Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Glucomanan: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.330.221 orang

Glukomanan adalah serat makanan. Biasanya dibuat dari akar tanaman konjak. bubuk glukomanan, kapsul, dan tablet digunakan sebagai obat.

Melalui mulut, glukomanan digunakan untuk konstipasi, penurunan berat badan, diabetes, kolesterol tinggi, tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), tekanan darah tinggi, dan kondisi lambung yang disebut sindrom dumping dan gangguan fungsi pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Dalam makanan, glukomanan digunakan sebagai zat pengental atau pembentuk gel. Tepung dan bubuk glukomanan digunakan dalam makanan.

Bagaimana cara kerjanya?

Glukomanan dapat bekerja di lambung dan usus dengan menyerap air untuk membentuk serat yang tebal yang mengobati sembelit. Glukomanan juga dapat memperlambat penyerapan gula dan kolesterol dari usus, membantu mengendalikan kadar gula pada diabetes, dan mengurangi kadar kolesterol.

Kegunaan & Keefektivan

Mungkin Efektif untuk

  • Sembelit. Mengkonsumsi glukomanan melalui mulut dapat meringankan sembelit pada orang dewasa. Mungkin juga mengurangi sembelit pada anak-anak, tetapi hasilnya tidak konsisten.
  • Diabetes. Mengkonsumsi glukomanan melalui mulut tampaknya mengurangi kolesterol, kadar gula darah, dan tekanan darah pada penderita diabetes.
  • Kolesterol Tinggi. Mengkonsumsi glukomanan melalui mulut tampaknya meningkatkan kadar kolesterol pada orang dengan kolesterol tinggi.

Tidak cukup bukti untuk

  • Suatu kondisi perut yang disebut sindrom dumping
    Sindrom dumping terjadi ketika makanan bergerak dari lambung ke usus terlalu cepat. Hal ini dapat menyebabkan tubuh melepaskan sejumlah besar insulin, yang dapat menyebabkan gula darah rendah. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi glukomanan melalui mulut membantu mencegah gula darah menjadi terlalu rendah setelah makan pada orang yang berisiko terhadap kondisi ini. Namun, tidak semua penelitian setuju.
  • Kondisi perut yang disebut dengan gangguan pencernaan fungsional
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi glukomanan tidak membuat sakit perut, kram, atau kembung membaik pada anak-anak dengan kondisi ini.
  • Tekanan darah tinggi
    Penelitian awal menunjukkan bahwa glukomanan dapat memperbaiki tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.
  • Tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme)
    Penelitian awal menunjukkan bahwa glukomanan plus methimazole dan propranolol mengurangi kadar hormon tiroid pada orang dengan terlalu banyak hormon tiroid dalam tubuh.
  • Kegemukan
    Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi glukomanan melalui mulut memperbaiki penurunan berat badan pada orang dewasa dan anak-anak yang kelebihan berat badan dan obesitas. Namun, tidak semua penelitian setuju.
  • Kondisi lainnya.

Dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai glukomanan untuk penggunaan ini.

Efek samping

Efek samping & keamanan

Bubuk atau tepung glukomanan SANGAT AMAN ketika dikonsumsi sebagai makanan. Bubuk dan kapsul Glukomanan MUNGKIN AMAN bagi sebagian besar orang dewasa dan anak-anak bila digunakan dalam jumlah pengobatan hingga 4 bulan. 

Namun, tablet padat yang mengandung glukomanan MUNGKIN TIDAK AMAN untuk orang dewasa dan SANGAT TIDAK AMAN untuk anak-anak. Glukomanan kadang-kadang dapat menyebabkan penyumbatan tenggorokan atau usus.

Tindakan pencegahan & peringatan khusus

  • Kehamilan dan menyusui
    Tidak ada informasi yang cukup dapat diandalkan tentang keamanan penggunaan glukomanan jika Anda sedang hamil atau menyusui. Tetap aman dan hindari penggunaan.
  • Diabetes
    Glukomanan dapat mengganggu kontrol gula darah. Pantau gula darah dengan cermat jika Anda menderita diabetes dan gunakan glukomanan.
  • Pembedahan
    Glukomanan dapat mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Hentikan penggunaan glukomanan setidaknya 2 minggu sebelum operasi yang dijadwalkan.

Interaksi

Interaksi Sedang

Berhati-hatilah dengan kombinasi ini

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat untuk diabetes (obat antidiabetes) berinteraksi dengan GLUKOMANAN

Glukomanan dapat menurunkan gula darah pada diabetes tipe 2. Obat diabetes juga digunakan untuk menurunkan gula darah. Mengkonsumsi glukomanan bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah. 

Pantau gula darah Anda dengan cermat. Dosis obat diabetes Anda mungkin perlu diubah. Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes termasuk glimepiride (Amaryl), gliburida (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone (Avandia), klorpropamid (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), dan lainnya.

Obat yang diminum melalui mulut berinteraksi dengan GLUKOMANAN

Glukomanan menyerap zat-zat di lambung dan usus. Mengkonsumsi glukomanan bersama dengan obat yang diminum dapat mengurangi berapa banyak obat yang diserap tubuh Anda, dan mengurangi efektivitas obat Anda. Untuk mencegah interaksi ini, minum glukomanan setidaknya satu jam setelah obat yang Anda minum.

Takaran

Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah:

DEWASA

MELALUI MULUT:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

  • Untuk sembelit 
    Dosis Glukomanan biasanya berkisar antara 2-4,5 gram setiap hari, dikonsumsi dalam dosis yang dibagi.
  • Untuk kolesterol tinggi
    Berbagai dosis dan bentuk dosis glukomanan telah dikonsumsi, jangka pendek (hingga 12 minggu). Hal ini termasuk memakan biskuit yang mengandung 0,5-0,7 gram glukomanan per 100 kkal, mengkonsumsi 2,4-3,9 gram suplemen glukomanan setiap hari, memakan bar yang mengandung 3,33 gram glukomanan tiga kali sehari, atau makan makanan yang mengandung 5-10 gram glukomanan setiap hari.
  • Untuk diabetes tipe 2
    Dosis glukomanan sekitar 3-4 gram telah dikonsumsi setiap hari hingga 8 minggu. Memakan biskuit yang mengandung 0,5-0,7 gram glukomanan per 100 kkal juga telah dikonsumsi selama 3 minggu. Suplemen khusus yang menyediakan 2,5-7,5 gram glukomanan juga telah dikonsumsi saat makan.

ANAK-ANAK

MELALUI MULUT:

  • Untuk sembelit:
    100 miligram/kilogram glukomanan telah dikonsumsi sekali atau dua kali sehari (hingga maksimum 5 gram setiap hari) hingga 12 minggu.
  • Untuk kolesterol tinggi 
    Dosis 1 gram glukomanan telah dikonsumsi dua kali sehari selama 8 minggu pada anak-anak usia 6 tahun ke bawah. Dosis 1,5 gram glukomanan telah dikonsumsi dua kali sehari selama 8 minggu pada anak-anak yang lebih tua dari 6 tahun.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini