan sumbing, dokter biasanya mengetahui setelah melakukan pemeriksaan pasca persalinan

Walau begitu, jika dilihat pada beberapa kasus yang pernah terjadi, kondisi bibir sumbing juga bisa diketahui saat orang tua melakukan pemeriksaan pra persalinan melalui USG kehamilan.

Peringatan operasi bibir sumbing

Sejauh ini, belum ada kondisi khusus yang membuat seorang anak dilarang melakukan operasi  bibir sumbing. 

Walau begitu, untuk anak yang memiliki alergi pada obat bius yang akan digunakan selama operasi, hal ini bisa diantisipasi dengan melakukan perlakuan atau pengawasan khusus selama operasi bibir sumbing dijalankan.

Persiapan operasi bibir sumbing

Untuk mempersiapkan operasi, orang tua bisa melakukannya sejak anak baru lahir dan dokter telah mendiaknosanya menderita kondisi bibir sumbing. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Setelah itu, dokter yang Anda pilih akan merencanakan bersama petugas dan orang tua mengenai tahap pengobatan yang akan diberikan kepada sang anak. 

Secara umum, tahapan tersebut yang akan dijalani oleh penderita bibir sumbing selama beberapa tahun adalah sebagai berikut:

  • Umur 0 – 6 tahun

Pada tahapan ini sang dokter akan memberikan penanganan sementara terkait kondisi bibir sumbing yang dialami oleh anak. Hal tersebut tentu bertujuan untuk meminimalisir keluhan dan kesulitan yang dirasakan oleh si anak. 

Disamping itu, dokter juga akan memastikan aktivitas makan dan minum sang anak tidak terganggu.

  • Umur 3 – 6 bulan

Pada umur ini, dokter bedah plastik akan menjalankan prosedurnya untuk memperbaiki bibir sumbing yang terjadi pada anak.

  • Umur 6 – 12 bulan

Setelah berusia 6 hingga 12 bulan, anak akan melakukan operasi perbaikan langit-langit sumbing pada bagian mulut.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic
  • Umur 18 bulan

Memasuki umur 18 bulan, dokter terkait akan melakukan pemeriksaan kemampuan berbicara anak yang sudah melalui prosedur operasi bibir sumbing untuk pertama kali.

  • Umur 3 tahun

Di tahap ini, dokter kembali memeriksa kondisi dan kemampuan bicara anak untuk yang kedua kalinya.

  • Usia 5 tahun

Saat memasuki umur 5 tahun, sang anak akan melakukan pemeriksaan kemampuan bicara untuk yang ketiga kalinya.

  • Umur 8 – 12 tahun

Ketika menginjak umur 8 hingga 12 tahun, dokter yang Anda pilih akan melakukan operasi guna memperbaiki sumbing pada gusi. Operasi ini pun dilakukan dengan cara cangkok tulang pada area gusi.

 Ini pun hanya berlaku bagi anak yang menderita kelainan gusi sumbing.

  • Umur 13 – 15 tahun

Di fase ini, dokter akan melakukan prosedur pengobatan dan pemeriksaan tambahan demi memantau dan memperbaiki kondisi pasien yang telah menjalahi operasi bibir sumbing. 

Selain itu, dokter juga akan memantau pertumbuhan bagian tulang rahang pada anak demi memastikan tidak terjadi kelainan yang lain.

Setelah operasi bibir sumbing

Setelah melalui serangkaian prosedur operasi, anak akan dibawa ke ruang perawatan guna menjalani proses pemulihan pasca operasi bibir sumbing. 

Biasanya anak bisa menjalani rawat inap selama kurun waktu 1 hingga 3 hari atau sesuai dengan kebutuhan sang anak. 

Dalam masa rawat inap, orang tua tentu saja dapat menemani si buah hati dan diberikan intruksi oleh dokter untuk menjaga luka operasi tetap dalam kondisi bersih dan terhindar dari bahaya infeksi.

Risiko operasi bibir sumbing

Pada umumnya operasi bibir dan langity-langit sumbing akan aman untuk dijalani oleh anak. Meski begitu, sama seperti prosedur beda yang lain, operasi ini juga bisa menimbulkan komplikasi yang meliputi:

  • Pendarahan 
  • Infeksi 
  • Ganguan pernafasan pada anak
  • Terjadi reaksi alergi terhadap obat-obatan yang diberikan selama operasi
  • Pertumbuhan tulang wajah pada anak yang tidak normal, termasuk pertumbuhan pada bagian wajah antara hidung dan bibir.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cleft lip and palate. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/cleft-lip-and-palate/)
Cleft Lip: History of the Procedure, Problem, Epidemiology. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/877970-overview)
Cleft Palate And Lip: Causes, Symptoms & Diagnosis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cleft-lip-and-palate)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Penyebab dan Pengobatan Bibir Sumbing
Penyebab dan Pengobatan Bibir Sumbing

Penyebab terjadinya cacat bibir sumbing pada bayi sampai sekarang belum diketahui. Namun faktor genetik serta faktor lingkungan diduga memberikan andil besar pada bayi dengan bibir sumbing.

Tahapan Operasi Bibir Sumbing yang Perlu Anda Ketahui
Tahapan Operasi Bibir Sumbing yang Perlu Anda Ketahui

Dokter akan merencanakan bersama petugas dan orang tua mengenai tahap pengobatan yang akan diberikan kepada sang anak. Secara umum, tahapan tersebut yang akan dijalani oleh penderita bibir sumbing selama beberapa tahun adalah sebagai berikut:

Buka di app