Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kebiasaan Sehat

Benarkah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari Sudah Cukup?

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 282.174 orang

Benarkah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari Sudah Cukup?

Sudah minum berapa gelas air putih hari ini? Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh memang sangat penting untuk dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi air putih. Hal ini tidak hanya berguna untuk melegakan tenggorokan atau menghilangkan rasa haus saja, tetapi air putih memiliki peranan penting bagi tubuh untuk membantu menjaga fungsi kerja berbagai organ tubuh.

Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60-70% air, maka kebutuhan air minum penting untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Oleh karena itu mungkin Anda pernah mendengar saran untuk minum air putih sebanyak delapan gelas per hari. Tetapi apakah saran itu berlaku untuk semua orang?

Jumlah air putih yang disarankan

Walaupun aturan delapan gelas sehari sering direkomendasikan, tetapi setiap orang sebenarnya memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Jumlah kebutuhan air putih yang dikonsumsi akan bergantung pada jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas, hingga faktor lain seperti kondisi kehamilan atau menyusui.

Jika Anda mengenal Dwayne Johnson, aktor yang terkenal dengan panggilan "The Rock", baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya memiliki kebiasaan minum sebanyak 4 galon air setiap hari. Menurutnya, minum air putih yang cukup menjadi bagian sangat penting bagi kesehatan

Menurut rekomendasi Institute of Medicine (IOM), pria disarankan mengonsumsi sebanyak 13 gelas air putih, sedangkan untuk wanita 9 gelas per hari. Hal ini sudah termasuk seluruh cairan keseluruhan yang didapatkan melalui makanan yang juga mengandung air seperti sayur dan buah.

Berikut jumlah air yang disarankan setiap hari berdasarkan usia dan jenis kelamin:

  • Anak-anak usia 4-8 tahun disarankan minum sebanyak 5 gelas
  • Anak-anak usia 9–13 tahun disarankan minum sebanyak 7-8 gelas
  • Anak-anak usia 14–18 tahun disarankan minum sebanyak 8-11 gelas
  • Pria dewasa (19 tahun ke atas) disarankan minum sebanyak 13 gelas
  • Wanita dewasa (19 tahun ke atas) disarankan minum sebanyak 9 gelas
  • Wanita hamil disarankan minum sebanyak 10 gelas
  • Wanita menyusui disarankan minum sebanyak 13 gelas

Jumlah air minum yang ideal untuk dikonsumsi setiap hari juga dapat berubah, tergantung tingkat aktivitas, kondisi cuaca, atau juga pengaruh kondisi kesehatan tubuh. Ketika Anda sakit demam, mual, muntah, atau diare, tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan, sehingga Anda harus minum air putih lebih banyak. Begitu pun ketika Anda tinggal di wilayah yang beriklim panas, Anda tentunya butuh konsumsi air lebih banyak. 

Baca juga: Cara Mengatasi Cuaca Panas dan Dampak Bagi Tubuh

Manfaat air putih bagi tubuh

Air merupakan salah satu kandungan penting yang diperlukan tubuh, karena ketika tubuh kita kekurangan air maka organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Air putih atau air mineral yang baik juga seharusnya memiliki kandungan magnesium, kalsium, sodium, dan potasium.

Beberapa manfaat air putih bagi tubuh antara lain:

  • Menjaga suhu tubuh agar tetap normal
  • Melancarkan dan memudahkan kerja sistem pencernaan
  • Membuat kulit lebih sehat dan cerah
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Membuang toksin atau racun dalam tubuh melalui air mani ataupun keringat
  • Mencegah dehidrasi dan mengurangi rasa lelah
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Melindungi tulang dan sendi serta jaringan lain

Risiko kelebihan dan kekurangan air putih bagi tubuh

Jumlah air putih yang diminum sebaiknya dicukupi sesuai kebutuhan tubuh, tidak boleh terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Karena kedua hal tersebut dapat menimbulkan risiko tersendiri bagi tubuh.

Akibat kurang minum

Akibat kurang minum, tubuh akan mengalami kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi. Hal ini dapat terjadi akibat tubuh kehilangan caira ketika kita berkeringat ataupun buang air kecil. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan jumlah cairan yang dibutuhkan.

Tanda atau gejala dehidrasi dapat membuat Anda merasa haus hingga merasa lemas. Jika Anda menyadarinya, Anda juga akan jarang buang air kecil dan air seni Anda cenderung berwarna kuning gelap. Tanda-tanda dehidrasi yang terjadi terutama pada anak-anak, di antaranya, mulut, lidah, dan air mata kering, popok juga akan lebih kering dibanding biasanya.

Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, pembentukan batu ginjal, tubuh terasa panas (overheat), mudah bingung dan stres, tidak mudah fokus, hingga perubahan suasana hati. Dehidrasi ringan dapat diatasi dengan minum lebih banyak air, tetapi jika dehidrasi bertambah parah, Anda mungkin memerlukan bantuan berupa pemberian cairan intravena melalui infus.

Akibat banyak minum

Akibat terlalu banyak minum juga tidak baik bagi tubuh karena dapat membahayakan kesehatan. Ketika minum air terlalu banyak, air yang berlebih dapat melarutkan kandungan elektrolit yang ada dalam darah sehingga kadar natrium menurun dan menyebabkan hiponatremia. Gejala hiponatremia sendiri meliputi sakit kepala, kelelahan, mual muntah, mudah marah dan bingung, kejang otot, kejang, kram, dan lemas, hingga koma. 

Hiponatremia sebenarnya jarang terjadi, tetapi anak-anak dan orang yang aktif bergerak seperti olahragawan mungkin berisiko lebih tinggi karena umumnya mereka minum air putih sekaligus dalam waktu singkat. Untuk mengatasinya, Anda dapat minum cairan yang mengandung natrium dan elektrolit lain dalam membantu Anda mengisi kembali elektrolit yang hilang melalui keringat.

Makanan yang mengandung air

Seperti yang diketahui, air merupakan salah satu kandungan penting yang diperlukan tubuh, karena ketika tubuh kita kekurangan air maka organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain mencukupi kebutuhan cairan dari air minum, Anda juga perlu memperbanyak makan sayur dan buah karena sumber makanan yang mengandung air dapat menyumbang sekitar 20 persen dari total kebutuhan cairan per hari.

Beberapa jenis buah dan sayur yang memiliki kadar air tinggi di antaranya semangka, jeruk, tomat, belimbing, bayam, mentimun, salada, paprika hijau, kembang kol, lobak, dan seledri.

Cara mencukupi kebutuhan air putih harian

Meskipun terdapat rekomendasi atau saran mengenai kebutuhan jumlah air putih setiap harinya, tetapi setiap individu harus menyesuaikan kembali dengan kebutuhan tubuhnya masing-masing. Anda dapat mengenali tanda tubuh yang memerlukan cairan dan harus segera minum air putih terutama ketika Anda haus, cuaca panas dan berkeringat, hingga ketika menjalankan aktivitas olahraga karena hal ini akan berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. 

Berikut beberapa cara mencukupi kebutuhan air putih harian:

  • Bawa botol air ke mana pun Anda pergi, termasuk dalam perjalanan. Hal ini juga baik untuk mengurangi pemakaian air minum kemasan
  • Anda boleh mengganti variasi air putih dengan jus, susu, teh, kopi atau minuman lainnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tetapi ada baiknya untuk tetap minum air putih
  • Hindari minuman manis yang mengandung kalori tinggi karena dapat membuat Anda semakin haus
  • Minum air putih sebelum dan sesudah makan
  • Tambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis agar minuman terasa lebih segar
  • Ketika berolahraga berat, minum air yang mengandung elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat 

Referensi

Healthline. (2018). How Much Water You Need to Drink

Healthline. (2017). 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated

Menshealth. (2019). The Rock Drinks a Truly Unfathomable Amount of Water Every Day

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit