Deretan Penumbuh Rambut Alami yang Dapat Anda Coba

Dipublish tanggal: Sep 9, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit

Umumnya kerontokan rambut yang bisa dibilang normal jika kerontokan rambut yang Anda alami tidak melebihi 100 helai per hari. 

Akan tetapi bila jumlah rambut rontok  melebihi jumlah tersebut, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan sekaligus pengobatan salah satunya dengan memanfaatkan penumbuh rambut alami. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Sejumlah penyebab rambut rontok bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya saja faktor stres yang dialami, mengidap penyakit tertentu, faktor genetik, bertambahnya usia, hingga adanya perubahan hormonal.

Berbagai Penumbuh Rambut Alami

Salah satu cara mengatasi rambut rontok dan masalah kebotakan yang dialami adalah dengan menggunakan produk penumbuh rambut alami. Berikut ini beberapa penumbuh rambut alami yang bisa Anda coba.

Protein

Protein merupakan salah satu kandungan yang kita butuhkan untuk pertumbuhan sekaligus membuat rambut menjadi lebih sehat. 

Saat kekurangan asupan protein yang tidak cukup, hal  ini akan berdampak buruk bagi rambut, membuat siklus hidup rambut terganggu dan membuatnya gampang sekali rontok sekitar 2 hingga 3 bulan. 

Beberapa bahan makanan yang sering kita konsumsi memiliki cukup banyak kandungan protein alami. Mulai dari telur, kacang-kacangan, udang, kepiting, ikan dan berbagai jenis hewan laut, hingga daging dan susu.

Biotin

Biotin juga terbilang menjadi kandungan yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Dengan mengkonsumsi 30 mikrogram biotin setiap harinya, hal ini dipercaya bisa membantu Anda mencegah kerontokan serta kerapuhan yang sering dialami oleh rambut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Asupan biotin sendiri bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan seperti keju, kayu manis, telur ayam, kacang-kacangan termasuk polong, gandum utuh, hati, ginjal, hingga buah segar seperti pisang serta jamur.

Kayu manis

Kandungan yang terdapat dalam kayu manis bermanfaat untuk sirkulasi serta aliran darah menjadi lebih lancar. 

Akibatnya, folikel rambut bisa dengan mudah mendapatkan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan dan dialirkan melalui aliran darah. 

Cara penggunaannya, Anda tinggal remah penumbuh rambut ini ke atas oatmeal, roti panggang, atau kopi yang Anda sedu.

Minyak alami

Sudah sejak berabad-abad yang lalu, minyak esensial dimanfaatkan dalam bidang pengobatan dan kosmetik. Ada beberapa jenis minyak esensial yang ditahui memiliki kandungan yang baik bagi rambut. 

Mulai dari minyak aras, minyak lidah buaya, clary sage, hingga rosemary. Pada kandungan dalam minyak tersebut secara efektif bisa merangsang kulit kepala dan pertumbuhan akan rambut, hingga meningkatkan sirkulasi aliran darah yang ada di kulit kepala sekaligus berperan sebagai penumbuh rambut yang alami.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Sebelum Anda menggunakan berbagai produk penumbuh rambut alami yang sudah dibahas di atas, alangkah baiknya Anda melakukan sesi konsultasi dengan dokter untuk menghindari resiko iritasi pada kulit kepala atau hal lain yang tidak diinginkan. 

Konsultasikan juga asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut yang bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan, terlebih bila saat ini Anda tengah mengalami kondisi kesehatan tertentu yang mengganggu kinerja tubuh.

Cara merawat rambut agar tetap sehat berkilau

Selain mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi, ada pula langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk merawat agar rambut selalu dalam kondisi sehat.

Mulailah dari kulit kepala 

Kulit kepala merupakan dasar dari rambut yang sehat. Oleh sebab itu penting sekali merawat kulit kepala agar tetap sehat  dan bisa menerima pasokan dari darah dengan lancar. 

Beberapa ahli kesehatan dan kecantikan menyarankan untuk memilih produk perawatan rambut yang di dalamnya mengandung fatty alcohol.

Keramas 2 hingga 3 kali sekali

Untuk menjaga agar rambut sehat Anda juga perlu rutin menjaga kesehatan rambut dengan cara keramas minimal 2 hingga 3 kali sehari. 

Selain itu, saat keramas lakukan pijat kulit kepala kurang lebih 30 menit agar sirkulasi darah di dalam kepala bisa mengalir dengan lancar.

Memilih produk perawatan rambut yang sesuai

Hal ini juga menjadi langkah penting untuk mendapatkan rambut selalu sehat berkilau. Bila Anda memilih produk perawatan rambut yang tidak sesuai, hal tersebut tentu saja bisa berdampak buruk bagi rambut bahkan bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala. 

Oleh karena itu, pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai, tanpa pengawet dan zat kimia berbahaya serta memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
21 Causes of Hair Loss and How to Treat It. Health.com. (https://www.health.com/beauty/21-causes-of-hair-loss-and-what-you-can-do-about-it)
10 ways of treating female hair loss. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327194)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app