Anak Terlambat Bicara, Ini Cara Melatihnya

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Anak Terlambat Bicara, Ini Cara Melatihnya

Anak terlambat bicara menjadi perhatian sebagian orangtua. Banyak dari mereka yang khawatir si Kecil terhambat kemajuannya dalam berkomunikasi. Sebenarnya orangtua tidak perlu khawatir ketika mendapati kemampuan bicara si Kecil lebih lambat dibandingkan dengan anak lain. Beberapa anak berusia menjelang lima tahun memang terkadang mengalami keterlambatan dalam hal berbicara jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Setiap anak memiliki tingkat pemahaman terhadap bahasa dan cara merangkainya yang berbeda-beda, sehingga pada dasarnya tidak ada yang perlu dicemaskan oleh para orangtua. Hanya sekitar 15% - 25% anak-anak berusia di bawah lima tahun yang memiliki masalah dalam berkomunikasi. Anak laki-laki cenderung mencapai pemahaman berkomunikasi secara utuh yang lebih lambat daripada anak perempuan.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Ukurannya ada pada seberapa banyak kata yang bisa diucapkan oleh anak secara jelas pada usia 18 hingga 20 bulan. Jika anak berbicara tidak sampai 10 kata saat usianya sudah mencapai 18 hingga 20 bulan, atau di bawah 50 kata saat usianya 21 hingga 30 bulan, maka anak termasuk terlambat berbicara. Kata-kata yang seharusnya sudah mampu diucapkan anak mencapai usia tersebut adalah panggilan pada orangtua serta pemahaman terhadap pengucapan kata-kata meminta.

Standar Kemampuan Bicara Anak di Bawah Usia 5 Tahun

Menurut The American Academy of Pediatrics berikut ini standar kemampuan berbicara anak di bawah lima tahun.

1. Menjelang usia 3 tahun  

Menjelang usia tiga tahun, anak-anak di bawah lima tahun seharusnya sudah mampu berbicara dalam kalimat yang terdiri dari dua hingga tiga kata. Anak juga seharusnya sudah mampu mengikuti instruksi sederhana dan mengulangi kata-kata yang ditangkapnya dalam percakapan.

2. Menjelang usia 4 tahun

Menjelang usia empat tahun, anak-anak seharusnya sudah mampu mengikuti instruksi yang dijelaskan dalam dua sampai tiga langkah, mengenali dan mengidentifikasi berbagai objek dan gambar, serta memahami apa saja yang diucapkan pada dirinya. Anak Anda seharusnya sudah mampu berbicara dengan baik untuk dipahami oleh orang lain selain Anda dan pasangan Anda.

3. Menjelang usia 5 tahun

Menjelang usia lima tahun, anak-anak seharusnya sudah mampu menanyakan pertanyaan abstrak yang diawali dengan kata tanya mengapa, dan memahami konsep persamaan dan perbedaan. Anak-anak seharusnya sudah menguasai aturan dasar dalam penyusunan kata-kata dari berbagai hal yang didengarnya sehari-hari. Meski demikian, saat usianya baru empat tahun anak masih mungkin melakukan kesalahan pengejaan, dan hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

4. Pada saat anak menginjak umur 5 tahun

Pada saat usia anak menginjak lima tahun, anak Anda seharusnya sudah mampu mengulangi cerita yang diberitahukan padanya dalam kata-kata dan pengertiannya sendiri, serta dapat merangkai lebih dari lima kata dalam satu kalimat.

Beberapa anak mungkin mengalami perkembangan kemampuan berbahasa yang ekspresif yang sedikit terlambat daripada anak-anak lain seusianya, namun biasanya kemampuan berbahasa receptive atau pemahamannya akan perkataan orang lain sudah cukup berkembang. Anak yang seperti ini biasanya hanya tidak berbicara banyak saja, namun sudah cukup paham untuk menuruti instruksi yang diberikan orang tua.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Speech disorders: Types, symptoms, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324764.php)
Speech Delay at 3 Years Old: What's Normal, What Should Be Evaluated. Healthline. (https://www.healthline.com/health/speech-delay-3-year-old-2)
Helping Your Late-Talking Children. WebMD. (https://www.webmd.com/baby/features/helping-your-late-talking-children)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app