Seks dan Hubungan

Fakta Seputar Vaginal Douche

Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Fakta Seputar Vaginal Douche

Sebenarnya vagina adalah organ tubuh yang mampu membersihkan dirinya sendiri. Namun untuk menjaga agar selalu bersih dan menghindari masalah vagina gatal dan bau, Anda perlu merawatnya menggunakan vaginal douche

Apa itu vagina douche dan bagaimana cara pakainya. Berikut fakta mengenai vaginal douche yang perlu Anda ketahui.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Apa itu Vaginal Douche?

Douche merupakan kata yang berasal dari bahasa Perancis, artinya adalah membilas atau mencuci. Vaginal douche adalah cairan pembersih antiseptik khusus untuk vagina. 

Biasanya dikemas dalam botol yang memiliki tutup corong semprotan untuk memudahkan ketika Anda menyemprotkan isi larutan ke dalam vagina.

Namun ada juga beberapa produk douche lainnya yang telah menyertakan pompa berselang secara terpisah dari botol cairan untuk menjaga isi larutannya tetap steril. Cairan douche sendiri terbuat dari bahan dasar air dan mengandung bahan aktif Povidone Iodine.

Zat tersebut memiliki fungsi untuk membunuh bakteri sehingga membantu Anda meredakan keputihan, gatal, maupun bau tak sedap pada vagina. Vaginal douche mungkin juga mengandung campuran larutan air dan cuka atau air dengan baking soda.

Cara pakai Vaginal Douche

Cara pemakaian vaginal douche tergantung pada produk yang Anda gunakan. Biasanya douching dilakukan dengan menyemprotkan larutan antiseptik tersebut ke dalam vagina melalui selang penyemprot khusus. 

Sebelumnya, Anda perlu menuangkan isi botol ke dalam kantung yang biasanya diikutsertakan dalam kemasan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Metode tersebut dipercaya mampu menjangkau seluruh bagian vagina hingga ke pelosok terdalam bahkan hingga leher vagina. Larutan air nantinya akan kembali mengalir keluar melalui vagina Anda.

Frekuensi penggunaan Vaginal Douche

Menurut pakar kesehatan dari American College of Obstetricians and Gynecologysts (ACOG), Anad tidak diperbolehkan menggunakan vaginal douche terlalu sering. 

Bahkan disarankan untuk tidak menggunakannya sama sekali. Hal tersebut karena tidak adanya bukti ilmiah mengenai manfaat nyata adri douching untuk kesehatan reproduksi perempuan.

Douching justru akan membuat Anda menjadi lebih rentan mengalami infeksi, seperti infeksi bacterial vaginosi. Hal tersebut karena larutan vaginal douche justru akan membilas koloni bakteri baik yang tinggal dalam vagina.

Bahkan menurut beberapa penelitian ilmiah, menggunakan douching vagina terlalu sering akan meningkatkan risiko Anda mengalami sejumlah penyakit kronis

Penyakit tersebut di antaranya adalah  penyakit radang panggul, HPV, kanker serviks, penyakit menular seksual, bahkan hingga masalah kesuburan seperti sulit hamil hingga kehamilan ektopik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Cara membersihkan Vagina yang baik

Telah dikatakan di atas bahwa vagina telah memiliki cara sendiri untuk membersihkan diri dengan menjaga kadar pH serta koloni bakteri tetap seimbang. Oleh karena itu, untuk membersihkannya, Anda cukup membasuh vagina menggunakan air hangat satu hingga dua kali sehari.

Jika Anda ingin mengurangi gejala bau tak sedap, gatal, keputihan, atau untuk mencegah infeksi pada area vagina, disarankan untuk menggunakan produk antiseptik kewanitaan. Apalagi jika Anda tengah menstruasi adalah saat di mana vagina akan sangat rentan terkena infeksi.

Pilihlah pembersih kewanitaan yang mengandung bahan aktif Providone Iodine dan tidak mengandung pewangi, parfum, atau zat sabun sama sekali di dalamnya. 

Gunakan larutan antiseptik tersebut hanya sebatas untuk membasuh bagian luar vagina saja. Jangan sampai masuk ke bagian dalam agar tidak membunuh bakteri baik.

Itulah fakta yang harus Anda ketahui seputar vaginal douche. Telah disarankan di atas bahwa lebih baik Anda membersihkan vagina menggunakan air hangat dan produk antiseptik kewanitaan karena dinilai lebih aman untuk kesehatan vagina.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Is Vaginal Douching? Pros & Cons of Douching. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/vaginal-douching-helpful-or-harmful)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit