Cara Mengatasi Komedo Membandel Yang Terbukti Ampuh

Dipublish tanggal: Nov 29, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mengatasi Komedo Membandel Yang Terbukti Ampuh

Komedo merupakan salah satu masalah pada wajah yang paling dihindari, baik oleh pria maupun wanita. Walaupun tidak mengganggu, namun adanya komedo dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Komedo sendiri seringkali muncul di bagian hidung dan terlihat adanya bintik kecil yang membuat kulit terasa lebih kasar.

Cara Mengatasi Komedo Membandel

Komedo ini terjadi akibat pori-pori wajah yang terbuka sehingga membuat kotoran dan debu dengan mudah masuk ke dalam lapisan kulit. Hal ini bisa menumpuk jika tidak segera dibersihkan, salah satunya dengan rajin mencuci muka dan menggunakan plester komedo. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Apabila pore pack atau plester komedo tidak bisa mengatasi atau menghilangkan komedo yang menempel, mungkin Anda bisa mencoba beberapa cara berikut, antara lain: 

Rajin mengeksfoliasi wajah

Dengan rajin mengeksfoliasi wajah, maka akan membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah, termasuk komedo. Anda bisa mengeksfoliasi wajah dengan menggunakan exfoliating atau peeling toner yang mengandung AHA dan BHA. Sebelum melakukan eksfoliasi, bersihkan wajah terlebih dahulu lalu bilas dengan air hangat.

Baca juga: Cara Alami Mengangkat Sel Kulit Mati

Rutin menggunakan clay mask

Clay mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang dapat membantu mengatasi komedo. Anda bisa memilih produk clay mask favorit dan menggunakannya secara rutin seminggu sekali. Pada umumnya, clay mask bersifat deep cleansing sehingga dapat membersihkan kotoran dam sel kulit mati di wajah secara menyeluruh.

Scrub dengan oatmeal

Selain bermanfaat bagi kesehatan, oatmeal ternyata juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo di wajah sekaligus mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakannya adalah dengan mengencerkan oatmeal dengan yoghurt atau susu, kemudian dapat dioleskan ke daerah sekitar hidung atau daerah yang berkomedo. Pijat wajah secara lembut dan perlahan, diamkan selama 15 menit dan bisa dibilas dengan air hangat.

Menggunakan skincare yang mengandung salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat merupakan kandungan yang seringkali terdapat pada berbagai produk perawatan kulit. Kandungannya dipercaya dapat membersihkan pori-pori wajah secara menyeluruh dan membantu mengurangi peradangan sehingga dapat membantu mengatasi komedo yang menumpuk. Selain komedo, kandungan salicylic acid juga dapat mengatasi jerawat yang membandel. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Menggunakan masker alami dari madu dan lemon

Selain clay mask, Anda juga bisa mencoba menggunakan masker alami dari madu dan lemon untuk mengatasi komedo yang membandel. Caranya adalah dengan mengoleskan madu dan lemon di sekitar hidung atau daerah lain yang berkomedo, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Sebelum menggunakan masker, bersihkan wajah terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Menggunakan Masker Wajah secara Tepat

Scrub kopi + gula

Ternyata kopi dan gula tidak hanya bisa diminum saja, tetapi bisa digunakan untuk mengatasi komedo membandel pada wajah. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok kopi bubuk dengan sedikit air dan ditambah 1 sendok gula pasir. Lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan scrub wajah dengan menggunakan campuran kopi dan gula tersebut selama minimal 5 menit hingga bahan alami tersebut meresap ke kulit dan bilas dengan air hingga bersih.

Pasta gigi

Ternyata pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengatasi komedo. Pasta gigi yang mengandung fluoride dipercaya dapat mengangkat komedo serta menghaluskan kulit wajah. Namun sayangnya fluoride dalam pasta gigi dianggap tidak alami karena sudah mengandung bahan kimia. Untuk menyiasatinya dapat menggunakan pasta gigi herbal untuk mengangkat komedo. Cara mengatasi komedo dengan pasta gigi yaitu dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian wajah yang berkomedo, kemudian diamkan selama 20-30 menit, dan bilas dengan air bersih.

Lidah buaya

Gel lidah buaya ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi komedo. Gel lidah buaya mengandung asam folat dan vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti dapat melembabkan kulit dan menghilangkan komedo. Cara menggunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan komedo, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah berkomedo, diamkan selama 10-15 menit dan kemudian dibilas dengan air hangat. Selain komedo hilang, wajah akan terasa lebih halus dan segar.

Baca juga: Cara Lain Membersihkan Komedo Membandel di Wajah

Itulah beberapa cara untuk dapat menghilangkan komedo membandel. Namun, selain melakukan beberapa perawatan tersebut, Anda juga harus tetap menjaga asupan makanan Anda supaya tetap bergizi seimbang. Banyak minum air putih juga baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic atau tidak menyumbat pori untuk mencegah komedo Anda menjadi semakin parah.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Blackhead Removal, Treatment & Pictures. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/blackheads/article.htm)
Blackhead removal: Things to consider. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311991.php)
How to Get Rid of Blackheads: 12 Ways. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-blackheads)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app