Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Deretan Olahraga Mudah di Rumah dengan Hasil Maksimal

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 797.335 orang

Olahraga menjadi kegiatan bermanfaat yang dapat menyeimbangkan kehidupan Anda. Terhindar dari beragam penyakit, memperbaiki Insulin tubuh dan menjadikan kualitas hidup lebih meningkat dari biasanya menjadi manfaat lainnya. 

Menurut para ahli, makna olahraga secara luas adalah segala bentuk kegiatan yang mampu mengeluarkan sejumlah keringat dari dalam tubuh.

Saat ini tingginya kesadaran berolahraga didukung dengan fasilitas penyedia perlengkapan olahraga. Mulai yang tersedia secara gratis dan berbayar melalui studio olahraga tertentu.

Jenis-Jenis Olahraga dari Rumah

Berolahraga di rumah bisa menjadi pilihan bagi yang sulit menemukan waktu untuk berolahraga di tempat kebugaran, selain itu Anda tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk satu kali sesi latihan

Rasakan beragam manfaat namun tidak mengabaikan kewajiban untuk tetap bekerja dan mengurus rumah dengan baik.

Inilah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan dari rumah, antara lain:

Push Up

Jenis olahraga satu ini sangat familiar untuk dilakukan siapa saja dalam beragam kesempatan dan tidak memerlukan alat khusus. Push Up juga bermanfaat untuk melatih otot Bisep dan Trisep menjadi lebih kuat.

Cara mudah melakukan Push Up adalah dimulai dengan posisi tengkurap dan telapak tangan menyentuh lantai atau matras di setiap sisi tubuh. Tangan berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan tubuh secara berulang, pastikan tetap lurus agar seimbang dan usahakan perut tidak menyentuh matras.

Lakukan push Up dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan postur tubuh ideal dan bebas selulit, selain itu lakukan kombinasi Push Up seperti tangan mengepal atau kaki yang ditumpu pada satu kaki lainnya.

Sit Up

Otot perut menjadi bagian tubuh yang berperan penting sebagai pendukung terbentuknya tubuh Six Pack. Gerakan Sit Up juga bertumpu pada pinggul dan pantat dengan posisi lutut ditekuk. 

Anda bisa memulai Sit Up dengan posisi tangan di belakang kepala atau di depan dada sebagai kombinasi gerakan. Kemudian posisi kaki harus mencengkeram kuat dan gunakan bantuan kursi atau meminta bantuan supaya seseorang bisa menahan ujung kaki.

Jenis olahraga ini bisa dilakukan di berbagai tempat, mulai dari tempat yang luas bahkan sempit sekalipun tanpa menghilangkan esensi manfaat bagi kesehatan.

Lompat Tali

Jenis olahraga ini memiliki banyak manfaat seperti membantu menurunkan berat badan karena mampu membakar lemak dengan cepat. Selain itu otot akan terbentuk menjadi lebih kencang. 

Lompat tali juga akan meningkatkan pertumbuhan tinggi badan terutama pada masa pertumbuhan. Lakukan olahraga ini selama 30 menit untuk memperoleh hasil efektif seperti kelenturan dan menambah tingkat konsentrasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Wall Sit

Jenis olahraga ini akan melatih kekuatan otot bagian bawah terutama kaki. Anda harus berada pada posisi berdiri dengan tubuh menempel ke dinding, kemudian ambil satu langkah ke depan dan diikuti kaki lainnya. 

Tahan posisi tersebut seolah kini sedang duduk di atas kursi dan akhiri dengan mengembalikan posisi kaki seperti semula.

Efek pertama yang akan Anda rasakan adalah sakit di bagian betis dan paha, namun jangan khawatir sebab gejala tersebut sebagai efek samping sementara.

Lari di Tempat

Berlari di tempat bisa menjadi pilihan jenis olahraga di dalam rumah, manfaat yang dihasilkan serupa dengan manfaat melakukan jogging di luar ruangan seperti membakar kalori

Selain itu Anda tidak memerlukan ruang yang luas untuk melakukannya setiap hari. Diyakini dapat membantu kesehatan organ paru, jantung, tulang dan tentu saja menjaga kebugaran tubuh menjadi lebih fit untuk beraktivitas.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit