Kebiasaan Sehat

Inilah Efek Bahaya Akibat Mandi Malam

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Mei 24, 2019 Waktu baca: 2 menit
Inilah Efek Bahaya Akibat Mandi Malam

Mungkin banyak yang menganggap bahwa mandi malam memiliki efek bahaya bagi kesehatan tubuh, ada yang takut terkena rematik, paru-paru basah, dan lain-lain, maka tak heran banyak orang tua yang melarang anaknya mandi di malam hari.

Namun, apakah benar bahaya mandi malam bagi kesehatan itu ada? kalau memang ada apa efek negatif yang ditimbulkannya? atau apakah justru bermanfaat? mari kita temukan jawabannya disini.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Kebanyakan orang salah memahami bahwa mandi malam berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mereka percaya bahwa ada beberapa penyakit yang timbul akibat mandi malam yang cukup terkenal adalah rematik dan paru-paru basah. Tetapi kenyataannya, mandi di malam hari sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Juga tidak ada bukti ilmiah bahwa mandi di malam hari berbahaya bagi tubuh.

Jadi kesimpulannya tidak ada efek bahaya bagi kesehatan akibat mandi malam. Justru malah banyak manfaatnya.

Diantara manfaatnya, mandi di malam hari membuat Anda santai dan bebas dari stres yang terakumulasi sepanjang hari, sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan segar saat bangun di pagi hari. Jadi tidak ada salahnya untuk mandi di malam hari, asalkan Anda tidak menderita penyakit tertentu, seperti demam, pilek atau flu.

Lebih Lengkap Berikut Manfaat Mandi Malam :

  • Membersihankan Tubuh. Seperti hal nya mandi di waktu yang lainnya, mandi malam juga bermanfaat membersihkan kulit. Hal ini akan menghilangkan kotoran dan racun dari kulit, membuat kita merasa bersih, segar dan wangi.
  • Menurunkan Tekanan Darah. Manfaat mandi malam yang belum banyak diketahui yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Hal ini akan membuat tubuh menjadi rileks dan mengembalikan kebugaran.
  • Otot menjadi rileks. Setelah hari hari yang ketat, atau setelah Anda berolahraga, otot tubuh bisa terasa tegang dan kaku. Mandi memiliki efek akan mengendurkan otot-otot tersebut, dan menenangkan rasa sakit pada tubuh.
  • Mengobati Insomnia. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, cobalah mandi dengan air hangat di malam hari dan setelah itu pergilah tidur, maka Anda akan lebih mudah memulai tidur dan bangun dalam kondisi yang segar. Itulah mengapa bayi-bayi sering kali tidur nyenyak setelah dimandikan.
  • Menenangkan. Selain memberi manfaat secara fisik dan mental, mandi juga bermanfaat bagi psikologis yang membuat seseorang terbebas (lupa) dari rasa cemas dan kekhawatiran.

Sekali lagi, bahaya mandi malam bisa dibilang tidak ada, justru akan memberikan manfaat rileks baik fisik maupun mental. Namun, agar manfaat seperti di atas bisa kita dapatkan, maka ikuti tips berikut ini.

  • Perhatikan Suhu Air. Jika sudah larut malam atau suhu udara lingkungan yang dingin, maka mandilah dengan air hangat. Biasanya, tubuh menerima suhu dengan perbedaan maksimum 5 derajat. Suhu tubuh normal manusia adalah 97 ° F (36 ° C). Pastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Jika tujuan Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, maka mandilah hanya ketika Anda siap untuk pergi tidur.
  • Hindari mandi segera setelah latihan atau olahraga karena pori-pori di kulit sedang terbuka untuk mengeluarkan keringat. Oleh karena itu beristirahatlah terlebih dahulu setidaknya selama setengah jam, sehingga pori-pori menutup.

Mandi adalah cara alami untuk merevitalisasi tubuh dan pikiran. Jadi jangan takut terhadap bahaya mandi malam, karena memang tidak ada yang perlu ditakuti.

 

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Often Should You Shower?. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/how-often-should-you-shower-4154629)
Showering daily — is it necessary?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/showering-daily-is-it-necessary-2019062617193)
From Hot to Cold: The Hidden Health Benefits of Bathing. SCL Health. (https://www.sclhealth.org/blog/2019/04/from-hot-to-cold-the-hidden-health-benefits-of-bathing/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Bahaya Akibat Menggunakan Vape bagi Kesehatan Tubuh
Bahaya Akibat Menggunakan Vape bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata vape juga dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini bahaya yang bisa dialami jika menggunakan vape atau rokok elektrik.

Buka di app