Cara Menghilangkan Double Chin Untuk Pria dan Wanita

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Apr 20, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 6 menit
Cara Menghilangkan Double Chin Untuk Pria dan Wanita

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Beberapa orang memiliki double chin yang mengganggu penampilan dan umumnya disebabkan oleh lemak berlebih yang ada di sektiar dagu dan leher 
  • Cara menghilangkan double chin dapat dilakukan secara alami melalui perawatan di rumah atau menjalani perawatan wajah di klinik kecantikan
  • Salah satu cara mudah untuk menghilangkan double chin adalah dengan mengunyah permen karet bebas gula untuk membakar lemak sekitar dagu
  • Gunakan masker wajah dengan beberapa kandungan seperti gliserin, putih telur, cocoa butter, atau minyak biji gandum yang dioleskan lembut di kulit
  • Konsumsi teh hijau, suplemen vitamin E, susu, maupun melon yang dapat membantu mengencangkan kulit dan tanda-tanda double chin di wajah
  • Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi, hindari makanan berlemak serta batasi asupan kalori agar tidak berlebihan
  • Perawatan wajah di klinik kecantikan seperti lipolisis atau mesotherapy juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan double chin dengan lebih efektif
  • Pesan paket slimming double chin atau paket perawatan wajah lainnya di HDmall secara online sekarang juga!

Pernah mendengar kata double chin? itu merupakan istilah lain untuk mengatakan dagu berlipat. Double chin pasti sangat mengganggu penampilan, terlebih bagi Anda yang suka mengenakan t-shirt atau kaos oblong. Hal tersebut akan membuat Anda terlihat bengkak sehingga leher menjadi tidak terlihat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dagu berlipat merupakan lapisan jaringan lemak berlebih yang biasanya disebabkan oleh kelebihan berat badan, kulit yang kendur karena faktor usia, mengalami kehilangan elastisitas kulit, atau akibat faktor genetik. Untuk mengatasi masalah double chin, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik di rumah ataupun di klinik kecantikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara Menghilangkan Double Chin

Cara menghilangkan double chin di rumah

Jika memiliki berat badan berlebih tentu perlu diusahakan untuk mengurangi berat badan dengan cara diet dan olahraga yang tepat. Selain itu, lakukan beberapa perawatan alami berikut ini untuk membantu menghilangkan double chin atau dagu berganda.

1. Mengunyah Permen Karet

Cara menghilangkan double chin yang pertama secara alami adalah dengan mengunyah permen karet bebas gula. Bagaimana caranya? Untuk menyingkirkan dagu ganda atau double chin dengan mengunyah permen karet akan menjaga otot-otot wajah tetap kencang. 

Selain itu, mengunyah permen karet juga bisa memberikan latihan pada otot rahang Anda sekaligus membakar lemak di sekitar dagu. Permen karet bebas gula juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi, jadi kunyahlah permen karet tanpa gula beberapa kali sehari untuk mengurangi dagu ganda secara alami. 

Baca juga: 10 Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Leher Super Cepat

2. Gunakan Cocoa Butter

Menggunakan cocoa butter secara teratur dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membantu menghilangkan double chin. Jika Anda ingin menggunakan cara ini, maka perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Hangatkan beberapa sendok makan cocoa butter di microwave
  2. Setalah itu, pijat lembut ke leher dan dagu selama beberapa menit
  3. Lakukan sebanyak dua kali sehari, sebelum mandi pagi dan malam sebelum tidur

3. Minyak Biji Gandum

Cara selanjutnya untuk membantu menghilangkan double chin adalah dengan melakukan pemijatan secara teratur pada area leher menggunakan minyak biji gandum. Minyak biji gandum memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit dan membantu mengencangkan kulit yang kendur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Perhatikan cara menghilangkan double chin di bawah ini dengan menggunakan minyak biji gandum:

  1. Sebelum tidur, gunakan minyak biji gandum untuk memijat di daerah sekitar dagu
  2. Pijat lembut ke arah atas dari bagian bawah leher hingga dagu selama 10-15 menit
  3. Biarkan minyak biji gandum menyerap dan masuk ke dalam kulit hingga keesokan harinya
  4. Lakukan terus secara teratur hingga melihat perubahan pada bagian dagu

4. Masker Putih Telur

Masker putih telur juga sangat membantu untuk menghilangkan double chin. Hal tersebut dikarenakan putih telur memiliki efek pengetatan kulit dan bermanfaat baik dalam menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Cara penggunaan masker putih telur juga sangat mudah, yaitu:

  1. Kocok dua butir putih telur, satu sendok makan susu, madu dan jus lemon
  2. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint
  3. Oleskan masker ini ke kulit di daerah sekitar dagu dan leher 
  4. Biarkan olesan masker menempel pada kulit selama 30 menit
  5. Bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih
  6. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini satu kali dalam sehari

5. Masker Gliserin

Selain masker putih telur untuk menyingkirkan double chin, Anda juga bisa membuat masker alami dengan menggunakan gliserin. Adapun langkah-langkah membuatnya, yaitu:

  1. Campurkan satu sendok makan gliserin, satu setengah sendok makan garam Epsom, dan beberapa tetes minyak peppermint
  2. Gunakan kapas untuk mengoleskan masker tersebut pada daerah leher dan dagu
  3. Biarkan selama beberapa menit agar menyerap ke dalam kulit
  4. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin sampai bersih
  5. Lakukan hal ini sebanyak 3-5 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi dan berbagai kandungan yang berfungsi mempercepat metabolisme tubuh. Teh hijau juga akan membantu proses pembakaran kalori berlebih di dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Mulailah dengan mengonsumsi secangkir teh hijau secara rutin yang secara tidak langsung dapat membantu menghilangkan double chin.

7. Vitamin E

Cara menghilangkan double chin selanjutnya adalah dengan meningkatkan asupan vitamin E harian. Hal tersebut akan meningkatkan elastisitas kulit dan kesehatan kulit secara menyeluruh. Cara praktis mendapatkan vitamin E adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin E setiap hari. Untuk hal ini, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Selain itu, ada pula makanan sehat yang mengandung vitamin E tinggi yang bisa dikonsumsi, seperti sayuran hijau, minyak biji gandum, susu, beras merah, kacang polong, kacang-kacangan dan biji-bijian, kedelai, serta kacang tanah. Pastikan sejumlah makanan yang mengandung vitamin E tinggi tersebut ada dalam menu harian Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan

8. Susu

Susu ternyata tak hanya baik untuk kesehatan tulang saja, tetapi juga bermanfaat untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit termasuk di area sekitar dagu. Selain itu, susu juga bermanfaat menjaga kulit tetap lembut dan segar. Cara menghilangkan double chin menggunakan susu adalah sebagai berikut:

  • Oleskan susu pada dagu, kemudian pijat selama beberapa menit dan bilas dengan air suam-suam kuku. Ulangi hal tersebut beberapa kali dalam sehari
  • Pilihan lainnya adalah membuat masker dengan susu dan madu. Campurkan susu dan madu, kemudian campuran tersebut dioleskan di atas area dagu. Biarkan selama 10 menit, setelah itu bilaslah dengan air suam-suam kuku. Lakukan hal ini sebanyak satu kali dalam sehari

9. Melon

Melon merupakan buah yang juga dirasa dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi double chin. Caranya dengan:

  • Ekstrak jus melon segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkannya pada kulit di sekitar dagu dan leher lalu pijat. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air. Untuk hasil terbaik, campurkan jus melon dengan jus apel dan gunakan untuk memijat jaringan lunak di sekitar garis rahang
  • Selain itu, makan lebih banyak melon juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan membantu menurunkan berat badan

Cara menghilangkan double chin melalui perawatan kecantikan

Apabila dagu ganda atau double chin terasa mengganggu dan membuat Anda menjadi kurang percaya diri, menjalani perawatan kecantikan mungkin dapat menjadi pilihan sebagai salah satu cara menghilangkan double chin, di antaranya:

1. Lipolisis

Lipolisis juga dikenal sebagai liposculpture. Lipolisis menggunakan teknik sedot lemak atau panas dari laser untuk melelehkan lemak dan kontur kulit. Dalam kebanyakan kasus, anestesi lokal akan disuntikkan selama proses lipolisis agar pasien tidak merasakan sakit.

Lipolisis hanya membantu menghilangkan lemak tetapi tidak bisa mengangkat kulit berlebih yang tampak menggelambir. Efek samping dari lipolisis dapat meliputi pembengkakan, memar, dan sakit di bagian dagu. Pastikan untuk menjalani perawatan liposculpture di dokter kecantikan terpercaya.

2. Mesotherapy

Mesotherapy adalah prosedur invasif yang menghasilkan sejumlah kecil senyawa pelarutan lemak melalui serangkaian suntikan. Melalui proses mesotherapy sendiri diperlukan lebih dari 20 suntikan asam deoksikolat untuk menghilangkan double chin dan diperlukan sekitar 6 kali perawatan dengan jeda setidaknya satu bulan antar masing perawatan.

Pada tahun 2015, Food and Drug Administration (FDA) AS menyetujui asam deoksikolat (Kybella) sebagai obat injeksi yang digunakan dalam mesotherapy untuk membantu menyerap lemak tubuh. Meskipun begitu, asam deoksikolat dapat menyebabkan kerusakan saraf yang serius jika disuntikkan secara tidak benar.

Efek samping potensial dari penggunaan asam deoksikolat dan injeksi mesoterapi lainnya meliputi:

  • Pembengkakan
  • Memar
  • Rasa sakit
  • Mati rasa
  • Kemerahan

Cara menghilangkan double chin lainnya

Selain cara alami dan perawatan kecantikan di atas, Anda juga dapat menghilangkan double chin dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Minum air putih dan konsumsi makanan dengan kadar air tinggi seperti ketimun, selada, dan seledri
  • Batasi konsumsi kopi, alkohol, teh, dan minuman berkarbonasi soda
  • Perhatikan postur duduk, pastikan leher tegak dan badan lurus
  • Lakukan latihan fisik berupa latihan kardio dan latihan beban
  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan kurangi makanan berlemak

Cara terbaik untuk menyingkirkan double chin adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Anda juga bisa menjalani prosedur perawatan kecantikan yang bertujuan untuk mengencangkan kulit area wajah dan membantu menghilangkan double chin di klinik kecantikan yang terpercaya. 

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bhojwani, Amit. (2016). Addressing the "Double Chin:" Trends in Submental Contouring. Journal of Dermatology and Cosmetology. 1. 10.15406/jdc.2016.01.00002.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/308978923_Addressing_the_Double_Chin_Trends_in_Submental_Contouring)
How to Get Rid of Double Chin - Causes and Treatments. Men's Health. (https://www.menshealth.com/uk/weight-loss/a28886183/get-rid-of-double-chin/)
Can You Ever Actually Get Rid of a Double Chin?. Women's Health. (https://www.womenshealthmag.com/health/a19996968/double-chin-treatments/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app