Kebiasaan Sehat

Fakta Tentang Mandi Pada Malam Hari

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Fakta Tentang Mandi Pada Malam Hari

Seringkali kita ditegur oleh orang tua karena mandi terlalu malam dengan alasan kesehatan. Banyak sekali mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat mengenai bahaya mandi malam hari, mulai dari hal-hal yang masuk akal hingga yang tidak masuk akal. 

Tiap orang memiliki alasan tersendiri kenapa mereka mandi pada malam hari, ada yang mandi malam hari dengan alasan pulang kerja pada malam hari dan ada yang beranggapan mandi malam hari sesaat sebelum tidur membantu membuat tubuh rileks. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Namun apakah fakta sebenarnya mengenai mandi malam hari? Apakah benar mandi pada malam hari dapat menyebabkan penyakit? Berikut akan dibahas mengenai hal hal yang perlu kamu ketahui mengenai mandi malam hari.

Mandi malam hari menyebabkan penyakit rematik hanyalah mitos

Kenapa mitos ini bisa berkembang? Karena penyakit rematik kebanyakan diderita oleh orang-orang tua. Pada saat mereka mandi pada malam hari, suhu air pada malam hari lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu pada siang ataupun sore hari. 

Karena suhu dingin ini lah membuat nyeri sendi akibat rematik yang sudah mereka derita menjadi sangat ngilu atau mungkin sangat nyeri. Oleh karena itu mereka beranggapan bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik.

Padahal penyakit rematik itu sendiri bukan disebabkan oleh mandi pada malam hari yakni disebabkan oleh penyakit autoimun. Penyakit autoimun adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh kita sendiri. 

Tidak ada jurnal atau penelitian yang bisa membuktikan pengaruh mandi malam hari dapat menyebabkan rematik.

Mandi malam dapat menyebabkan penyakit paru paru basah hanyalah mitos

Munculnya mitos mandi malam menyebabkan paru-paru basah mirip dengan munculnya mitos “mandi malam menyebabkan rematik”. Belum ada penelitian yang membuktikan hal ini, dan dalam literature manapun tidak ada faktor yang menguatkan bahwa mandi malam menyebabkan penyakit paru-paru basah.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Penyakit paru-paru basah dalam istilah kedokteran disebut dengan pneumonia, pneuomonia ini sendiri disebabkan oleh bakteri strep. Pneumonia. Jadi tidak ada hubungannya antara mandi pada malam hari dan infeksi oleh bakteri ini. 

Mungkin saja untuk orang yang sudah menderita penyakit paru-paru basah sebelumnya, gejalanya akan memburuk jika mandi pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh suhu dingin dari air yang menyebabkan produksi lendir bertambah, sehingga penderita paru-paru basah akan merasa lebih sesak.

Mandi pada malam hari dapat menyebabkan masuk angin

Mandi pada malam hari memang dapat menyebabkan masuk angin, dengan catatan mandi pada malam hari bukan satu-satunya faktor utama yang menyebabkan masuk angin. Biasanya saat seseorang pulang kerja pada malam hari, mereka akan langsung mandi tanpa memperhatikan suhu tubuh mereka sendiri. 

Perlu diingat tidak dianjurkan mandi jika suhu tubuh sedang dalam keadaan panas. Perbedaan yang kontras antara air dingin dan suhu tubuh setelah beraktivitas dapat menjadi pemicu ketidakseimbangan metabolisme dalam tubuh yang dapat menyebabkan seseorang sakit (masuk angin).

Mandi malam hari dapat membuat badan rileks

Mandi di malam hari membuat badan menjadi segar kembali karena aktivitas yang dilakukan seharian penuh dapat membuat tubuh lemas.lepek dan penat. Dengan mandi air dingin pada malam hari dapat membuat tubuh segar kembali.

Mandi di malam hari sesaat sebelum tidur juga dipercaya bisa membuat tidur lebih cepat dan membantu bangun lebih pagi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Memang untuk sebagian orang tidak tahan dengan dinginnya air pada malam hari, oleh karena itu, bisa saja Anda menggunakan air hangat untuk mandi pada malam hari dan merasakan kesegaran yang sama.

Mandi malam hari dapat meningkatkan gairah seksual

Hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya yang membuat badan menjadi segar kembali setelah mandi pada malam hari. Selain itu mandi pada malam hari dapat merangsang produksi seks hormone yang otomatis membangkitkan gairah seksual.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki pasangan, tentu saja mandi malam akan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan wangi, sehingga membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

Mandi malam hari tidak baik untuk Bayi

Untuk orang dewasa, walaupun dengan mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat, mandi malam hari relatif aman untuk dilakukan. Namun lain halnya dengan bayi. 

Bayi memiliki system pengaturan suhu tubuh yang belum sempurna, oleh karena itu, jika bayi dimandikan malam-malam dengan suhu air yang dingin, bisa-bisa suhu tubuh bayi turun secara mendadak dan hal ini bisa menimbulkan suatu kegawatan.

Jika bayi Anda harus mandi pada malam hari, usahakan mandi menggunakan air hangat dan jangan terlalu lama kontak dengan air, setelah mandi juga harus cepat-cepat dikeringkan dipakaikan pakaian agar tidak kedinginan.

Dengan keyakinan-keyakinan dan mitos yang beredar di masyarakat, penting untuk Anda mencari tahu kebenaran akan informasi atau mitos tersebut. 

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Showering daily — is it necessary?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/showering-daily-is-it-necessary-2019062617193)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app