Cara Mengetahui Benang IUD di dalam Vagina Tidak Bergeser

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
Cara Mengetahui  Benang IUD di dalam Vagina Tidak Bergeser

Melakukan kb spiral atau Intra Uterine Device atau IUD menjadi solusi bagi setiap pasangan suami istri yang belum siap memiliki anak. Jika dibandingkan dengan jenis kb yang lainnya, kb spiral menjadi jenis kb yang cukup efektif untuk dilakukan asalkan sesuai dengan petunjuk. 

Apabila Anda menggunakan alat kontrasepsi dengan tepat, maka tingkat kegagalannya dibawah 1%.

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Postinor 750mcg tab 1

Alat kontrasepsi spiral ini dipasang pada bagian rahim dalam yang berfungsi sebagai penjepit pada kedua saluran indung telur, dengan demikian, maka tidak akan menimbulkan pembuahan. 

Spiral terdiri dari jenis bahan berupa plastik polietilena da ada pula yang dililit dengan tembaga, namun ada juga yang tidak dililit dengan tembaga.

Langkah Pengecekan Benang IUD

Cara kerja dari kb spiral ini dapat memberikan pencegahan terhadap fertilisasi steril yang disebabkan oleh tembaga. Selain itu ada toksik untuk sperma yang tidak akan bisa melakukan fertilisasi. Keluhan diantara beberapa wanita terhadap kb spiral yaitu benang IUD sering kali mengalami pergeseran. 

Untuk melakukan pengecekan apakah benang IUD mengalami pergeseran atau tidak, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sebelum Anda memasukan jari tangan ke dalam lubang vagina, hal penting yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mencuci tangan sampai dengan bersih menggunakan sabun.
  • Setelah itu, jongkok atau duduk seperti posisi squat, kemudian masukan jari tengah Anda ke vagina hingga menyentuh leher rahim atau bagian serviks.
  • Pada saat Anda sudah memasukan jari dalam serviks, maka tangan Anda bisa merasakan keras namun kenyal seperti bagian ujung hidung.
  • Apabila IUD masih berada dalam posisi yang sebagaimana mestinya, jari Anda akan merasakan seperti ada senar bertekstur tipis. Apabila posisinya seperti seharusnya, maka akan berfungsi dengan baik.
  • Apabila benang IUD lebih pendek saat Anda melakukan pemeriksaannya, Anda akan mengalami kesulitan.
  • Saat melakukan pemeriksaan, maka Anda hanya akan merasakan bagian benang IUD nya saja dan IUD tidak akan tersentuh secara menyeluruh. Namun jika Anda merasakan alat IUD, maka hal ini akan menimbulkan perubahan posisi.

Penting untuk Anda perhatikan, bagi Anda yang menggunakan kb spiral dan tidak ingin mengalami pergeseran pada benang IUD, maka Anda selalu disarankan untuk melakukan cara berikut, diantaranya:

Anda harus memenuhi persyaratan dalam pemasangan alat kontrasepsi

Syarat pertama yang harus Anda perhatikan yaitu Anda tidak mengalami keputihan atau infeksi yang secara terus menerus. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak mengalami pendarahan, dengan demikian, maka pemeriksaan fisik secara menyeluruh akan dilakukan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Hal ini untuk memastikan bahwa kandungan Anda berada dalam kondisi yang normal.

Lakukan pemeriksaan setelah Anda selesai melakukan pemasangan

Apabila persyaratan pemasangan IUD sudah terpenuhi, maka Anda harus melakukan pemeriksaan ketika sudah melakukan pemasangan. Pengontrolan harus dilakukan secara rutin, yaitu minimal 6 bulan sekali. 

Untuk Anda yang sudah menggunakan kb spiral dalam jangka waktu yang lama, Anda pun juga harus tetap melakukan pengontrolan secara rutin.

Masa Pemakaian IUD 

Apabila penggunaan IUD sudah 5 tahun, maka Anda tidak dianjurkan untuk menggunakannya lebih lama lagi, karena sudah ada masa yang telah ditentukan. Dengan begitu, setelah 5 tahun segera lepas IUD.

Cara paling ampuh yang dapat untuk menunda kehamilan yaitu dengan menggunakan kb spiral IUD. Dengan demikian, patuhi apa yang disarankan dalam penggunaan kb spiral agar tidak terjadi pergeseran pada benang IUD dan IUD tidak menimbulkan bahaya pada diri Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Intrauterine Device Extraction Technique: Approach Considerations. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/1997999-technique)
How to Check Your IUD Strings. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/how-to-check-your-iud-strings-906659)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app