Gejala Kanker Prostat - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 842.471 orang

Pernahkah Anda melihat seseorang yang menderita Kanker Prostat? Atau Anda sendiri pernah mengalami hal tersebut? Apa sih sebenarnya kanker prostat itu? Apa saja gejala-gejala dan penyebab seseorang bisa terkena Kanker Prostat? Daripada penasaran, simak lebih lanjut pembahasan artikel dibawah ini.|

Kanker Prostat adalah kanker yang terjadi di organ tubuh yang disebut Prostat. Prostat merupakan kelenjar berbentuk seperti kacang kenari kecil yang terpadat pada pria. Prostat terletak di antara penis dan kandung kemih dan mengelilingi uretra.

Ukuran prostat berubah seiring bertambahnya usia. Pada pria yang lebih muda, seperti kacang kenari kecil, tetapi ukurannya bisa jauh lebih besar pada pria yang lebih tua. Fungsi utama Prostat adalah membantu dalam produksi air mani.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Organ ini menghasilkan cairan putih tebal yang dicampur dengan sperma yang dihasilkan oleh testis, untuk membuat air mani.

Terjadinya kanker bermula ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh dan berkembang di luar kendali. Sel di hampir semua bagian tubuh dapat menjadi sel kanker, dan dapat menyebar ke area lain di tubuh. Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria.

Biasanya Kanker Prostat tumbuh perlahan dan awalnya terbatas pada kelenjar prostat saja, di mana hal ini tidak dapat menyebabkan kerusakan serius. Namun, ada beberapa jenis Kanker Prostat yang tumbuh perlahan dan mungkin memerlukan pengobatan atau bahkan tanpa pengobatan.

Dan beberapa jenis Kanker Prostat lainnya yang bersifat agresif dan dapat menyebar dengan cepat. Kanker Prostat yang dideteksi sejak dini, ketika kanker tersbut masih terbatas pada kelenjar prostat, hal ini memiliki peluang lebih besar untuk keberhasilan dalam pengobatan. 

Apa sih gejala-gejala Kanker Prostat?

Kanker Prostat mungkin tidak menimbulkan tanda atau gejala pada tahap awal. Kanker prostat yang lebih parah dapat menyebabkan tanda dan gejala seperti:

  • Kesulitan buang air kecil
  • Menurunnya kekuatan pada aliran urin
  • Darah dalam air mani
  • Rasa tidak nyaman atau nyeri di daerah panggul
  • Sakit tulang
  • Disfungsi ereksi
  • Rasa ingin buang air kecil, termasuk di malam hari
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Kelemahan kaki

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Apa yang dapat menyebabkan terjadinya Kanker Prostat?

Penyebab Kanker Prostat sebagian besar tidak diketahui. Namun, hal-hal tertentu dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan kondisi terjadinya Kanker Prostat. Kemungkinan mengembangkan Kanker Prostat meningkat seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan kasus berkembang pada pria berusia 50 tahun atau lebih tua.  Pria yang memiliki ayah atau saudara laki-laki yang memiliki riwayat terkena Kanker Prostat, juga memiliki resiko yang tinggi terkena Kanker Prostat.  

Apa saja faktor-faktor risiko dari Kanker Prostat?

  • Usia
    Kanker Prostat jarang terjadi pada pria di bawah usia 45 tahun, tetapi lebih umum setelah usia 50 tahun.

  • Geografi
    Kanker Prostat paling sering terjadi di Amerika Utara, Eropa barat laut, di kepulauan Karibia, dan di Australia. Alasannya masih belum jelas.

  • Faktor genetik
    Kelompok genetik dan etnis tertentu memiliki peningkatan risiko terjadinya Kanker Prostat. Di Amerika, Kanker Prostat setidaknya 60 persen lebih umum dan 2 hingga 3 kali lebih mematikan di antara pria kulit hitam daripada pria kulit putih.
  • Seorang pria yang saudara atau ayahnya menderita Kanker Prostat memiliki risiko dua kali lebih besar terkena Kanker Prostat dibandingkan dengan pria lain.
  • Diet
    Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi daging merah atau produk susu berlemak tinggi dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena Kanker Prostat, tetapi penelitian ini tidak dikonfirmasi atau masih belum jelas.

  • Kegemukan
    Sering diyakini bahwa obesitas terkait dengan perkembangan Kanker Prostat, tetapi American Cancer Society menyatakan bahwa tidak ada hubungan yang jelas. Beberapa penelitian menemukan bahwa obesitas meningkatkan risiko kematian pada kanker prostat stadium lanjut.

Bagaimana cara mengobati Kanker Prostat?

Pengobatan untuk Kanker Prostat dibedakan menjadi pengobatan untuk kanker prostat dini dan Kanker Prostat lanjut  

Kanker Prostat stadium awal
Jika kanker kecil dan terlokalisasi, biasanya dapat dilakukan salah satu dari pengobatan berikut:

  • Pemantauan: Tes darah PSA (prostate specific antigen) diperiksa secara teratur, tetapi pada tahap ini tidak ada tindakan yang lebih lanjut
  • Prostatektomi radikal: Prostat diangkat secara operasi. Proses bedah membutuhkan perawatan di rumah sakit, dengan waktu pemulihan hingga 3 bulan
  • Brachytherapy: Penggunaan dari isotop radioaktif tertutup untuk pengobatan, dengan menempatkan bahan radioaktif ke dalam atau berdekatan dengan sasaran radiasi
  • Terapi radiasi konformal: terapi ini untuk membentuk sinar radiasi di sekeliling bentuk dan ukuran tumor

Kanker Prostat lanjut
Kanker stadium lanjut lebih agresif dan akan menyebar ke seluruh tubuh.

  • Kemoterapi: mungkin dianjurkan, karena dapat membunuh sel-sel kanker di sekitar tubuh
  • Terapi Deprivasi Androgen (ADT): atau terapi supresi androgen, adalah pengobatan hormon yang mengurangi efek androgen. Androgen adalah hormon laki-laki yang dapat merangsang pertumbuhan kanker. ADT dapat memperlambat dan bahkan menghentikan pertumbuhan kanker dengan mengurangi kadar androgen

Rekomendasi pengobatan tergantung pada kasus individu. Pasien harus mendiskusikan semua pilihan yang tersedia dengan ahli urologi atau onkologi (kanker) mereka.  

Bagaimana cara mencegah munculnya Kanker Prostat?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko Kanker Prostat :

  • Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran
  • Lakukan aktifitas fisik atau berolahraga
  • Pertahankan berat badan yang sehat dan ideal

Konsultasikan segera ke dokter jika Anda mengalami beberapa gejala seperti yang telah disebutkan diatas. Jagalah kesehatan tubuh Anda dan mulailah menjalani pola hidup yang sehat agar dapat mencegah terjadinya Kanker Prostat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit