Apakah Bibir Sumbing Dapat Menyebabkan Bayi Kurang Gizi?

Dipublish tanggal: Apr 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apakah Bibir Sumbing Dapat Menyebabkan Bayi Kurang Gizi?

Bibir sumbing terjadi ketika terdapat bagian bibir yang terpisah atau terbuka. Bukaan ini bisa jadi kecil atau cukup besar untuk menghubungkan bibir bagian atas dan hidung. Hal ini terjadi ketika dinding mulut tidak menutup dengan benar perkembangan awal bayi di dalam kandungan. Langit-langit terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang keras dan lunak, yang mana keduanya mungkin untuk sumbing. 

Bagian yang keras merupakan bagian bertulang di depan langit-langit mulut Anda. Bagian yang lunak terdapat di belakang mulut dan terbuat dari jaringan yang lunak. Langit-langit dan bibir sumbing juga disebut sebagai cacat orofacial. Setidaknya terdapat 7 ribu bayi tiap tahunnya yang lahir dengan cacat ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Gejala Bibir Sumbing 

Hampir pada semua kasus bukaan pada bibir yang merupakan tanda bibir sumbing adalah gejala cacat yang nampak. Bahkan sudah tampak ketika masih janin dengan pemeriksaan USG. Susu dapat keluar dari hidung bayi ketika menyusui akibat pemisah antara mulut dan hidung yang abnormal. Anak-anak dengan bibir sumbing mungkin juga mengalami masalah gigi, seperti kehilangan gigi atau kelebihan jumlah gigi yang tumbuh.

Bibir sumbing juga memicu infeksi telinga bagian tengah cukup sering dan masalah pada saluran eustachius anak Anda. Saluran ini membantu mengeluarkan cairan keluar dari telinga dan bertanggung jawab untuk memastikan jumlah tekanan pada kedua sisi gendang telinga sama. Jika anak Anda memiliki masalah dengan infeksi telinga dan saluran eustachius tidak mengering dengan benar, hal ini mengakibatkan kehilangan pendengaran. 

Selain itu anak Anda beresiko bermasalah dengan bicara. Kasus ini sering terjadi pada langit-langit sumbing daripada bibir sumbing. Masalah bicara disebabkan oleh sumbing yang biasanya dikarakteristikan sebagai kualitas nasal pada suara.

Penyebab Bibir Sumbing

Penyebab langit-langit dan bibir sumbing belum diketahui, namun dokter percaya bahwa cacat ini disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan (multifaktorial). Faktor genetik berperan terhadap terjadinya sumbing jika satu atau kedua orang tua menurunkan gen yang membuat sumbing mungkin terjadi.

Yang Anda lakukan selama kehamilan juga meningkatkan kemungkinan anak memiliki langit-langit dan bibir sumbing. Beberapa faktor yang dipercaya oleh peneliti dapat menyebabkan sumbing yaitu:

  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Menggunakan obat ilegal
  • Diabetes
  • Tidak mengkonsumsi cukup asam folat

Sumbing dapat terjadi sebagai cacat lahir terisolasi atau bagian dari gangguan genetik yang cukup parah seperti sindrom Van den woude atau velocardiofacial. Keduanya merupakan gangguan malformasi yang bersifat genetik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Diagnosis Bibir Sumbing

Langit-langit dan bibir sumbing mungkin didiagnosis ketika bayi di dalam kandungan melalui penggunaan USG. USG menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menampilkan gambar bayi yang ada dalam perut Anda. Jika dokter menemukan gejala sumbing pada janin Anda, biasanya mereka akan mengambil cairan ketuban yang mengelilingi bayi untuk diperiksa jika terdapat keabnormalan genetik, misalnya sindrom Van den woude.

Perawatan Bibir Sumbing

Perawatan untuk anak dengan langit-langit dan bibir sumbing bergantung pada keparahan kondisinya. Perawatan biasanya melibatkan beberapa operasi untuk menutup bukaan dan merekonstruksi ulang wajah. Tim dokter spesialis akan bekerja untuk Anda dan anak Anda. 

Misalnya jika anak Anda memiliki masalah dengan berbicara karena kondisi mereka yang sumbing, mereka mungkin diarahkan untuk terapi bicara. Tim yang melakukan operasi pada anak Anda termasuk ahli bedah plastik, ahli bedah mulut dan ortodontis.

Operasi langit-langit dan bibir sumbing idealnya dilakukan pada tahun pertama anak Anda (umur 10 bulan dan berat badan 10kg). Namun operasi rekonstruksi tambahan mungkin dibutuhkan ketika anak Anda tumbuh remaja.

Jika memiliki celah sumbing yang cukup lebar biasanya dokter akan melakukan pelekatan bibir dengan menjahit celah sementara hingga tindakan operasi perbaikan dilakukan. Selama operasi, anak Anda akan dibius dan ahli bedah akan menggunakan jaringan dan kulit dari kedua sisi untuk membuat bibir melebar dan menutup celah.

Sementara pada langit-langit sumbing, operasi direkomendasikan pada usia antara 6 hingga 18 bulan. Selama operasi otot dan jaringan dari kedua sisi langit-langit dihubungkan untuk menghilangkan celah.

Mengatasi Cacat Lahir pada Anak

Tanyakan pada tim yang merawat anak Anda tentang komunitas keluarga dan anak dengan cacat lahir di daerah Anda. Berkomunikasilah dengan terbuka dengan anak Anda dan bantu membangun kepercayaan diri mereka dengan membuat mereka percaya bahwa mereka tidak dinilai karena cacat lahir mereka.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cleft lip and cleft palate: Causes, treatment, and speech. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/164660.php)
Birth Defects: Causes, Symptoms, and Diagnosis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/birth-defects)
Babies With Cleft Lip: Normal Adulthood Likely. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/20160927/cleft-lip-cleft-palate)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Penyebab dan Pengobatan Bibir Sumbing
Penyebab dan Pengobatan Bibir Sumbing

Penyebab terjadinya cacat bibir sumbing pada bayi sampai sekarang belum diketahui. Namun faktor genetik serta faktor lingkungan diduga memberikan andil besar pada bayi dengan bibir sumbing.

Tahapan Operasi Bibir Sumbing yang Perlu Anda Ketahui
Tahapan Operasi Bibir Sumbing yang Perlu Anda Ketahui

Dokter akan merencanakan bersama petugas dan orang tua mengenai tahap pengobatan yang akan diberikan kepada sang anak. Secara umum, tahapan tersebut yang akan dijalani oleh penderita bibir sumbing selama beberapa tahun adalah sebagai berikut:

Buka di app