Kesehatan Mulut dan Gigi

5 Langkah Mudah Meredakan Gigi Ngilu yang Menyiksa

Dipublish tanggal: Nov 4, 2019 Update terakhir: Agu 5, 2020 Tinjau pada Nov 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
5 Langkah Mudah Meredakan Gigi Ngilu yang Menyiksa

Gigi yang tiba-tiba terasa ngilu atau nyeri adalah hal yang cukup lumrah terjadi, biasanya terasa setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman tertentu seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Gigi yang nyeri ini akan membuat Anda tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sudah tahu bagaimana cara meredakan gigi ngilu dengan cepat? Berikut tips dan triknya.

Cara meredakan gigi ngilu secara mandiri 

Gigi ngilu umum dialami oleh remaja hingga orang dewasa. Sekitar 50% orang berusia 18 sampai 25 tahun pasti pernah mengalami gigi ngilu. Meski demikian, bukan hal yang tidak mungkin anak-anak dan orang lanjut usia bisa merasakan keluhan gigi ngilu ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penyebab utama dari munculnya gigi sensitif adalah terkikisnya enamel gigi, yaitu jaringan keras yang melapisi permukaan gigi. Fungsi enamel itu sendiri adalah untuk melindungi gigi dari makanan dan minuman yang bisa merusak gigi. Kalau enamel yang menjadi pelindung gigi ini terkikis, maka makanan yang Anda konsumsi akan langsung kena di ujung syaraf dan akhirnya menimbulkan rasa ngilu. 

Baca Selengkapnya: 13 Penyebab Gigi Ngilu yang Mungkin Tak Terduga Sebelumnya

Gigi yang terasa ngilu sudah pasti menyiksa, apalagi sampai bikin Anda susah makan. Tenang, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gigi ngilu dengan cepat, antara lain:

1. Menyikat gigi pelan-pelan

Meskipun sedang terburu-buru, jangan pernah menyikat gigi dengan kasar. Anda harus menyikat gigi dengan pelan-pelan dan menyeluruh agar tidak semakin melukai lapisan enamel gigi.

Selain menyikat gigi secara perlahan, Anda juga harus menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu lembut. Pasalnya, menggunakan sikat gigi yang kasar justru akan membuat gigi terasa makin ngilu.

2. Menghindari makanan penyebab gigi ngilu 

Ada beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab gigi ngilu, misalnya saja makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam. Anda juga sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas. Hal ini akan membuat gigi semakin terasa sensitif dan membutuhkan penanganan khusus. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Menunda menyikat gigi 

Jangan langsung buru-buru menyikat gigi, terutama setelah Anda mengonsumsi makanan yang asam. Zat asam dari makanan memang dapat membuat enamel jadi lebih lunak dan menipis, tapi kalau langsung menyikat gigi malah bisa membuat lapisan enamel rentan terkikis.

Maka itu, sebaiknya tunggu dulu sekitar 30 menit sebelum mulai menyikat gigi setelah makan. Selain itu, Anda juga harus menghindari kebiasaan mengunyah es batu karena bisa menipiskan lapisan email gigi. 

4. Menghindari kebiasaan yang menyebabkan gigi rusak 

Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan gigi menjadi rusak adalah menggertakkan gigi. Menghentikan kebiasaan ini memang cukup sulit, tapi Anda bisa meminta saran dari dokter tentang bagaimana cara menghentikannya. Salah satu solusinya, Anda bisa mengunyah permen karet untuk menahan hasrat menggertakkan gigi.

Baca Juga: Kebiasaan Menggertakkan Gigi

5. Menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif 

Pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif umumnya mengandung formula strontium acetate. Apabila gigi terasa ngilu, maka Anda bisa mengoleskan pasta gigi langsung ke gigi sebelum mengoleskannya ke sikat gigi. Kandungan strontium acetate yang ada pada pasta gigi bisa membentuk lapisan gigi dengan cepat. 

Sesibuk apa pun kegiatan Anda, jangan pernah terburu-buru saat makan, minum, dan menyikat gigi. Ingat, menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah kunci paling penting untuk meredakan gigi ngilu. 

Cara termudah untuk meredakan gigi ngilu adalah dengan rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari menggunakan pasta gigi khusus. Sempatkan juga untuk periksa gigi minimal 6 bulan sekali. Dengan demikian, Anda dapat terus memantau kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda agar terbebas dari berbagai risiko penyakit.

Baca Juga: Mengapa Pemilik Gigi Sensitif Memerlukan Pasta Gigi Khusus?

26 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Toothache Home Remedies, Medicine, Pain Relief, Causes, Cure. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/toothache_overview/article.htm)
How to Relieve Pain From a Cracked or Broken Tooth. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/toothache-relief-from-a-cracked-or-broken-tooth-1059317)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app