Efek Samping Merokok Bagi Kesuburan Organ Reproduksi

Dipublish tanggal: Mei 29, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Efek Samping Merokok Bagi Kesuburan Organ Reproduksi

Siapa yang tahu bahwa ternyata merokok juga bisa mempengaruhi kesuburan bagi organ reproduksi seseorang. Merokok ternyata telah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tingkat kesuburan karena beberapa hal. 

Oleh karena itu Anda yang sedang berusaha memiliki anak disarankan untuk berhenti merokok saat ini juga. Sebenarnya seperti apa pengaruh rokok bagi kesuburan? Berikut ulasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Alasan merokok dapat Mengganggu Kesuburan

Seorang perokok aktif yang telah terbiasa selama bertahun-tahun menghabiskan berbatang-batang rokok per harinya akan memiliki risiko penurunan kesuburan. Perokok akan cenderung memiliki risiko gangguan kesuburan lebih tinggi dibanding orang yang tidak merokok.

Hal ini disebabkan oleh ketika merokok, akan ada lebih dari 700 zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Zat kimia berbahaya ini tentu akan menyebar ke seluruh organ tubuh termasuk organ reproduksi. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada kesuburan seperti:

Bahkan, dikhawatirkan kebiasaan merokok ini dapat mempengaruhi bayi yang dilahirkan memiliki gangguan pada kesehatan.

Tidak hanya perokok aktif, namun perokok pasif juga bisa berisiko?

Sudah tahukah Anda bahwa bahaya merokok tidak hanya mengenai perokok aktif, namun juga pasif. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa risiko yang diperoleh perokok pasif sama dengan perokok aktif. 

Hal ini dikarenakan perokok pasif bisa saja menghirup asap rokok yang mengandung banyak zat kimia berbahaya.

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi juga dikaitkan dengan perokok pasif. Oleh karena itu, baik Anda dan pasangan berhentilah merokok terutama ketika sedang hamil karena akan berbahaya bagi janin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Rokok menyebabkan gangguan Kesuburan Pria

Beberapa penyakit gangguan kesuburan bisa menyerang pria akibat merokok, seperti:

  • Penurunan jumlah sperma dan kualitas sperma, seperti masalah pada pergerakan sperma untuk berenang dan menembus sel telur
  • Disfungsi ereksi, yakni sulit untuk mengalami ereksi atau terlalu cepat ejakulasi
  • Masalah pada hormon

Rokok berbahaya bagi Kehamilan dan Janin

Wanita hamil merupakan seseorang yang sangat rentan terhadap beberapa zat kimia berbahaya dari luar tubuh karena takut berdampak pada kesehatan bayi yang dilahirkan. 

Bahkan, wanita yang sedang hamil juga tidak bisa sembarang minum obat meski sedang sakit. Apalagi merokok! Rokok mengandung ribuan zat beracun yang berbahaya bagi janin. 

Bahkan, merokok dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur dan kehamilan di luar rahim seperti di tuba falopi (kehamilan ektopik).

Perokok memiliki risiko lebih besar untuk mengalami gangguan kehamilan bahkan keguguran dibanding orang yang tidak merokok. Namun, sayangnya meskipun sudah mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan kandungan, masih ada saja wanita yang bandel dan tetap merokok. 

Beberapa dari mereka juga menjadi perokok pasif akibat perilaku merokok suaminya. Padahal perilaku tidak sehat ini akan mengorbankan kesehatan bayi dan mereka sendiri.

Lantas, apakah ada solusinya?

Tentu ada. Solusinya adalah dengan berhenti merokok untuk mendukung upaya Anda menjaga kesehatan tubuh dan memperbesar kemungkinan kehamilan. 

Berhentilah merokok baik bagi suami maupun istri. Karena menjadi perokok pasif maupun aktif sama-sama berbahaya. Dan lagi gangguan kesuburan tidak hanya menimpa wanita, namun juga pria.

Hanya saja, memang akan dibutuhkan berbulan-bulan bagi tubuh Anda untuk mendetoksifikasi racun yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu Anda mungkin harus menunggu sejenak hingga Anda dan pasangan siap untuk menanti kehamilan setelah berhenti merokok.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Reproductive and Developmental Effects - How Tobacco Smoke Causes Disease: The Biology and Behavioral Basis for Smoking-Attributable Disease. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK53022/)
How Stopping Smoking Boosts Your Fertility Naturally. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/how-stopping-smoking-boosts-your-fertility-naturally/)
The Effect Smoking Has on Sperm and Male Fertility. Verywell Family. (https://www.verywellfamily.com/male-fertility-and-smoking-1960256)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app