5 Cara Alami Mengatasi Garis Halus dan Keriput di Wajah

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
 5 Cara Alami Mengatasi Garis Halus dan Keriput di Wajah

Menjadi tua adalah hal yang pasti terjadi pada setiap orang. Bersamaan dengan pertambahan usia tersebut terkadang mau atau tidak, perubahan fisik mungkin saja terjadi, termasuk munculnya beberapa guratan garis halus atau keriput yang muncul di kulit wajah sebagai tanda penuaan.

Meskipun berbagai perubahan yang disebabkan oleh efek pertambahan usia yang terjadi pada wajah tidak dapat dihindari, tetapi ternyata ada banyak solusi ampuh untuk membantu mengatasi garis halus dan keriput yang timbul pada wajah. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah untuk mendapatkan wajah cantik dan sehat. Apa saja?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5 Cara Alami Mengatasi Garis Halus dan Keriput di Wajah

1. Gunakan Susu Segar dan Madu untuk Membersihkan Wajah

Seperti yang diketahui, madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain untuk diminum, madu bisa Anda gunakan juga sebagai pelembab pada kulit wajah dan untuk membantu mencegah keriput. Tidak hanya madu, susu segar yang memiliki kandungan asam laktat juga berguna untuk membersihkan pori-pori kulit dari paparan debu sehingga kolagen dapat diproduksi secara maksimal pada wajah.

Untuk membersihkan wajah ataupun untuk mengatasi garis halus dan keriput di wajah, Anda dapat mencampurkan susu dan madu lalu mengoleskannya ke wajah secara merata, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Tetapi jika kulit mengalami iritasi, hentikan perawatan dan segera tempelkan es batu pada wajah untuk mengurangi peradangan.

2. Cegah Kulit Mati yang Menumpuk dengan Toner Air Lemon dan Gula

Buah lemon yang kaya akan vitamin C berperan penting dalam membantu kulit memproduksi kolagen serta sangat baik digunakan untuk kulit berminyak. Kandungan lain pada lemon seperti asam sitrat juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, tambahan kandungan asam glikolat dari gula juga berfungsi untuk regenerasi kulit yang rusak, mengencangkan dan mencerahkan kulit, serta mengurangi komedo pada wajah.

3. Gunakan Putih Telur Sebagai Masker Wajah

Meskipun efek yang diberikan hanya bersifat sementara, tetapi kandungan astringent yang terdapat di dalam putih telur bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya untuk menggunakan masker putih telur secara rutin. Tak hanya menggunakan putih telur, Anda dapat mencoba berbagai bahan masker wajah lainnya untuk membuat kulit tampak lebih putih dan cerah.

Baca juga: Resep Masker Wajah Alami yang Memutihkan dan Mencerahkan

4. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Selain melakukan perawatan alami langsung pada wajah, Anda juga dapat menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan tertentu seperti berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Makanan kaya antioksidan seperti blueberry dapat membantu melawan radikal bebas yang menyerang kulit termasuk munculnya kerutan pada wajah
  • Vitamin yang terkandung pada telur, daging, ataupun kacang-kacangan dan gandum utuh serta mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, maupun vitamin lain yang dapat menjaga kesehatan kulit
  • Omega 3 yang terdapat pada ikan salmon dan ikan laut jenis lainnya dapat membantu melembabkan kulit dan menjaga asupan cairan pada kulit

Baca juga: Jenis Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

5. Lakukan Senam Wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang dan cerah serta mengatasi garis halus dan keriput, Anda dapat melakukan pemijatan wajah dengan cepat pada bagian kelenjar getah bening dan maksimalkan dengan melakukan senam wajah. 

Berikut beberapa langkah senam wajah:

  • Pijatlah wajah dengan gerakkan melingkar menggunakan jari tengah dan telunjuk
  • Mulai dari bagian bawah telinga menuju bagian leher
  • Lanjutkan ke area bawah dagu, bawah rahang, dan ke area telinga
  • Pijat bagian dalam terlebih dahulu baru ke ujung telinga luar
  • Lanjutkan ke bagian pelipis kemudian turun ke bagian sisi wajah

Selain 5 cara alami mengatasi garis halus dan keriput di wajah, mulailah kebiasaan sehat dengan menjaga pola makan serta berolahraga secara teratur. Karena selain baik untuk kesehatan juga baik untuk kecantikan kulit terutama wajah.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app