Kehamilan

Bagaimana Cara Cepat Hamil? Coba Beberapa Posisi Ini

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bagaimana Cara Cepat Hamil? Coba Beberapa Posisi Ini

Jika Anda dan pasangan sedang mencari cara agar cepat hamil, Anda mungkin akan mecoba banyak hal. Salah satu hal yang mungkin Anda pikirkan adalah apakah posisi seks mempengaruhi tingkat keberhasilan? Apakah berhubungan seks dengan posisi tertentu dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil?

Banyak mitos menyatakan bahwa beberapa posisi seks dapat membantu Anda cepat hamil, namun ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa tidak ada posisi seks yang menjanjikan peluang lebih besar agar seseorang dapat hamil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Dapatkan Alat Kontrasepsi & Hormon Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 7

Kehamilan baru bisa terjadi saat sperma dan sel telur bertemu. Pembuahan pun akan optimal bila dilakukan saat sel telur sudah matang sehingga siap dibuahi sperma. 

Posisi agar cepat hamil

Sayangnya, masa hidup sel telur hanya berlangsung selama 12 - 24 jam dalam 1 bulan dan umur sperma bisa bertahan hidup selama 2 - 3 hari. Oleh karena itu, lebih baik berhubungan badan sebelum masa subur supaya sel sperma masih hidup dan bisa bertemu dengan sel telur. 

Selain itu, para ahli juga menyarankan agar Anda dan pasangan berhubungan badan sebanyak 2 - 3 kali dalam seminggu. Untuk membatu meningkatkan peluang kehamilan, yang baik dilakukan adalah membawa sel sperma sedekat mungkin ke serviks. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memasukkan sperma sedalam mungkin ke dalam vagina.  

Bersamaan dengan penetrasi penuh, posisi seks yang ideal untuk memposisikan sperma tepat di pintu masuk serviks anda:

  • misionaris, dimana pria berada di atas wanita
  • doggy style, penetrasi dari belakang

Apa yang dilakukan setelah berhubungan seks

Adakah yang dapat dilakukan setelah berhubungan seks agar meningkatkan peluang hamil? Sayangnya belum ada bukti kuat untuk hal tersebut. Namun beberapa langkah berikut cukup masuk akal untuk membuat sperma lebih cepat bertemu dengan sel telur.

Tetap bebaring

Dengan posisi berbaring dapat membantu sel sperma lebih mudah menuju tempat dimana sel telur berada. Berbaringlah selama kurang lebih 10-15 menit. Kemudian kosongkan kandung kemih untuk membantu menghilangkan kuman atau bakteri dekat uretra Anda, yang biasa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

BLACKMORES PREGNANCY BREAST FEED GOLD SOFTCAP 60S merupakan suplemen kehamilan dan menyusui yang penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan.

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Ganjal bagian panggul

Letakkan bantal di bagian panggul setelah berhubungan seks untuk membuat posisi pelvis Anda lebih tinggi, dengan demikian sel sperma akan mengikuti gravitasi turun ke uretrus. Tahan posisi ini selama 10-15 menit. 

Angkat kaki ke langit-langit

Dengan menyandarkan kaki Anda ke tembok saat berbaring juga merupakan cara yang tepat untuk memanfaatkan gravitasi untuk membantu proses kehamilan

Mungkin Anda kadang merasakan lembab atau cairan di celana dalam Anda, cairan tersebut mungkin merupakan sebagian cairan sperma. Dengan mengangkat kaki ke langit-langit selama 10-15 menit setelah berhubungan seks, sel sperma sudah masuk ke uterus dan melakukan perjalanannya ke rahim Anda. 

Apa yang perlu dihindari setelah berhubungan seks

Tentu Anda masih perlu melakukan aktifitas harian setelah berhubungan seks, namun mungkin beberapa hal dibawah ini dapat Anda hindari untuk meningkatkan peluang kehamilan

Membersihkan vagina

Setelah berhubungan seks, jangan langsung menyiram atau membersihkan vagina Anda. Vagina dapat membersihkannya secara alami tanpa Anda bantu. Membersihkan vagina lebih lagi dengan sabun dapat menghilangkan bakteri baik yang melindungin Anda dari bakteri jahat. 

Anda tentunya tidak ingin menghapus sperma yang ada di vagina ketika yang dibutuhkan untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah sebanyak-banyaknya sperma di dekat vagina. 

Olahraga berat

Walaupun belum ada bukti ilmiah mengenai kolerasi olahraga berat setelah berhubungan seks terhadap kemungkinan hamil, Anda mungkin perlu menjaga diri agar tidak terlalu lelah. Menghindari jenis olahraga berat yang dapat melelahkan tubuh dapat Anda pertimbangkan. Namun olahraga ringan seperti yoga, jogging, jalan santai tetap harus di lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.



3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Increase Chances of Getting Pregnant: What to Try. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-to-increase-chances-of-getting-pregnant)
How To Get Pregnant Fast: 7 Easy Tips To Conceive Quickly. WebMD. (https://www.webmd.com/baby/features/7-tips-getting-pregnant-faster)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app