Gamma Oryzanol - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.315.721 orang

Apa saja manfaat dalam kesehatan yang dimiliki Gamma Oryzanol?

Kandungan gamma oryzanol banyak digunakan sebagai bahan penelitian karena merupakan antioksidan alami yang bermanfaat bagi tubuh.  Kandungan yang ada di dalamnya selain sebagai pelindung dari radikal bebas, dapat digunakan sebagai anti proliferasi sel kanker.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan kadar derajat yang dimiliki gamma oryzanol lumayan tinggi, bisa mencapai sekitar 10-13%. Tentu saja menarik untuk Anda ketahui ragam manfaat yang dimilikinya untuk kesehatan.

Apa itu Gamma Oryzanol?

Gamma oryzanol merupakan kandungan yang diambil dari minyak dedak (rice bran oil) atau zat yang banyak terkandung dari ekstrak padi atau bekatul, gandum, dan beberapa buah serta sayuran tertentu. Anda tentu saja dapat menggunakannya  sebagai obat, karena zat ini juga kaya dengan nutrisi dan vitamin.

Berdasarkan penelitian, gamma oryzanol menjadi salah satu sumber minyak pangan yang menyehatkan pada negara yang umumnya mengkonsumsi padi atau beras sebagai makanan utamanya, termasuk negara Indonesia.

Gamma Oryzanol beredar pada masyarakat umum dalam bentuk minyak, bahan pangan, dan food suplement. Selain itu, pemanfaatannya juga digunakan dalam produk-produk kecantikan untuk menjaga dan meningkatan kesehatan kulit.

Manfaat Gamma Oryzanol

Gamma Oryzanol  adalah antioksidan yang memiliki kemampuan tinggi dan luar biasa untuk mereduksi radikal bebas yang dapat merusak DNA pada tubuh. Banyak manfaat lainnya yang dapat dirasakan, yaitu:

1. Tinggi antioksidan

Gamma oryzanol memiliki antioksidan yang sangat tinggi, terdapat dalam kandungan minyak dedak. Kemampuannya yang dapat melawan radikal bebas dapat menangkal berbagai penyakit.

Anda dapat terhindar dari penyakit kronis dan serius, seperti stroke, jantung, sampai penyakit kanker.

2. Meningkatkan pengeluaran cairan empedu

Kandungan dari gamma oryzanol dapat meningkatkan pengeluaran cairan empedu yang mempengaruhi kadar kolesterol jahat  low-density lipoprotein (LDL) yang ada dalam tubuh Anda.

Menurut penelitian, mengonsumsi sebanyak 80% minyak dedak selama 3 bulan, dapat menunjukan hasil penurunan secara signifikan. Artinya, efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan hati.

3. Minyak masak yang aman

Rice bran oil, merupakan minyak yang paling baik digunakan antara minyak sawit, kelapa, dan jagung. Rice bran oil yang kaya dengan gamma oryzanol memiliki titik asap yang tinggi dan stabil, sehingga tidak mudah rusak saat digunakan dalam suhu tinggi.

Minyak goreng yang dapat stabil saat berada pada suhu yang tinggi tidak mengandung lemak trans. Jadi, Anda tidak perlu khawatir menimbulkan kolesterol jahat (LDL).

4. Merawat kulit

Gamma oryzanol banyak ditemukan dalam berbagai macam produk kecantikan karena dipercaya dapat memberikan kesehatan kulit.

Manfaatnya dapat membantu melembutkan, memperbaiki, dan melindungi tekstur kulit. Efek yang akan Anda rasakan tidak akan membuat lengket karena mempunyai afinitas alami untuk mudah berbaur dengan kulit dan mudah dibersihkan.

Selain itu, dapat menyamarkan keriput dan guratan-guratan pada kulit wajah yang muncul karena faktor usia.

5. Tabir surya alami

Kemampuan gamma oryzanol dapat dijadikan tabir surya alami karena dapat menghambat proses dari kemajuan pigmentasi melanin dengan cara menahan aktivitas dari eritema tirosinase.

Tentu saja sangat cocok untuk diaplikasikan pada semua jenis kulit dan cocok dipadukan dalam berbagai macam produk industri tabir surya.

Manfaat lainnya seperti:

  • Membantu meregenerasi kulit secara alami
  • Mengatasi rambut rusak dan menjadikannya sehat bercahaya
  • Tidak membuat wajah berminyak
  • Menutrisi kulit untuk memperlambat penuaan
  • Menenangkan kulit iritasi
  • Mengobati menopause
  • Meningkatkan hormon testosteron

Efek samping Gamma Oryzanol

  • Penggunaan gamma oryzanol umumnya aman digunakan oleh banyak orang saat diminum atau dioleskan pada kulit. Namun, belum ada hasil yang pasti terkait efek samping yang disebabkan oleh gamma oryzanol.
  • Rekomendasi penggunaan untuk ibu hamil dan menyusui belum ditemukan, juga informasi terkait keamanan untuk digunakan pada kondisi tersebut. Belum ditemukan interaksi obat dengan penggunaan gamma oryzanol saat ini.
  • Hindari penggunaan untuk Anda yang memiliki masalah terhadap tiroid, karena mempunyai efek dapat menurunkan fungsi tiroid.  

Dosis penggunaan Gamma Oryzanol

Dosis biasa yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol dengan menggunakan gamma oryzanol sekitar 300 miligram dalam sehari. Dalam penelitian lain, bisa digunakan tiga kali sehari dalam takaran 100 miligram.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp