Cara Menjaga Kesehatan Otot Agar Terhindar dari Nyeri dan Pegal

Ketika anda ingin menjaga kesehatan otot, bukan berarti anda harus selalu mengolah tubuh di tempat gym yang membutuhkan biaya yang cukup banyak. Tak perlu khawatir karena anda bisa menjaga kesehatan otot secara mudah dan murah dengan menerapkan beberapa cara berikut ini.
Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Menjaga Kesehatan Otot Agar Terhindar dari Nyeri dan Pegal

Otot-otot pada tubuh manusia akan terus dipergunakan sejak bangun tidur sampai tidur kembali. Dengan memiliki otot tubuh yang sehat dan kuat maka anda bisa bergerak secara bebas dan bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa kendala. 

Supaya anda terhindar dari gangguan otot seperti nyeri dan pegal-pegal maka anda perlu melakukan beberapa cara menjaga kesehatan otot. Untuk itulah dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara menjaga kesehatan otot yang bisa anda terapkan setiap hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara mudah menjaga kesehatan otot

Ketika anda ingin menjaga kesehatan otot, bukan berarti anda harus selalu mengolah tubuh di tempat gym yang membutuhkan biaya yang cukup banyak. Tak perlu khawatir karena anda bisa menjaga kesehatan otot secara mudah dan murah dengan menerapkan beberapa cara berikut ini.

1. Mempertahankan berat badan yang ideal

Saat berat badan anda berlebih, maka tekanan pada otot juga semakin besar. Ini menjadikan kerja otot semakin keras. Hal ini akan membuat otot mudah lelah serta cepat mengalami tegang. Efeknya anda akan merasakan kondisi yang tidak nyaman selama beraktivitas. 

Untuk memperoleh berat badan yang ideal maka anda bisa menjalani pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang lalu batasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh maupun kolesterol.

Biasakan juga rutin berolahraga minimal 30 menit perhari agar kalori ekstra bisa terbakar dan tidak tertimbun menjadi lemak.

2. Cukup kebutuhan air

Pastikan kebutuhan air harian anda terpenuhi agar terhindar dari dehidrasi. Sebab saat tubuh dehidrasi maka bisa mengganggu reaksi kimia yang dibutuhkan untuk menyebarkan asam amino pada seluruh sel otot. 

Bila dibiarkan lama kelamaan massa otot akan berkurang dan membuat tubuh merasa lelah terutama saat melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Selain itu tubuh yang kekurangan asupan air akan membuat penyerapan nutrisi otot terganggu sehingga kalium dan magnesium untuk kesemimbangan elektrolit tidak bisa terserap oleh otot.

3. Praktikkan postur tubuh yang benar

Biasakan untuk menjaga postur tubuh dengan benar terutama saat duduk. Karena kebiasan postur tubuh yang salah bisa menambah beban pada tulang dan otot yang berdampak pada kerja tulang maupun otot yang lebih keras. 

Agar hal ini tidak terjadi maka biasakan duduk tegak dan rilekskan di bagian pundak. Saat berdiri jangan bertumpu pada lutut atau membungkuk. Upayakan berdiri tegak dengan kondisi pundak yang rileks.

4. Melatih otot

Untuk menjaga kesehatan otot maka anda bisa melakukan latihan ketahanan. Dimana latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, menambah massa otot tubuh serta memperkuat otot jantung

Contoh latihan yang bisa menjaga kesehatan otot yaitu angkat beban, jogging, badminton, dan berenang.

5. Konsumsi makanan yang menyehatkan otot

Untuk menjaga kesehatan otot, anda juga harus mengkonsumsi makanan sehat. Dimana makanan yang sehat untuk otot tidak harus kaya akan protein tetapi juga mengandung lemak maupun karbohidrat

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Terlebih bagi anda yang berolahraga secara aktif maka anda harus memperbanyak konsumsi makanan sebagai pengganti kalori. Jenis makanan yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan otot antara lain salmon, tuna. Telur, daging merah, dada ayam, polong-polongan, kacang dan keju. 

Bila perlu konsumsi juga bubuk protein namun sesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Cara-cara di atas sebaiknya anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kesehatan otot tetap terjaga. Tetapi janganlah terburu-buru menerapkan semua cara-cara di atas karena tubuh anda membutuhkan penyesuaian secara perlahan. 

Perbaiki gaya hidup anda agar anda tidak hanya bisa mendapatkan otot yang sehat tetapi juga tubuh yang sehat. 

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smith, Jordan & Eather, Narelle & Morgan, Philip & Plotnikoff, Ronald & Faigenbaum, Avery & Lubans, David. (2014). The Health Benefits of Muscular Fitness for Children and Adolescents: A Systematic Review and Meta-Analysis. Sports Medicine. 44. 1209-1223. 10.1007/s40279-014-0196-4.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/262024761_The_Health_Benefits_of_Muscular_Fitness_for_Children_and_Adolescents_A_Systematic_Review_and_Meta-Analysis)
Murphy, Caoileann & Oikawa, Sara & Phillips, Stuart. (2016). Dietary Protein to Maintain Muscle Mass in Aging: A Case for Per-meal Protein Recommendations. 5. 49-58. 10.14283/jfa.2016.80.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/304939781_Dietary_Protein_to_Maintain_Muscle_Mass_in_Aging_A_Case_for_Per-meal_Protein_Recommendations)
Mithal, Ambrish & Bonjour, jean-philippe & Boonen, S & Burckhardt, P & Degens, Hans & El-Hajj Fuleihan, Ghada & Josse, R & Lips, P & Torres, J & Rizzoli, R & Yoshimura, N & Wahl, Denys & Cooper, C & Dawson-Hughes, B. (2012). Impact of nutrition on muscle mass, strength, and performance in older adults. Osteoporosis international : a journal established as result of cooperation between the European Foundation for Osteoporosis and the National Osteoporosis Foundation of the USA. 24. 10.1007/s00198-012-2236-y.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/233941057_Impact_of_nutrition_on_muscle_mass_strength_and_performance_in_older_adults)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app