5 Cara Antigagal Mengecilkan Payudara Secara Alami dan Aman

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
5 Cara Antigagal Mengecilkan Payudara Secara Alami dan Aman

Memiliki payudara besar mungkin jadi kebanggaan bagi kaum hawa. Meski kebanyakan wanita ingin memiliki payudara besar, namun sebagian wanita lainnya justru mati-matian ingin mengecilkan payudaranya.

Tak hanya bikin risi karena menjadi pusat perhatian, ukuran payudara yang terlalu besar juga sering kali menyebabkan sakit leher dan nyeri punggung. Lantas, adakah cara mengecilkan payudara yang aman tanpa bikin kendur? Intip tipsnya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Apa penyebab payudara membesar?

Payudara secara alami memang akan membesar seiring dengan berjalannya waktu. Tidak ada satupun patokan pasti mengenai seberapa besar ukuran payudara yang normal atau tidak normal, karena bentuk dan ukuran payudara manusia pada dasarnya berbeda-beda.

Payudara terdiri dari jaringan adiposa dan kelenjar yang memiliki reseptor hormon. Jaringan adiposa adalah jaringan lemak yang mengisi payudara, sedangkan jaringan kelenjar bertanggung jawab untuk memproduksi susu.

Perubahan hormon dalam tubuh dapat membuat ukuran payudara jadi membesar. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh kehamilan, kegemukan (obesitas), obat-obatan tertentu, hingga faktor keturunan.

Baca Selengkapnya: Payudara Besar Sebelah dan Benjolan di Ketiak

Cara mengecilkan payudara secara alami dan efektif

Operasi payudara bukanlah satu-satunya cara mengecilkan payudara. Anda juga bisa, kok, mendapatkan payudara yang indah dan ideal dengan cara yang lebih aman dan alami.

Berikut cara mengecilkan payudara yang bisa Anda lakukan di rumah:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

1. Atur pola makan

Pertumbuhan payudara yang berlebihan disebabkan oleh menumpuknya lemak di payudara. Oleh karena itu, kunci untuk mengecilkan payudara adalah dengan membakar lemak tersebut melalui pola hidup sehat.

Diet rendah kalori dan bergizi tinggi dapat membantu mengecilkan jaringan payudara. Perbanyaklah makan makanan padat gizi tapi kalorinya rendah, seperti buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, dan ikan berlemak seperti salmon atau tuna. Jenis makanan tersebut akan membuat Anda lebih cepat kenyang tanpa takut berat badan naik.

Bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui, jangan buru-buru pangkas asupan kalori Anda. Konsultasikan dulu ke dokter kandungan atau bidan untuk mendapatkan saran terbaik.

Baca Juga: Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Muda Sampai Melahirkan

2. Rajin olahraga

Setelah mengatur pola makan dengan baik, kini saatnya seimbangkan dengan olahraga. Ya, olahraga secara teratur dapat membakar lebih banyak lemak dalam tubuh, termasuk di payudara.

Selama ini, banyak orang menganggap push up dan olahraga terfokus pada dada cenderung lebih cepat membakar lemak di payudara. Anggapan tersebut justru salah!

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Olahraga terfokus pada payudara memang dapat mengencangkan otot-otot payudara, tapi tidak akan langsung menghilangkan lemak. Justru, kuncinya adalah lakukan olahraga apa pun yang dapat membakar lemak seluruh tubuh. Semakin banyak lemak tubuh yang hilang, maka lambat laun ukuran payudara Anda akan mengecil.

3. Kurangi hormon estrogen dalam tubuh

Hormon estrogen memainkan peran penting terhadap perkembangan jaringan payudaya. Nah, bagi Anda yang ingin mengecilkan payudara, coba kurangi kadar hormon estrogen dalam tubuh. Bagaimana caranya?

Salah satu penyumbang hormon estrogen dalam tubuh adalah pil KB dan alat kontrasepsi hormonal lainnya. Itulah sebabnya mengapa wanita yang mengonsumsi pil KB mengalami kenaikan berat badan secara signifikan dan diikuti dengan membesarnya payudara.

Berhenti minum pil KB bisa membantu mengecilkan payudara. Jika Anda sedang tidak menggunakan KB hormonal jenis apa pun, coba konsumsi biji rami (flax seed).

Dalam sebuah penelitian terhadap hewan disebutkan bahwa kandungan omega-3 pada biji rami dapat membantu mengatur kadar estrogen dalam tubuh. Namun, sejauh ini memang belum ada bukti terhadap manusia. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum Anda mencoba konsumsi biji rami atau bahan alami lainnya untuk mengecilkan payudara.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bikin Payudara Cepat Kendur

4. Ganti bra

Mengganti ukuran bra bisa menjadi salah satu cara mengecilkan payudara yang efektif. Meskipun bra tidak dapat mengubah ukuran payudara secara permanen, tapi bra minimizer bisa membuat payudara terlihat lebih kecil.

Beberapa bra minimizer dilengkapi dengan tali yang dapat mengurangi nyeri punggung dan leher. Menemukan jenis dan ukuran bra yang tepat bisa membantu mengecilkan payudara sekaligus mengembalikan kepercayaan diri Anda.

5. Chest binding

Bila Anda sulit menemukan bra minimizer di pasaran, maka coba beralihlah ke chest binding. Chest binding adalah sejenis kain binder yang dapat meratakan payudara.

Perlu dicatat bahwa chest binding tidak akan mengecilkan payudara atau mencegah payudara tumbuh. Akan tetapi, alat ini bisa membuat payudara terlihat lebih kecil dan Anda jadi lebih nyaman.

Cara pakainya mirip seperti bedong bayi. Anda tinggal melilitkan kain binder mengelilingi payudara sehingga dada tampak lebih rata. Namun hati-hati, kain ketat ini bisa membuat dada terasa sesak.

Semakin lama digunakan, punggung juga bisa terasa sakit. Ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan chest binding untuk mengecilkan payudara.

Baca Selengkapnya: Cara Mengencangkan Payudara

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Young LR , et al. (2013). Total dietary fat and omega-3 fatty acids have modest effects on urinary sex hormones in postmenopausal women. DOI: (https://doi.org/10.1186/1743-7075-10-36)
Nonverbal learning disorders association. (2016). How to reduce breast size naturally and fast at home. (https://www.nlda.org/a/how-to-reduce-breast-size)
Mazidi M, et al. (2016). The effect of ginger supplementation on serum C-reactive protein, lipid profile and glycaemia: A systematic review and meta-analysis. DOI: (https://dx.doi.org/10.3402%2Ffnr.v60.32613)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app