Daftar Makanan Dan Minuman Penghilang Bau Mulut

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Daftar Makanan Dan Minuman Penghilang Bau Mulut

Bau mulut merupakan masalah yang sangat mengganggu semua orang. Apabila Anda rajin menyikat gigi dan menggunakan obat kumur, tetapi bau mulut masih juga muncul, berarti hal itu terjadi karena makanan dan minuman yang Anda konsumsi. 

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang pasalnya dapat membuat napas Anda tidak segar selama beberapa jam, sehingga muncullah bau mulut dan dapat membuat orang di sekitar Anda menjadi tidak nyaman. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Meskipun demikian, ada juga makanan dan minuman yang dapat membantu menghilangkan bau mulut. 

Makanan dan minuman pemicu bau mulut 

Beberapa makanan dan minuman yang menjadi penyebab bau mulut dilansir dari WedbMD adalah sebagai berikut: 

Bawang putih dan bawang bombay 

Meskipun dua bahan diatas menjadi bahan dasar untuk membuat masakan menjadi lebih sedap, tetapi menurut Lisa Harper Mallone, MPH, RD, seorang profesor di Texas A&M Health Science Center Baylor College of Dentistry, bawang putih dan bawang bombay berada pada daftar teratas makanan yang menjadi penyebab bau mulut. 

Bau mulut terjadi karena sulfur yang terkandung dalam dua bawang ini masih tertinggal di dalam mulut dan kemudian di serap ke dalam aliran darah. Setelah itu, hasil serapan dikeluarkan ketika Anda bernapas. 

Kopi dan alkohol 

Kopi dan alkohol merupakan minuman yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. 

Selain itu, dua minuman yang banyak digemari ini dapat membuat mulut kering karena salive akan berkurang dan membuat bakteri penyebab bau mulut tinggal lebih lama. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Makanan dan minuman yang dapat menghilangkan bau mulut 

Selain menghindari makanan yang menjadi penyebab bau mulut, Anda dapat mengonsumi makanan dan minuman yang dapat mencegah bau mulut. Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengurangi bau mulut, seperti: 

Keju dan yogurt 

Keju merupakan salah satu makanan yang dapat mengurangi bau mulut. Seorang ahli kebersihan gigi di Charlottetown, Julie Linzel, mengatakan bahwa dengan mengonsumsi sepotong keju setelah makan, Anda bisa menetralisir asam makanan yang tertinggal di gigi dan menjadi penyebab bau mulut. 

Tidak hanya keju, yogurt tanpa gula juga dapat menghilangkan bau mulut. Sebuah studi di jepang menemukan bahwa dengan memakan yogur dua kali sehari, orang dapat mengurangi bau mulut yang tercipta akibat bakteri. 

Yogurt dapat mengurangi kadar hidrogen sulfida yang dapat menyebabkan bau mulut. 

Air putih 

Tidak hanya menjadi kebutuhan utama bagi tubuh, air putih ternyata mampu mengurangi bau mulut yang tidak sedap. 

Amy Jamieson-Petonic, seorang juru bicaca untuk Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan bahwa aroma napas Anda akan menjadi lebih baik dengan minum air putih. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Air putih akan melembapkan mulut dan tenggorokan, serta membersihkan bakteri dan sisa makan yang menjadi pemicu bau mulut. 

Tidak hanya itu, meminum air putih dapat membuat produksi saliva meningkat. Saliva akan bekerja sebagai agen yang membersihkan dan menghilangkan zat penyebab bau mulut dalam makan dan minuman

Permen karet bebas gula 

Permen karet bebas gula menjadi salah satu camilan yang dapat membantu Anda mengurangi bau mulut karena meningkatkan peredaran saliva dalam mulut. 

Anda bisa mengunyah permen karet dengan rasa mint karena dapat menutupi bau mulut, atau rasa cinnamon yang dapat menghentikan bau pada sumbernya. 

Makanan kaya vitamin C 

Makanan yang kaya akan vitamin C seperti paprika dan brokoli merupakan jenis makanan yang membuat lingkungan menjadi tidak nyaman bagi bakteri penyebab bau mulut. 

Akan lebih baik lagi apabila makanan tersebut di makan mentah karena akan lebih renyah serta menimbulkan abrasi yang dapat melepas sisa-sisa makanan yang masih tertinggal digigi.

Apel 

Buah yang menjadi favorit banyak orang ini ternyata mampu mengurangi bau mulut karena kaya akan serta. Dengan mengunyah apel, mulut akan memproduksi banyak saliva yang dapat mengurangi plak dan sisa makanan di gigi, yang menjadi sumber penyebab bau mulut. 

Teh hijau 

Tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, antioksidan yang terdapat pada teh hijau ini dapat membantu mengurangi bau mulut. Flavonoid dalam teh hiaju dapat mengusir senyawa sulfur penyebab bau mulut. 

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Macfarlane TV, et al. (2010). Mouthwash use in general population: Results from adult dental health survey in Grampian, Scotland. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3886070/)
Demke R, et al. (2012). Plaque inhibition: the science and application of oral rinses. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22413389)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app