Creambath, Hair Spa, atau Hair Mask: Pilih yang Mana?

Mengetahui manfaat perawatan rambut penting agar Anda bisa memilih jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Yuk simak perbedaan dan manfaat dari creambath, hair spa, dan hair mask di bawah ini.
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Creambath, Hair Spa, atau Hair Mask: Pilih yang Mana?

Apakah Anda sering melakukan perawatan rambut di salon kecantikan? Biasanya salon kecantikan akan menawarkan tiga jenis perawatan rambut yaitu creambath, hair spa, dan hair mask. 

Namun sayangnya tak banyak wanita yang tahu secara rinci apa perbedaan dan manfaat di antara ketiganya. Mengetahui manfaat perawatan rambut penting agar Anda bisa memilih jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi rambutmu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Yuk simak perbedaan dan manfaat dari creambath, hair spa, dan hair mask di bawah ini.

Creambath

Creambath merupakan perawatan dasar rambut yang sudah populer lebih dulu dibandingkan hair spa dan hair mask. 

Creambath akan memberi lapisan dan melindungi lapisan rambut terluar (kutikula), tetapi jenis perawatan ini tidak mencapai lapisan rambut yang lebih dalam. 

Sehingga perawatan creambath lebih cocok bagi Anda yang tidak memiliki masalah seperti rambut rontok atau rambut bercabang. Manfaat perawatan creambath yaitu menjaga kesuburan rambut dan menguatkan akar rambut.

Proses creambath diawali dengan cara mengoleskan krim secara merata ke rambut Anda. 

Bahan-bahan yang digunakan dalam perawatan creambath biasanya didapat dari bahan tradisional seperti buah dan sayuran yang dapat memberikan manfaat sesuai kebutuhan rambut Anda. Lalu dilakukan pemijatan pada kulit kepala. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Hal tersebut dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan efek rileks. 

Kemudian rambut akan diuapi dengan menggunakan steam atau dengan cara membungkus rambut dengan handuk hangat supaya pori-pori kulit kepala terbuka dan nutrisi dari krim bisa masuk ke dalam kulit kepala.

Hair Spa

Apabila Anda mempunyai masalah rambut seperti rambut kering, rapuh, kusam, kaku, dan berminyak, sudah saatnya Anda melakukan perawatan yang lebih efektif dari creambath. 

Hair spa bermanfaat untuk memberi nutrisi pada akar rambut, merevitalisasi kulit kepala, dan memperkuat folikel rambut.

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses hair spa memiliki banyak kandungan vitamin daripada bahan-bahan yang digunakan pada proses creambath. Selain itu, krim hair spa juga mengandung minyak esensial sehingga rambut Anda akan lebih harum.

Proses perawatan hair spa sebenarnya mirip dengan proses perawatan creambath, yaitu pembaluran krim ke seluruh permukaan rambut, pemijatan kepala, dan steam agar nutrisi dari krim bisa diserap secara optimal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Ketika proses steam, folikel rambut juga akan menerima asupan oksigen dan nutrisi melalui darah. Hal tersebut dapat mempercepat pertumbuhan rambut. 

Dibalik manfaat yang ditawarkan, ternyata hair spa juga memiliki kekurangan. Apabila Anda sering melakukan perawatan hair spa, maka warna rambut Anda bisa memudar. 

Selain itu, harga yang dipatok untuk perawatan hair spa lebih mahal jika dibandingkan dengan creambath, terlebih jika Anda mempunyai rambut yang panjang mungkin biayanya juga akan bertambah.

Hair Mask

Hair mask adalah perawatan rambut yang cocok untuk mengatasi masalah kerusakan rambut yang sudah parah. Apakah Anda sering melakukan pewarnaan, pelurusan atau pengeritingan rambut? Jika iya, hair mask adalah perawatan yang tepat untuk Anda. 

Hair mask dapat memberikan perawatan mendalam pada setiap helai rambut dan memperbaiki kerusakan rambut yang Anda alami. Manfaat lain dari hair mask adalah membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. 

Proses perawatan hair mask tidak ada pemijatan sama sekali, berbeda dengan creambath dan hair spa. Tujuannya supaya tidak membuat rambut menjadi semakin rusak dan rontok. 

Namun biasanya para terapis memberikan pijatan-pijatan di bagian tubuh lainnya seperti leher, bahu, dan punggung. 

Mungkin hair mask tidak bisa menyembuhkan rambut yang sudah terlanjur rusak, tapi setidaknya perawatan ini mampu mencegah rambut mengalami kerusakan yang lebih parah. 

Apabila Anda melakukan perawatan hair mask secara rutin, maka kerusakan rambut yang Anda alami bisa tersamarkan dengan cara melembabkan rambut.

Nah itulah perbedaan dan manfaat dari creambath, hair spa, dan hair mask. Sebaiknya Anda memilih jenis perawatan yang benar-benar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut Anda.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
5 Frizzy Hair Home Remedies, Plus Products and Prevention Tips. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/frizzy-hair-home-remedies)
10 Home Remedies for Dry Hair. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-hair)
12 home remedies for dry hair. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app