Perawatan Rambut

6 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Tanpa Ribet

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jun 9, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
6 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Tanpa Ribet

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Jika ingin memanjangkan rambut, rutinlah melakukan perawatan dasar seperti rajin keramas, pakai kondisioner, dan menghindari mengikat rambut terlalu sering.
  • Konsumsi makanan rendah lemak dan tinggi protein bisa membantu membuat rambut cepat panjang. Sebab, asupan protein dan asam amino berperan penting untuk menumbuhkan sel rambut baru.
  • Olahraga yang cukup intens, seperti aerobik, dapat meningkatkan sirkulasi darah selaku pembawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala.
  • Cukupkan waktu tidur Anda 7-8 jam setiap malam. Sebab saat tidur, tubuh akan menghasilkan hormon pertumbuhan untuk merangsang pembentukan sel baru, termasuk sel rambut.
  • Jangan lupa untuk rawat rambut Anda agar rambut tetap sehat, bersih, dan berkilau. Anda bisa membeli paket perawatan rambut di sini.

Meski tak semua, namun beberapa wanita mengaku menyukai pria berambut panjang alias gondrong. Selain itu, ada juga pria yang lebih percaya diri dan nyaman saat memiliki rambut panjang. Jika Anda salah satunya, mari simak berbagai cara memanjangkan rambut pria dengan cepat dan alami tanpa obat berikut ini. 

Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria

Faktor alam dan genetik memang mengklaim bahwa tak ada usaha yang bisa dilakukan manusia untuk memanjangkan rambutnya secara cepat. Apa pun usahanya, rambut setiap orang hanya akan mengalami pertumbuhan 1,25 cm saja tiap bulannya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun untungnya, masih ada usaha yang dapat kita lakukan agar rambut tak sampai gagal tumbuh. Yang perlu Anda ketahui, masalah rambut seperti rambut bercabang atau mudah patah bukanlah gangguan yang terjadi pada kaum perempuan saja. Pria juga bisa mengalaminya bila ia kurang nutrisi, stres, minim olahraga, dan mengalami gangguan tidur.

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut gondrong, lakukan cara memanjangkan rambut pria berikut ini:

1. Lakukan perawatan dasar

Perawatan mendasar yang perlu dilakukan agar rambut pria cepat panjang yaitu:

  1. Cucilah rambut secara rutin 2-3 kali seminggu, jangan lupa akhiri dengan memberikan kondisioner. Sebelum keramas, Anda bisa menyisir rambut terlebih dulu untuk meminimkan kusut. Hindari memakai air panas karena dapat membuat rambut kering dan pecah-pecah. Sebaliknya gunakan air hangat yang dapat membuka pori-pori atau dingin saja karena mampu menambah kilau rambut.
  2. Hindari memeras, memelintir, mengikat, atau menyisir rambut saat masih basah. Pada kondisi basah, rambut lebih rapuh sehingga rawan mengalami kerusakan.
  3. Hindari menyisir rambut terlalu keras, kasar, atau lama. Kalau rambut kusut, maka Anda bisa menyisir bagian bawah atau ujungnya dulu dengan jari, sambil memegangi helaian agar akar atau rambut bagian atas tak ikut tertarik-tarik.
  4. Sebaiknya minimkan atau jauhi sama sekali penggunaan blow dryer agar rambut tak kering dan rusak.
  5. Hindari mewarnai atau melakukan bleaching rambut karena kandungan zat kimianya dapat merusak tekstur sehatnya.
  6. Kalau Anda berambut gondrong, hindari mengikat rambut terlalu kencang.
  7. Memakai topi sah-sah saja selama ukurannya tepat dan tidak kekecilan.
  8. Anda juga disarankan melakukan trimming atau shaving rambut secara teratur. Lakukan setiap 2-3 bulan sekali supaya rambut tetap terjaga kesehatannya.
  9. Hindari model atau gaya rambut yang tak sesuai dengan wajah dan karakter Anda.
  10. Jangan memaksakan menguncir atau mengikat rambut kalau memang belum cukup panjang.

2. Perhatikan gizi makanan

Di samping perawatan rutin dari luar, Anda juga wajib memperhatikan asupan makanan bila ingin memiliki rambut yang panjang dan sehat.

Bagaimanapun juga, kulit kepala membutuhkan bantuan protein dan asam amino jika ingin menumbuhkan sel rambut baru. Oleh karenanya, konsumsi makanan rendah lemak dan tinggi protein mesti dilakukan sebagai salah satu cara cepat memanjangkan rambut pria.

Dalam hal ini, cobalah rajin mengonsumsi makanan sumber vitamin A, B, C, dan E, seperti sayur-sayuran (bayam, kubis, wortel, tomat, dan paprika hijau). Sedangkan dari segi buah-buahannya, Anda bisa memilih aprikot, stroberi, kiwi, peach, dan nanas.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain itu, perbanyak pula asupan sumber protein seperti telur, ikan, ayam, kacang-kacangan, kismis, lentil, dan produk susu. Beberapa jenis suplemen memang bisa membantu, namun itu tetap tidak bisa menggantikan sumber makanan alami.

Baca Juga: 9 Makanan yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Rambut

3. Olahraga teratur

Sel tubuh butuh oksigen agar bisa tetap sehat. Olahraga yang cukup intens, misalnya seperti aerobik, dapat meningkatkan sirkulasi darah selaku pembawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala.

Jika kadar oksigen dalam tubuh meningkat, maka hal ini dapat merangsang pertumbuhan sel rambut baru di kulit kepala. Maka lambat laun, itu akan membantu mendorong pertumbuhan rambut agar lbih cepat.

Tak perlu menyediakan banyak waktu, apalagi kalau Anda termasuk orang sibuk. Cukup olahraga 30 menit setiap 3 kali seminggu sudah cukup membantu.

4. Pijat kepala

Bila selama ini Anda hanya berfokus pada punggung saja saat pijat, maka coba sesekali lakukan pijat kepala juga. Sama halnya dengan olahraga, pijat kepala dapat meningkatkan peredaran darah dan merangsang pertumbuhan rambut.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

5. Kurangi stres

Tanpa disadari, stres dapat membuat rambut bermasalah. Oleh sebab itu, segera hindari stres jika Anda ingin memanjangkan rambut.

Anda bisa melakukan hal-hal favorit yang Anda sukai, misalnya berkebun, menulis, atau pergi jalan-jalan. Lebih mudahnya, cobalah berolahraga yang tak hanya mengurangi stres tapi juga menyehatkan tubuh secara keseluruhan. 

6. Tidur secukupnya

Cukup tidur tak hanya baik untuk kesehatan tubuh keseluruhan dan mencegah obesitas, namun juga bisa memaksimalkan pertumbuhan rambut. Sebab pada waktu tidur, tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan yang bertugas merangsang pembentukan sel baru.

Sirkulasi darah di kulit juga meningkat saat Anda terlelap. Oleh sebab itu, tidurlah 7-8 jam setiap malamnya bila ingin rambut cepat tumbuh.

Baca Juga: Cara Melebatkan Rambut Menggunakan Bahan Alami

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Easy And Natural Ways To Make Your Hair Grow Faster (http://www.lifehack.org/360378/easy-and-natural-ways-make-your-hair-grow-faster)
What's the Fastest Way to Make Your Hair Grow Naturally? - Healthfully (https://www.livestrong.com/article/231395-whats-the-fastest-way-to-make-your-hair-grow-naturally/)
Hair Growth Secrets: 8 Natural Ways to Make Your Hair Grow Faster - How to Make Hair Grow Faster and Thicker (http://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/natural-ways-to-make-your-hair-grow-faster/articleshow/44947600.cms)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app