Desonide: Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Feb 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 238.600 orang

Jika Anda menderita eksim (dermatitis atopik), Anda mungkin bertanya-tanya apakah krim desonide adalah pilihan perawatan yang baik untuk Anda. Artikel ini akan membahas beberapa pro dan kontra penggunaan krim Desonide untuk eksim.

Apa itu Desonide?

Desonide adalah obat topikal kortikosteroid (obat kortikosteroid yang digunakan dengan cara diterapkan pada bagian tubuh tertentu). Desonide tersedia dalam lima bentuk, yang semuanya topikal. Bentuk-bentuk ini adalah krim, lotion, salep, gel, dan busa.

Krim topikal Desonide dijual dengan merek dagang DesOwen Cream. Obat ini juga tersedia sebagai obat generik. Obat generik biasanya lebih murah. Dalam beberapa kasus, mungkin perbedaan merek dan harga dapat mempengaruhi kualitas dari masing-masing obat.

Apa kegunaan dari Desonide?

Krim topikal Desonide digunakan untuk mengobati masalah kulit yang dapat menyebabkan gatal, kemerahan, atau pembengkakan.

Bagaimana obat ini bekerja?

Desonide termasuk dalam kelas obat yang disebut kortikosteroid topikal. Kelas obat adalah sekelompok obat yang bekerja dengan cara yang sama. Obat ini sering digunakan untuk mengobati kondisi serupa.

Kortikosteroid topikal diserap ke dalam sel-sel kulit. Mereka menghentikan sel-sel agar tidak memproduksi bahan kimia tertentu yang menyebabkan peradangan. Zat kimia ini biasanya dilepaskan ketika kulit bereaksi terhadap iritasi atau alergen (zat yang menyebabkan reaksi alergi).

Bagaimana cara penggunaan Desonide?

Dosis, bentuk obat, dan seberapa sering Anda menggunakan obat ini tergantung pada:

  • usia
  • kondisi kesehatan
  • seberapa parah kondisi Anda
  • kondisi medis lain yang Anda miliki
  • reaksi terhadap penggunaan pertama

Bentuk dan kekuatan obat

  • Generik: Desonide
  • Bentuk: krim topikal
  • Kekuatan: 0,05%
  • Merek: DesOwen Cream

Dosis untuk peradangan dan gatal-gatal karena iritasi kulit

  • Dosis dewasa (usia 18 tahun ke atas): Oleskan krim desonide film tipis ke daerah yang terkena dua sampai tiga kali per hari.
  • Dosis anak (usia 0 hingga 17 tahun): Desonide digunakan sebagai perawatan jangka pendek.

Desonide harus digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Jika digunakan secara sembarangan, obat ini mungkin akan menimbulkan efek samping yang cukup serius. 

Jika Anda berhenti minum obat secara tiba-tiba atau tidak meminumnya sama sekali: Masalah kulit Anda, seperti gatal, kemerahan, atau pembengkakan, mungkin tidak hilang. Atau mereka mungkin menjadi lebih buruk.

Jika Anda melewatkan dosis atau tidak meminum obat sesuai jadwal: Obat Anda mungkin tidak bekerja dengan baik atau mungkin berhenti bekerja sepenuhnya.

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak: Anda dapat memiliki tingkat obat yang berbahaya di dalam tubuh Anda. Gejala overdosis obat ini dapat meliputi:

  • kelelahan
  • depresi
  • kegelisahan
  • kelaparan
  • keringat berlebih
  • sering memar
  • sulit tidur

Jika Anda merasa sudah terlalu banyak menggunakan obat ini, hubungi dokter atau segera pergi ke rumah sakit setempat.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat ini?

Efek samping yang paling umum terjadi berkaitan dengan penggunaan krim desonide adalah sakit kepala dan rasa terbakar atau iritasi di tempat pengobatan.

Efek samping lain mungkin termasuk: penipisan kulit di mana krim desonide diterapkan (lebih sering terjadi dengan penggunaan jangka panjang), jerawat di mana obat diterapkan, gatal, folikulitis, dan pigmentasi (perubahan warna) kulit pada daerah di mana obat tersebut diterapkan.

Ada risiko steroid topikal diserap ke dalam aliran darah dan mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk menghasilkan hormon steroid itu sendiri. 

Hal ini lebih sering terjadi pada anak-anak yang menggunakan steroid topikal daripada orang dewasa dan risikonya meningkat tergantung pada kekuatan steroid yang digunakan.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus selalu menggunakan steroid topikal dengan kekuatan terendah yang diperlukan untuk mengontrol kondisi Anda untuk waktu sesingkat mungkin. 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan menerapkan obat ini pada kulit dengan luka terbuka, karena akan sangat meningkatkan jumlah obat yang dapat diserap ke dalam aliran darah Anda.

Alergi dan Interaksi yang dapat timbul berkaitan dengan penggunaan obat ini

Anda mungkin akan mengalami reaksi alergi yang serius terhadap penggunaan krim desonide. 

Segera cuci obat dan dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami kemerahan dan gatal-gatal yang ekstrem disertai pembengkakan, kesulitan bernapas (mengi), atau gejala lain apa pun yang tampaknya mengkhawatirkan.

Penelitian belum bisa menyimpulkan tentang penggunaan obat ini saat hamil atau menyusui. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan ini jika Anda sedang hamil atau menyusui dan segera hubungi dokter Anda jika Anda sedang hamil saat minum obat ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit