Gatal Alergi Bisa Dikendalikan dengan Cara Mudah Berikut

Dipublish tanggal: Sep 27, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apabila Anda merasakan bagian kulit gatal setelah menyentuh benda asing, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi yang disebut sebagai dermatitis kontak alergi atau yang lebih sering diketahui sebagai alergi kulit. Kondisi ini muncul sebagai respons tubuh terhadap suatu alergen, yakni benda atau zat yang dianggap asing. Respon tubuh terhadap alergen dapat berbeda-beda, dari gatal hingga munculnya ruam merah pada kulit. Apabila Anda juga memiliki kondisi khusus seperti eczema maka kemungkinan Anda mengalami alergi kulit juga semakin tinggi.

Penyebab Munculnya Gatal Alergi

Berdasarkan beberapa penelitian, terdapat lebih dari 3000 zat yang dapat memicu reaksi alergi pada tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui secara spesifik jenis benda atau zat yang dapat menyebabkan alergi terhadap tubuh Anda, sehingga dapat dihindari. Contoh benda atau zat yang mungkin memicu munculnya gatal alergi adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Parfum atau pewangi dan alkohol
  • Obat yang dioleskan ke tubuh, seperi antibiotik
  • Produk perawatan tubuh, seperti sabun, sampo, pewarna rambut, lotion, cat kuku
  • Lateks, bahan dasar pembuat sarung tangan karet, kondom, dan balon
  • Logam berupa emas dan nikel yang digunakan sebagai campuran dalam perhiasan
  • Tanaman tertentu terutama jelatang atau poison ivy dan serbuk sari
  • Produk pembersih, seperti deterjen dan pelembut pakaian

Cara Mengatasi Gatal Alergi Tanpa Obat

Anda dapat melakukan penanganan pertama ketika mengalami gatal alergi dengan cara yang mudah untuk diaplikasikan selama di rumah, seperti:

Mencari tahu faktor penyebab alergi dan menghindarinya

Hal yang paling penting dalam pencegahan dan penanganan gatal alergi adalah dengan mengetahui benda apa saja yang kemungkinan menyebabkan reaksi alergi muncul, sehingga Anda dapat menghindari kontak dengan zat tersebut. Hal ini terbukti lebih efektif dibanding dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobati alergi. Ketika Anda tidak bersentuhan dengan alergen, maka Anda tidak perlu membutuhkan obat dan reaksi alergi dari tubuh pun tidak akan muncul.

Jangan menggaruk

Terkadang rasa gatal yang terlalu hebat membuat rasa ingin menggaruk kulit, padahal menggaruk bagian tersebut tidak membantu dalam meredakan rasa gatal sama sekali, justru dapat memperparah kondisi kulit anda dan bahkan dapat menyebabkan infeksi akibat terjadinya luka akibat garukan. Anda dapat menutup bagian kulit yang gatal dengan pakaian yang nyaman, serta memotong kuku dan memakai sarung tangan ketika malam hari saat tidur sehingga Anda tidak akan secara tidak sengaja menggaruk area kulit yang gatal. 

Kompres dengan air dingin

Suhu dingin dapat membantu meredakan rasa gatal akibat alergi. Anda dapat menggunakan handuk yang dibasahi dengan air dingin kemudian tutup area kulit yang gatal. Hal ini  dapat Anda lakukan sekaligus mencegah area gatal terkena garuk dari tangan dan kuku. Kompres air dingin dapat Anda lakukan selama 5 sampai 10 menit atau hingga rasa gatal mereda.

Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin tentunya juga dapat mengurangi rasa gatal pada tubuh akibat alergi. Tambahkan baking soda atau produk mandi dengan bahan dasar oatmeal dalam air dingin yang Anda gunakan untuk mandi untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dalam meredakan rasa gatal.

Rasa gatal yang tidak kunjung reda dapat juga Anda tangani dengan mengoleskan obat antigatal dengan bahan yang mengandung hidrokortison atau calamine. Oleskan obat antigatal sebanyak 2 kali sehari hingga rasa gatal tersebut mereda. Konsultasikan kondisi Anda ke dokter dan mungkin Anda akan direkomendasikan obat konsumsi yang mengandung antihistamin yang dapat  mengurangi rasa gatal.

Untuk menghindari terjadinya reaksi alergi, Anda perlu melakukan kontrol ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui benda atau zat yang kemungkinan memiliki kecenderungan memicu reaksi alergi pada tubuh Anda, sehingga benda dan zat tersebut sebisa mungkin untuk dihindari.  Dokter spesialis kulit umumnya akan memeriksa kondisi Anda lebih lanjut dan akan memberikan obat yang tepat sesuai kondisi Anda. Pemeriksaan lengkap yang meliputi tes alergi mungkin juga akan direkomendasikan bagi Anda untuk mengetahui penyebab pasti gatal alergi di tubuh Anda.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app