Cara Mengatasi Trauma pada Anak sejak Kecil

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mengatasi Trauma pada Anak sejak Kecil

Trauma terjadi ketika seorang anak mengalami peristiwa hebat yang mengancam atau menyebabkan kerusakan pada kesejahteraan emosional dan fisiknya. 

Beberapa peristiwa lebih cenderung traumatis daripada yang lain dan orang dapat memiliki respons yang sangat berbeda terhadap peristiwa yang sama. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Ketika seorang anak mengalami trauma, itu dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari dan kemampuan mereka untuk bergaul dengan orang lain. 

Kami tahu orang tua dan guru akan melakukan yang terbaik untuk membantu anak-anak mengatasi kesedihan dan kecemasan mereka dengan cara yang sehat. 

Kami telah memberikan beberapa tips tentang cara terbaik untuk melibatkan anak-anak dalam dialog yang tenang dan mendukung tentang perasaan pada anak. 

Pengalaman apa yang mungkin menimbulkan trauma?

  1. Pelecehan secara seksual, atau psikologis 
  2. Penyiksaan
  3. Bencana alam 
  4. Terorisme
  5. Kekerasan keluarga dan lingkungan
  6. Kehilangan orang yang dicintai secara tiba-tiba
  7. Pengungsi dan pengalaman perang 
  8. Kecelakaan serius atau penyakit yang mengancam jiwa

Apakah trauma pada anak mengganggu kehidupan?

Anak-anak yang menderita stres traumatis sering memiliki gejala-gejala seperti ini ketika diingatkan dalam beberapa hal tentang peristiwa traumatis. 

Meskipun banyak dari kita mungkin mengalami reaksi terhadap stres dari waktu ke waktu, ketika seorang anak mengalami stres traumatis, reaksi-reaksi ini mengganggu kehidupan sehari-hari anak dan kemampuan untuk berfungsi dan berinteraksi dengan orang lain. 

Pada usia berapa pun anak-anak kebal terhadap efek pengalaman traumatis. Bahkan bayi dan balita dapat mengalami stres traumatis.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apa saja resiko trauma pada anak-anak di kemudian hari?

Tanpa pengobatan, paparan berulang pada anak-anak terhadap peristiwa traumatis dapat memengaruhi otak dan sistem saraf dan meningkatkan perilaku berisiko kesehatan (Merokok, gangguan makan, penggunaan narkoba, dan aktivitas berisiko tinggi). 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang selamat dari trauma anak lebih mungkin memiliki masalah kesehatan jangka panjang (Diabetes dan penyakit jantung) atau meninggal pada usia lebih dini. 

Stres traumatis juga dapat menyebabkan peningkatan penggunaan layanan kesehatan dan kesehatan mental dan peningkatan keterlibatan dengan kesejahteraan anak dan sistem peradilan anak.

Bagaimana cara mengatasinya?

Anda tidak dapat memaksa anak Anda untuk pulih dari stres traumatis, tetapi Anda dapat memainkan peran utama dalam proses penyembuhan dengan hanya menghabiskan waktu bersama dan berbicara tatap muka, bebas dari TV, permainan, dan gangguan lainnya. 

Lakukan yang terbaik untuk menciptakan lingkungan di mana anak-anak Anda merasa aman untuk menyampaikan apa yang mereka rasakan dan untuk mengajukan pertanyaan.

Berikan anak Anda peluang 

Berikan ruang bagi anda sebagai kesempatan untuk berbicara tentang apa yang mereka alami atau apa yang mereka lihat. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dorong mereka untuk bertanya dan mengungkapkan kekhawatiran mereka tetapi jangan memaksa mereka untuk berbicara.

Validasikan kekhawatiran anak Anda.

Peristiwa traumatis dapat memunculkan ketakutan dan masalah yang tidak terkait pada anak Anda. Kenyamanan untuk anak Anda datang dari perasaan dipahami dan diterima oleh Anda, jadi akui ketakutan mereka bahkan jika mereka tampaknya tidak relevan bagi Anda.

Jangan tekan anak untuk berbicara

Mungkin sangat sulit bagi beberapa anak untuk membicarakan pengalaman traumatis. Seorang anak kecil mungkin merasa lebih mudah untuk membuat gambar yang menggambarkan perasaan mereka daripada berbicara tentang mereka. Anda kemudian dapat berbicara dengan anak Anda tentang apa yang telah mereka gambar.

Olahraga bersama 

Kegiatan seperti bola basket, sepak bola, lari, seni bela diri, atau berenang yang mengharuskan menggerakkan kedua lengan dan kaki dapat membantu membangunkan sistem saraf anak Anda dari gangguan perasaan yang sering akibat pengalaman traumatis.

Tawarkan anak Anda untuk berpartisipasi dalam olahraga, permainan, atau kegiatan fisik dengan anak Anda. 

Ingatlah bahwa setiap orang berbeda dan mungkin memiliki emosi yang berbeda. Jangan berharap anak Anda merasakan hal yang sama dengan Anda.

Berikan anak Anda rasa kontrol atas hidup mereka. Bahkan keputusan kecil, seperti memungkinkan mereka untuk memilih antara dua isian roti lapis saat makan siang, membuat anak merasa lebih terkendali. 

Hal Ini sangat penting setelah kekacauan krisis. Anak-anak yang merasa tidak berdaya cenderung mengalami gejala stres yang lebih parah.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app