Kesehatan Mulut dan Gigi

Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Memangnya Aman?

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Memangnya Aman?

Ketika muncul jerawat yang mengganggu penampilan wajah, Anda tentu akan melakukan segala cara untuk menghilangkannya. Mulai dari cara konvensional, obat tradisional, obat dari dokter, hingga percaya dengan cara lama yaitu menggunakan pasta gigi. Namun, tunggu dulu. Apakah aman menghilangkan jerawat dengan pasta gigi? Agar tak menyesal, sebaiknya simak dulu penjelasannya berikut ini.

Apa saja kandungan dalam pasta gigi?

Pasta gigi yang Anda gunakan sehari-hari untuk menggosok gigi memiliki berbagai macam kandungan. Secara umum, pasta gigi yang dijual di pasaran mengandung kombinasi baking soda, hidrogen peroksida, alkohol, menthol, dan triclosan

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Kandungan-kandungan zat dalam pasta gigi tersebut memang dapat mengeringkan kulit. Baking soda yang biasa digunakan untuk membuat kue, misalnya, juga biasa digunakan sebagai masker wajah yang mampu menghilangkan jerawat di wajah.

Karena dianggap sama dengan baking soda, beberapa orang mencoba memanfaatkan pasta gigi dengan harapan memberikan efek serupa. Kalau baking soda saja bisa menghilangkan jerawat, maka pasta gigi semestinya juga berlaku demikian.

Namun, apa benar efeknya akan sama?

Baca Juga: Hindari Kandungan Detergen dalam Pasta Gigi, Ini Bahayanya

Apakah pasta gigi efektif menghilangkan jerawat ?

Walaupun bahan kandungan dalam pasta gigi memang dapat mengeringkan kulit, tetapi jika digunakan secara bersamaan (kombinasi semua bahan kandungan di atas) justru dapat merusak kulit Anda. 

Melansir dari Huffington Post, Dr. Neal Schultz yang merupakan seorang dermatologis di New York mengungkapkan bahwa para dokter kulit tidak menyarankan penggunaan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat. Sesuai dengan namanya, pasta gigi dirancang untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, bukan untuk menjaga kecantikan kulit, apalagi kulit wajah.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Apabila digunakan pada kulit wajah, kandungan dalam pasta gigi justru dapat memicu iritasi dan pengelupasan kulit wajah. Bahkan tak jarang juga menyebabkan sensasi panas dan terbakar di wajah.

Menurut Dr. Neal Schultz, jerawat biasanya akan hilang seiring dengan mengeringnya kulit wajah. Namun, dokter kulit manapun tidak akan merekomendasikan penggunaan pasta gigi sebagai obat jerawat alami

Meskipun pasta gigi memang dapat mengeringkan kulit wajah dan mengeringkan jerawat, perlu diingat juga bahwa efek samping yang ditimbulkan justru jauh lebih berat dibandingkan manfaatnya.

Anda mungkin akan merasakan iritasi kulit, peradangan, hingga sensasi terbakar pada kulit wajah. Efeknya bahkan bisa jadi lebih parah bila Anda memiliki jenis kulit yang sensitif. 

Selain menyiksa, hal ini akan membuat kepercayaan diri Anda lebih menurun daripada saat ada jerawat di wajah. Kulit yang mengelupas dan kemerahan karena iritasi akan tampak tidak sehat, bahkan rasa perih seperti terbakar juga akan sangat mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas sehari-hari.

Baca Selengkapnya: Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Cara yang lebih tepat untuk mengatasi jerawat Anda

Untuk mengatasi jerawat dengan lebih aman, Anda bisa menggunakan krim jerawat atau gel yang mengandung salicylic acid 1% atau 2,5% benzoil peroksida. Kedua bahan tersebut memang dirancang khusus untuk membantu mengatasi timbulnya jerawat serta mencegah kembali timbulnya jerawat pada kulit wajah Anda.

Untuk kasus jerawat yang parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit. Dokter akan membantu memastikan penyebab jerawat dan memberikan penanganan yang tepat, aman, dan tentunya efektif sesuai keparahan jerawat Anda.

Jerawat memang sangat mengganggu, namun jangan sampai Anda mengobatinya dengan cara yang tidak tepat. Alih-alih menyembuhkan, salah cara justru bisa membahayakan kesehatan kulit Anda sendiri.

Baca Selengkapnya: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sodium lauryl sulfate [Fact Sheet]. (n.d.). (http://www.ewg.org/skindeep/ingredient.php?ingred06=706110#.WxcCVFMvx-U)
Moisturizer: Why you may need it if you have acne. (n.d.). (https://www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/moisturizer)
Malhi K et al. (2016). Tea tree oil gel for mild to moderate acne; a 12-week uncontrolled, open‐label phase II pilot study. DOI: (https://doi.org/10.1111/ajd.12465)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app