Cara Membuat Lip Balm alami Sendiri

Lip balm alami tentunya akan lebih aman dan bebas dari bahan-bahan kimia. Kulit bibir yang sensitif akan memberikan reaksi berbeda-beda terhadap kandungan bahan kimia yang terdapat pada lip balm.
Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Membuat Lip Balm alami Sendiri

Masalah bibir yang paling sering dialami oleh penduduk beriklim tropis seperti Indonesia adalah bibir kering hingga bibir pecah-pecah. Rasanya pasti tidak nyaman dan perih. 

Salah satu langkah mudah mengurangi bahkan menghindari masalah ini adalah dengan menggunakan lip balm atau pelembab bibir. Tentunya lip balm yang dipakai adalah lip balm yang sesuai dengan kondisi kulit bibir Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Pentingnya lip balm

Kulit di bagian bibir merupakan salah satu bagian kulit yang tipis dan sensitif. Bibir terlihat berwarna merah atau merah jambu karena permukaan kulit bibir sangat dekat dengan suplai darah. 

Bibir juga merupakan bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak. Hal ini menyebabkan bibir tidak menghasilkan minyak alami sebagai pencegah dehidrasi sehingga sangat rentan kering dan pecah-pecah. 

Biasanya yang dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit bibir adalah dengan menjilati bibir. Namun semakin sering Anda menjilat bibir, maka kondisi bibir akan semakin kering. 

Efek air ludah yang melembabkan bibir hanya berlangsung sementara. Oleh sebab itu, Anda perlu mengoleskan pelembab bibir yang akan menjadi minyak alami untuk kulit bibir Anda. 

Pelembab bibir dapat membantu menjaga kelembapan bibir Anda. Dengan bibir yang lembap, tentunya Anda akan terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah. 

Membuat lip balm sendiri, kenapa tidak?

Di pasaran ada beragam lip balm yang beredar, tapi Anda dapat membuat lip balm sendiri dengan bahan-bahan alami dan mudah ditemukan di sekitar Anda. Lip balm alami tentunya akan lebih aman dan bebas dari bahan-bahan kimia. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kulit bibir yang sensitif akan memberikan reaksi berbeda-beda terhadap kandungan bahan kimia yang terdapat pada lip balm. 

Beberapa kandungan bahan kimia pada lip balm di pasaran antara lain fenol, mentol, dan asam salsilat. Kandungan-kandungan bahan ini dapat menyebabkan bibir Anda makin kering. 

Hal ini menyebabkan Anda harus mengoleskan lip balm berulang kali dan terus menerus agar bibir tidak kering. Jika berlebihan, kulit bibir Anda yang sensitif dapat terkena iritasi dan luka.

Langkah-langkah membuat lip balm alami

1. Lip balm berbahan dasar madu dan minyak esensial

Bahan yang harus Anda siapkan adalah madu, beeswax (lilin lebah), dan minyak esensial. Madu dipilih sebagai bahan lip balam alami karena mengandung sifat humektan alami. 

Zat yang menjaga kelembapan kulit ini bertugas untuk menarik uap air yang ada di udara untuk menjaga kelembapan bibir. 

Beeswax atau yang lebih dikenal dengan lilin lebah berfungsi untuk memberikan stabilitas pada lip balm. Sedangkan untuk minyak esensial berfungsi untuk memberikan perlindungan ekstra pada bibir. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Beberapa minyak esensial yang bisa dipakai untuk lip balm antara lain minyak almond, minyak kernel aprikot, minyak biji anggur, minyak zaitun, dan minyak wijen.

Berikut langkah-langkah membuat lip balm alami dari madu, beeswax (lilin lebah), dan minyak esensial:

  1. Panaskan 2ons minyak esensial dan ¼ ons beeswax. Tunggu beberapa saat hingga beeswax meleleh dan menyatu dengan minyak esensial.
  2. Tuang larutan ke dalam wadah kaca dan tambahkan sesendok the madu.
  3. Campur larutan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga cukup lembut tergantung selera Anda.
  4. Jika larutan sudah jadi, pindahkan ke dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan dalam kondisi yang kering dan sejuk

Tambahan: beeswax tidak boleh dipanaskan secara langsung di atas api. Langkah yang tepat untuk mencairkan beeswax adalah degan mengukusnya.

2. Lip balm dengan shea butter

Bahan untuk membuat lip balm alami yang kedua adalah lanolin, minyak zaitun, shea butter, dan beeswax. Tiap bahan yang digunakan memiliki fungsi dan manfaat masing-masing. 

Lanolin dan minyak zaitun berfungsi untuk melindungi bibir. Sedangkan Shea butter bermanfaat untuk menenangkan dan melembabkan bibir yang pecah-pecah dan kering karena mengandung vitamin A dan E. 

langkah membuat lip balm dengan bahan kedua ini pun cukup mudah, yaitu:

  1. Beeswax dilelehkan dengan dikukus
  2. Siapkan wadah lain untuk melelehkan shea butter dan lanolin. Panaskan hingga meleleh kurang lebih 2 sampai 3 menit sambil terus diaduk.
  3. Jika sudah melelh, tuangkan shea butter dan lanolin di wadah lain kemudian beri 1 sendok teh minyak zaitun, aduk hingga merata.
  4. Kemudian tambahkan beeswax dan aduk hingga  tercampur.
  5. Tuang she butter lip balm ke dalam wadah plastik dan diamkan kurang lebih selama 4 jam.
  6. Letakkan lip balm yang sudah jadi di tempat yang kering dan sejuk. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Imitation Burt's Bees Lip Balm. Wellness Mama. (https://wellnessmama.com/25459/imitation-burts-bees-lip-balm/)
Homemade Beeswax Lip Balm (All-Natural and Toxin Free!) + 5 Ingredients to Avoid in Store-Bought Lip Balm. What Great Grandma Ate. (https://whatgreatgrandmaate.com/homemade-beeswax-lip-balm/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app