Deteksi Penyakit lewat Kuku Bergaris Hitam

Kondisi melanocychia linier sendiri sebenarnya merupakan kondisi normal yang bisa terjadi pada kuku seseorang. Melanocychia linier bisa timbul dikarenakan adanya pigmen pada kuku yaitu melanosit dalam jumlah yang terlalu banyak. Terlalu banyak pigmen melanosit pada kuku dapat menimbulkan garis hitam pada kuku.
Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
Deteksi Penyakit lewat Kuku Bergaris Hitam

Kuku merupakan salah satu bagian terluar dari tubuh yang memiliki beragam fungsi. Selain sebagai perlindungan, ternyata kuku dapat memberikan berbagai informasi terkait kondisi tubuh. 

Salah satu tanda pada kuku yang menunjukkan penyakit yang mungkin diderita adalah adanya garis hitam atau gelap yang melintang di kuku. Tanda garis hitam ini bisa jadi merupakan tanda adanya melanoma (kanker kulit) atau bisa jadi merupakan hal yang normal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait fakta kuku dengan garis hitam, simak penjelasannya berikut ini:

Fakta mengenai kuku bergaris Hitam

Meski Anda memiliki kuku dengan garis hitam di dalamnya, Anda sebenarnya tidak perlu langsung takut dan khawatir. Meski begitu, Anda memang sebaiknya memeriksakan diri ke dokter sebagai bentuk antisipasi. 

Kuku dengan garis hitam sendiri bisa jadi merupakan hal yang normal hingga kemungkinan penyakit serius. Lantas apa sajakah penyebab kuku bisa memiliki garis hitam di dalamnya?

Penyebab kuku dengan garis hitam

Umumnya, kuku yang memiliki garis hitam di dalamnya merupakan gejala atas kondisi melanocychia linier. Garis-garis ini umumnya akan muncul terjadi pada keturunan Afrika-Amerika dengan usia 20an ke atas, menurut United Kingdom’s National Health Service.

Kondisi melanocychia linier sendiri sebenarnya merupakan kondisi normal yang bisa terjadi pada kuku seseorang. Melanocychia linier bisa timbul dikarenakan adanya pigmen pada kuku yaitu melanosit dalam jumlah yang terlalu banyak. Terlalu banyak pigmen melanosit pada kuku dapat menimbulkan garis hitam pada kuku.

Selain melanocychia linier, ada beberapa penyebab kurang umum yang masih dapat menimbulkan garis kehitaman di kuku:

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Selain kondisi yang telah disebutkan di atas, penyebab lain munculnya garis kehitaman pada kuku adalah dikarenakan terjadi pendarahan di bawah kuku. Hal ini bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah di bawah kuku. Kondisi ini bisa muncul karena tekanan benda tumpul dan sebagainya.

Kondisi lain yang lebih mengkhawatirkan adalah melanoma. Melanoma merupakan sejenis kanker kulit yang berbahaya. Melanoma yang muncul di bagian bawah kuku dikenal sebagai melanoma subungual. 

Menurut jurnal medis, setengah dari melanoma yang muncul pada bagian anggota gerak seperti tangan dan kaki disebabkan oleh acral lentiginous melanoma (ALM).

Diagnosis seseorang dengan kuku bergaris hitam

Ketika Anda memeriksakan diri ke dokter dengan keluhan kuku bergaris hitam, dokter mungkin akan memberikan beberapa pertanyaan seperti:

  • Sudah berapa lama Anda memiliki garis hitam tersebut. Bisa sejak kapan Anda mulai menyadari timbulnya garis hitam tersebut
  • Apakah ada perubahan pada garis tersebut semenjak Anda menyadari kemunculannya? Misal semakin memanjang, melebar, atau warna semakin gelap dan sebagainya
  • Apa sebelum muncul garis hitam ini Anda melakukan suatu pekerjaan yang bisa menyebabkan kuku terbentur benda keras?

Dokter mungkin juga akan melihat riwayat obat dan penyakit yang pernah Anda alami. Untuk mengecek apakah ini merupakan tanda kanker atau bukan, dokter akan mengambil sampel kuku tersebut untuk dicek di lab oleh ahli patologi.

Gejala kuku garis hitam

1. Melanonchia linier

Kuku memiliki garis hitam melintang dengan warna yang berkisar dari hitam sampai abu-abu. Garis ini dapat muncul pada dua sampai lima kuku jari tangan.

2. Subungual melanoma

Garis biasanya hanya muncul di satu kuku dengan gejala yang semakin melebar seiring waktu. Kuku juga bisa mengalami pendarahan hingga nyeri. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nail problems. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/nail-problems/)
Black Line on the Nail: Causes, Treatments, Pictures and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/black-line-on-the-nail)
Black line on the nail: Causes, treatments, and pictures. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320687.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app