Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Daun Binahong dan Sejuta Manfaatnya

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 970.864 orang

Apakah kamu pernah mendengar daun binahong? Daun binahong memang belum sepopuler daun sirih atau daun-daun lainnya, namun manfaat ajaib yang bisa diberikan oleh daun binahong tidaklah sedikit. 

Alangkah baiknya bila kamu mengetahui manfaat dari daun obat satu ini karena siapa tahu kelak kamu membutuhkan daun binahong ini untuk pengobatanmu atau orang-orang disekitarmu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa itu Daun Binahong?

Daun binahong dalam ilmiah Anredera cordifolia merupakan daun yang kaya akan manfaat dan sudah dipakai sejak jaman dahulu kala sebagai bahan ramuan herbal dalam ilmu pengobatan China lama untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

Penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan tanaman herbal menemukan fakta ajaib dan menyatakan bahwa di dalam daun binahong terdapat kandungan :

  • Zat antioksidan  Mampu menagkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogenik yang dapat memicu sel kanker. Mengkonsumsi daun binahong, dapat menurunkan risiko kanker seperti juga pada manfaat daun sirsak atau manfaat kulit manggis.
  • Zat alkaloid  Diantaranya lagi adalah zat alkaloid yang umum digunakan pada penderita diabetes, karena memiliki sifat hipoglikemik yang akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Saponin  Lain lagi dengan senyawa saponin yang memberikan penurunan terhadap kadar kolesterol yang menyehatkan jantung. Berbagai macam manfaat daun binahong inilah yang banyak menjadikan daun binahong sebagai tanaman herbal alternatif untuk pengobatan berbagai penyakit.

Selain tiga zat utama diatas yang terkandung dalam daun binahong, masih terdapat kandungan lainnya seperti flavonoid, minyak atsiri, asam askorbat, asam oleanolic serta  senyawa-senyawa dan vitamin lainnya yang juga baik bagi kesehatan tubuhmu sehingga tidaklah heran bila sedari dulu di negara asalnya China, seluruh bagian tanaman binahong sudah digunakan untuk pengobatan herbal tradisional China, termasuk bagian umbi,batang dan daunnya.

8 Manfaat Daun Binahong

Berikut ini ialah manfaat dan khasiat ajaib yang dapat diberikan daun binahong terhadap kesahatan tubuh kamu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Sebagai Antioksidan yang Baik Bagi Tubuh
  • Obat Herbal Anti Kanker
  • Mempercepat Penyembuhan pada Lukamu
  • Mencegah Diabetes
  • Mencegah Tekanan Darah Rendah
  • Mengobati Sakit Maag
  • Mengobati Batuk Berdarah
  • Melancarkan Haid

Kandungan antioksidan yang kaya dan terdapat dalam daun binahong terbukti dapat menangkal berbagai radikal bebas yang tidak baik bagi tubuh manusia sehingga dapat mencegah kamu untuk terjangkit berbagai macam penyakit.

Seperti yang disebutkan di poin pertama, kandungan antioksidan yang kaya dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogenik yang bisa memicu sel kanker. Selain itu, kandungan vitamin C dalam daun binahong juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh mu. 

Kamu cukup mengkonsumsi daun binahong untuk menurunkan kemungkinan kanker yang bisa menyerang tubuhmu serta menjadikan tubuhmu lebih sehat dan fit.

Kandungan dalam daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam askorbat yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk menutup luka dan menjadikan daun binahong sebagai antiseptik alami. 

Untuk merasakan khasiat daun binahong yang satu ini, kamu cukup mencuci beberapa lembar daun binahong hingga bersih, menumbuknya hingga halus, lalu kemudian oleskan pada bagian yang terluka. Lakukan berulang-ulang hingga lukamu cepat menutup dan sembuh.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kandungan zat alkaloid yang terdapat dalam daun binahong dapat membantu memulihkan kesehatan bagi penderita diabetes. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hal ini dikarenakan zat alkoloid memiliki sifat hipoglikemik yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga daun ini baik sekali dikonsumsi oleh para penderita penyakit diabetes.

Khasiat daun binahong sering digunakan dalam pengobatan tradisional atau herbal jaman dahulu ialah untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah. 

Dimana tekanan darah rendah dapat membuat tubuh kamu mudah merasa lemas dan lesu. Untuk merasakan manfaat daun binahong satu ini, kamu dapat mengkonsumsi daun binahong secara rutin untuk menormalkan tekanan darahmu.

Khasiat daun binahong yang selanjutnya yaitu dapat menjadi obat untuk mengobati sakit maag. Untuk membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencuci sekitar sepuluh lembar daun binahong, merebusnya dengan satu gelas air hingga mendidih. 

Air rebusan daun binahong tersebut dapat kamu konsumsi selama tiga kali sehari.

Daun binahong juga merupakan daun yang baik untuk meredakan gejala batuk. Daun binahong sangat efektif untuk menghentikan pendarahan yang terjadi ketika sakit batuk menjadi semakin parah atau batuk berdarah.

Bagi kamu atau para wanita yang menstruasinya tidak lancar bisa mencoba ramuan daun binahong untuk mengatasinya. Caranya muda yaitu dengan merebus 3 lembar daun binahong dengan air sebanyak 2 gelas. 

Namun rebus hingga mendidih dan menyisakan air sebanyak 1 gelas. Setelah itu saring dan minum air rebusan tersebut setiap hari.

Setelah kamu membaca banyaknya khasiat daun binahong, apa kamu masih ragu untuk mengkonsumsi daun ini? Ya pilihlah obat-obatan herbal yang fungsi nya sudah tidak usah kamu ragukan lagi terutama daun binahong yang memang sudah dari dahulu menjadi bahan dari ramuan herbal yang baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Selamat mencoba Guys. 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini