Cara Mencuci Muka Yang Benar

Jika salah mengaplikasikan, kulit wajah Anda akan semakin berminyak dan jerawat akan mulai muncul. Lalu, bagaimanakah cara mencuci wajah berminyak dengan baik dan benar? Simak ulasan berikut ini.
Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mencuci Muka Yang Benar

Wajah merupakan bagian tubuh yang paling mudah terpapar kotoran dan debu. Oleh sebab itu wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat diperhatikan kondisinya. 

Salah satu langkah mudah merawat muka adalah dengan mencuci muka. Biasanya langkah paling sederhana untuk mencuci wajah adalah dengan menuangkan sabun khusus untuk membersihkan ke wajah ke telapak tangan.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Kemudian digosokkan ke bagian muka, dan dibilas dengan air hingga bersih. Namun, tahukah Anda bahwa mencuci wajah dengan cara sederhana demikian tidak bisa dipraktekkan pada semua orang. 

Kondisi wajah dan tipe kulit wajah perlu diperhatikan.

Salah satu jenis kulit wajah yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan sabun pencuci wajah saja adalah kulit wajah berminyak. Jika salah mengaplikasikan, kulit wajah Anda akan semakin berminyak dan jerawat akan mulai muncul. 

Lalu, bagaimanakah cara mencuci wajah berminyak dengan baik dan benar? Simak ulasan berikut ini.

Langkah yang tepat mencuci wajah untuk kulit berminyak

Kulit wajah yang berminyak membutuhkan perawatan yang lebih ekstra bila dibandingkan dengan kulit wajah normal. Perawatan yang salah akan menimbulkan efek yang buruk terhadap wajah. 

Kulit wajah yang berminyak bisa semakin berminyak dan akan menimbulkan jerawat. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Jika kulit muka Anda termasuk yang berminyak, Anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana mencuci muka di bawah ini:

1. Cuci tangan

Kulit wajah yang berminyak sangat sensitif terhadap sesuatu yang kotor. Anda perlu memperhatikan benda-benda apa saja yang akan bersentuhan langsung dengan kulit wajah Anda termasuk kedua tangan. 

Sebelum membersihkan muka, pastikan Anda telah mencuci tangan terlebih dahulu. Gunakan sabun cuci tangan yang mengandung anti bakteri dan bilas dengan air hangat hingga bersih. 

Kondisi tangan yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan jerawat pada kulit berminyak

2. Ikat rambut

Jika Anda memiliki rambut panjang dan poni yang menutupi bagian muka, sebaiknya Anda mengikat rambut ke belakang agar tidak basah. Anda juga bisa menggunakan bando khusus. 

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan terhadap bakteri dan kotoran. Jika rambut yang kotor mengenai muka berminyak yang sensitif, kotoran di rambut dapat tertinggal di muka dan menyebabkan jerawat. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

3. Hilangkan sisa-sia make up di wajah

Anda yang menyukai menghias wajah Anda dengan make up, hendaknya rajin membersihkan make up agar tidak mudah terkena jerawat, terutama bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif. 

Gunakan pembersih khusus make up yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Jika sudah bersih, Anda dapat membasuh muka dengan air hangat.

4. Gunakan lotion pembersih (jika ada)

Sebelum mencuci wajah, Anda dapat menggunakan rangkaian milk cleanser dan toner sebagai langkah awal jika memilikinya. Anda cukup mengeluarkan lotion pembersih atau milk cleanser secukupnya di ujung jari atau handuk bersih.

Oleskan pada wajah secara merata di bagian dagu, dahi, hidung, pipi, dan leher. Jika sudah merata, pijat wajah secara halus dengan gerakan memutar selama beberapa menit.

 jika sudah cukup, basuh wajah dengan kapas yang telah dibasahi dengan air. 

5. Gunakan air dingin

Walaupun sudah dibersihkan dengan lotion pembersih muka khusus untuk kulit berminyak, Anda sebaiknya juga mencuci wajah Anda dengan air. 

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai Anda lupa untuk membersihkan bagian T-Zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu. 

Spons khusus wajah atau kapas juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan sisa-sisa pembersih dari wajah Anda. Air dingin dapat membantu untuk menutup pori-pori wajah yang terbuka dan melancarkan sirkulasi di wajah Anda.  

6. Usap wajah perlahan

Jika ingin mengeringkan air di wajah, usap lembut dan tepuk-tepuk secara perlahan menggunakan handuk bersih. Gunakan handuk khusus untuk wajah dan berbeda dengan handuk yang dipakai untuk mengeringkan badan. 

7. Gunakan toner

Khusus untuk kulit wajah berminyak, gunakan toner wajah setelah mencuci wajah Anda.

 Toner dapat menyempurnakan kebersihan muka Anda dari semua bekas riasan, debu, dan minyak yang pembersih tidak bisa bersihkan secara sempurna. 

Toner juga mampu membersihkan sisa-sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan menghaluskan kulit.

8. Lembapkan kulit wajah Anda

Usapkan pelembab pada kulit wajah Anda setelah selesai dicuci dan kering. Gunakan pelembab yang bebas dari minyak dan berbahan dasar air atau gel.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Walters RM, et al. (2012). Cleansing formulations that respect skin barrier integrity. DOI: (https://dx.doi.org/10.1155%2F2012%2F495917)
Neill US, et al. (2012). Skin care in the aging female: myths and truths. DOI: (https://dx.doi.org/10.1172%2FJCI61978)
15 Easy Rules for Washing Your Face the Right Way. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-washing-how-to#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app