Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Wajah

Jenis Masker Terbaik Sesuai Tipe Kulit Wajah

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 800.249 orang

Setelah Anda melakukan rutinitas perawatan kulit wajah, cara terbaik untuk menjaganya tetap sehat dan cerah adalah dengan menggunakan masker wajah setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu, tergantung kebutuhan.

Saat ini masker wajah sudah menjadi primadona bagi perempuan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik. Banyak formula yang diramu dengan cara berbeda untuk setiap masker wajah yang terdapat di pasaran dengan tujuan tertentu. Setiap masker dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan setiap jenis kulit yang berbeda-beda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jenis kulit wajah diantaranya, kulit berminyak, kering, normal, atau kombinasi, dan selalu ada masker yang sesuai untuk setiap jenis kulit tersebut.

Kulit Normal

Pemilik kulit wajah normal akan sangat bahagia karena pada dasarnya cocok menggunakan masker wajah jenis apapun, mulai dari clay mask, sheet mask, hingga masker krim. 

Masker krim sangat direkomendasikan untuk kulit jenis ini. Kandungan emolien yang terkandung dalam masker krim akan menghaluskan kulit. Sangat cocok untuk Anda yang ingin meremajakan tampilan kulit wajah karena masker krim mengandung kelembaban ekstra.

Kulit Berminyak/Kombinasi dan Berjerawat

Clay mask atau charcoal mask adalah masker yang dapat memberikan manfaat optimal untuk kulit berminyak ataupun kombinasi. Bahan tanah liat alami yang terdapat dalam clay mask mampu membersihkan dan menarik segala kotoran dan minyak yang menyumbat pori saat masker ini mengering dan mengencang. 

Clay mask dapat digunakan 2-3 kali dalam seminggu. Clay mask mengandung asam laktat dan sitrat mampu mengangkat kotoran dan komedo yang disebabkan oleh debu yang menempel di kulit wajah.

Selain clay mask, kulit jenis ini juga cocok menggunakan sheet mask dan masker alami. Sheet mask berbahan dasar air yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Sedangkan masker alami yang terbuat dari buah dan sayuran tertentu mengandung anti bakteri untuk meredakan minyak berlebih dan jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kulit Kering

Untuk kulit kering, disarankan untuk menggunakan masker dengan kelembaban ekstra, seperti masker peel-off, masker krim, sheet mask, firming mask, dan masker alami.

Masker peel-off akan membuat kulit Anda lebih kencang dan dapat menstimulasi peredaran darah agar lebih lancar. Sedangkan masker exfoliate mengandung glycolic acid yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta menghilangkan garis halus dan keriput

Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan exfoliator terlebih dahulu, kemudian bilas, lalu aplikasikan masker pelembab.

Sementara, sheet mask mengandung asam hyaluronic dan kafein yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan stress pada kulit. Sheet mask dapat digunakan sebelum tidur selama 30 menit untuk mendapatkan kulit yang segar di pagi hari.

Selain itu, Anda juga bisa memilih masker minyak hangat yang biasanya ditemukan di tempat-tempat spa. Fungsi masker minyak hangat adalah untuk menghaluskan dan meremajakan kulit dengan menstimulasikan peredaran darah.

Kulit Sensitif

Wajah dengan kulit sensitif akan mudah mengalami iritasi kemerahan. Masker yang cocok untuk kulit jenis ini adalah masker krim dengan kandungan mineral alami yang berfungsi untuk menenangkan efek iritasi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Anda juga dapat menggunakan masker berbahan dasar teh, seperti Kombucha atau teh hijau. Purifying mask juga dapat digunakan karena menyediakan agen pembersih alami untuk menghilangkan kemerahan kulit wajah. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh berfungsi untuk mencegah keriput dan menghaluskan kulit wajah.

Kulit Kusam

Anda yang memiliki kulit wajah kusam dapat menggunakan masker exfoliate atau radiance mask. Exfoliator yang terdapat dalam masker exfoliate mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan menstimulasi pertumbuhan jaringan kulit baru. 

Exfoliating mask dapat digunakan sebagai skin care rutin setiap hari. Sedangkan masker radiance mengandung agen pemutih yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah Anda.

So, kenali jenis kulit dan pilihlah masker yang tepat. Dengan begitu wajah bersih dan kinclong seperti yang Anda idamkan bisa diwujudkan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini