Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Anak Balita

Anak Terlambat Bicara, Ini Cara Melatihnya

Update terakhir: DEC 10, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.615.456 orang

Anak Terlambat Bicara, Ini Cara Melatihnya

Anak terlambat bicara menjadi perhatian sebagian orangtua. Banyak dari mereka yang khawatir si Kecil terhambat kemajuannya dalam berkomunikasi. Sebenarnya orangtua tidak perlu khawatir ketika mendapati kemampuan bicara si Kecil lebih lambat dibandingkan dengan anak lain. Beberapa anak berusia menjelang lima tahun memang terkadang mengalami keterlambatan dalam hal berbicara jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Setiap anak memiliki tingkat pemahaman terhadap bahasa dan cara merangkainya yang berbeda-beda, sehingga pada dasarnya tidak ada yang perlu dicemaskan oleh para orangtua. Hanya sekitar 15% - 25% anak-anak berusia di bawah lima tahun yang memiliki masalah dalam berkomunikasi. Anak laki-laki cenderung mencapai pemahaman berkomunikasi secara utuh yang lebih lambat daripada anak perempuan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ukurannya ada pada seberapa banyak kata yang bisa diucapkan oleh anak secara jelas pada usia 18 hingga 20 bulan. Jika anak berbicara tidak sampai 10 kata saat usianya sudah mencapai 18 hingga 20 bulan, atau di bawah 50 kata saat usianya 21 hingga 30 bulan, maka anak termasuk terlambat berbicara. Kata-kata yang seharusnya sudah mampu diucapkan anak mencapai usia tersebut adalah panggilan pada orangtua serta pemahaman terhadap pengucapan kata-kata meminta.

Menurut The American Academy of Pediatrics berikut ini standar kemampuan berbicara anak di bawah lima tahun.

1.Menjelang usia tiga tahun, anak-anak di bawah lima tahun seharusnya sudah mampu berbicara dalam kalimat yang terdiri dari dua hingga tiga kata. Anak juga seharusnya sudah mampu mengikuti instruksi sederhana dan mengulangi kata-kata yang ditangkapnya dalam percakapan.

2.Menjelang usia empat tahun, anak-anak seharusnya sudah mampu mengikuti instruksi yang dijelaskan dalam dua sampai tiga langkah, mengenali dan mengidentifikasi berbagai objek dan gambar, serta memahami apa saja yang diucapkan pada dirinya. Anak Anda seharusnya sudah mampu berbicara dengan baik untuk dipahami oleh orang lain selain Anda dan pasangan Anda.

3.Menjelang usia lima tahun, anak-anak seharusnya sudah mampu menanyakan pertanyaan abstrak yang diawali dengan kata tanya mengapa, dan memahami konsep persamaan dan perbedaan. Anak-anak seharusnya sudah menguasai aturan dasar dalam penyusunan kata-kata dari berbagai hal yang didengarnya sehari-hari. Meski demikian, saat usianya baru empat tahun anak masih mungkin melakukan kesalahan pengejaan, dan hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

4.Pada saat usia anak menginjak lima tahun, anak Anda seharusnya sudah mampu mengulangi cerita yang diberitahukan padanya dalam kata-kata dan pengertiannya sendiri, serta dapat merangkai lebih dari lima kata dalam satu kalimat.

Beberapa anak mungkin mengalami perkembangan kemampuan berbahasa yang ekspresif yang sedikit terlambat daripada anak-anak lain seusianya, namun biasanya kemampuan berbahasa receptive atau pemahamannya akan perkataan orang lain sudah cukup berkembang. Anak yang seperti ini biasanya hanya tidak berbicara banyak saja, namun sudah cukup paham untuk menuruti instruksi yang diberikan orang tua.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit