Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Ferrous Sulfate: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.757.024 orang

Anemia defisensi zat besi adalah jenis anemia yang umum terjadi jika seseorang tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuhnya. 

Orang dengan anemia defisiensi besi ringan atau sedang umumnya tidak memiliki tanda atau gejala khusus. Namun, pada anemia defisiensi besi yang lebih parah dapat menyebabkan beberapa tanda dan gejala seperti kelelahan atau letih, sesak napas, atau nyeri dada.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika dokter mendiagnosis Anda menderita anemia defisiensi besi, pengobatannya akan tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi Anda. Dokter mungkin merekomendasikan perubahan pola makan yang sehat, penggunaan suplemen zat besi, terapi zat besi intravena untuk anemia defisiensi besi ringan hingga sedang, atau transfusi sel darah merah untuk anemia defisiensi besi berat. 

Jika tidak terdiagnosis atau tidak diobati, maka anemia defisiensi besi dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius, termasuk gagal jantung dan keterlambatan perkembangan pada anak-anak.

Nah, pada artikel ini akan membahas salah satu suplemen yang dapat digunakan untuk menangani anemia defisiensi besi yaitu suplemen Ferrous Sulfate. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping suplemen Ferrous Sulfate. Selamat membaca.

Kegunaan obat Ferrous Sulfate

Obat Ferrous Sulfate adalah suatu jenis besi. Pada umumnya seseorang mendapatkan zat besi dari makanan yang dimakan. Dalam tubuh, zat besi menjadi bagian dari hemoglobin dan mioglobin. Hemoglobin berfungsi membawa oksigen melalui darah ke jaringan dan organ. Sedangkan Myoglobin membantu sel-sel otot untuk menyimpan oksigen.

Obat Ferrous Sulfate merupakan mineral tubuh yang penting. Ferrous sulfate biasa digunakan untuk mengobati anemia defisiensi besi yang tubuhnya memiliki terlalu sedikit sel darah merah karena pola makan yang buruk, perdarahan berlebih, gangguan lain, atau kehamilan.

Obat Ferrous Sulfate tersedia dalam bentuk oral. Berikut dosis suplemen Ferrous Sulfate yang biasa digunakan:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Obat oral untuk Anemia defisiensi besi

  • Dewasa: Sebagai unsur Fe: Pengobatan: 100-200 mg setiap hari. Dosis Pencegahan: 60 mg setiap hari.
  • Anak: Sebagai unsur Fe: Pengobatan: 3-6 mg / kg setiap hari dalam 3 dosis terbagi.

Terjadi penurunan serapan obat ini jika diberikan bersamaan dengan makanan, seperti sereal, teh, kopi, telur, dan susu. Oleh karena itu suplemen ini sebaiknya diminum dalam keadaan perut kosong. Dapat juga dikonsumsi selama makan untuk mengurangi ketidaknyamanan pada saluran pencernaan.

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengkonsumsi obat.

Efek samping obat Ferrous Sulfate

Seiring dengan efek obat yang dikonsumsi, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama. Seperti halnya dalam penggunaan obat Ferrous Sulfate yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Sistem pencernaan: Nyeri epigastrium, ketidaknyamanan saluran cerna, mual, muntah, konstipasi atau diare, tinja gelap, anoreksia, pewarnaan gigi yang reversibel.
  • Genitourinary: Perubahan warna urin.
  • Dermatologis: Reaksi alergi

Jika setelah mengkonsumsi obat Ferrous Sulfate terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Kontraindikasi obat Ferrous Sulfate

  • Hemokromatosis
  • Hemosiderosis dan sindrom kelebihan Fe lainnya
  • Anemia hemolitik
  • Ulkus peptik aktif
  • Kolitis ulserativa
  • Pasien yang menerima transfusi darah berulang atau terapi Fe parenteral secara bersamaan.

Perhatian dan Peringatan

  • Hindari penggunaan obat ini untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap suplemen Ferrous Sulfate atau riwayat alergi obat-obatan lainnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Ferrous Sulfate.
  • Tablet kunyah obat ini mungkin mengandung aspartam. Jika Anda memiliki fenilketonuria (PKU) atau kondisi lain yang mengharuskan Anda membatasi asupan aspartam (atau fenilalanin), berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker tentang penggunaan obat ini dengan aman.
  • Penggunaan obat ini saat hamil hanya diberikan saat benar-benar dibutuhkan. Suplemen ini dapat masuk ke ASI. Konsultasikan kembali ke dokter mengenai keamanan dan resiko penggunaan obat ini pada kondisi tersebut.
  • Jangan menambah, mengurangi atau menghentikan pengobatan tanpa ada saran dan anjuran dari dokter. Karena hal tersebut dapat memperburuk efek samping yang ada.
  • Obat ini tidak boleh digunakan jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Sebelum minum obat ini, berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker jika Anda memiliki kelainan kelebihan zat besi (mis., Hemochromatosis, hemosiderosis).
  • Sebelum minum obat ini, beri tahu dokter atau apoteker mengenai riwayat kesehatan Anda, terutama dari penggunaan atau penyalahgunaan alkohol, masalah hati, masalah perut atau usus (mis., Maag, radang usus besar).

Penting bagi Anda setelah mengkonsumsi obat ini untuk mengontrol kadar zat besi Anda secara rutin sesuai yang dianjurkan oleh dokter. Jika setelah mengkonsumsi obat ini tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan terhadap kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini