Cara Aman Menggunakan Produk Pencerah Kulit

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Aman Menggunakan Produk Pencerah Kulit

Wanita selalu ingin tampil cantik dengan kulit yang memukau. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk pencerah kulit. Pencerah kulit, selain untuk membuat warna kulit terlihat lebih terang, juga berguna untuk menghilangkan noda pada kulit. Produk pencerah wajah dapat dibeli di toko atau counter, dapat juga dengan resep dokter. 

Beberapa orang mengaplikasikan pencerah kulit ke seluruh tubuh untuk mengubah warna kulit aslinya, tetapi ini  bisa sangat berisiko. Bahan aktif dalam produk, seperti merkuri, dapat menyebabkan keracunan bahkan diduga kuat menyebabkan kanker. Di banyak negara,  merkuri telah dilarang, termasuk di Indonesia. 
Merkuri juga bisa  menyebabkan masalah kejiwaan, saraf, dan gangguan ginjal serius. Wanita hamil yang menggunakan pencerah kulit dengan merkuri dapat membahayakan bayi di dalam kandungannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Bagaimana Pencerah Kulit Bekerja?

Umumnya, produk pencerah kulit mengandung satu atau lebih bahan aktif yang berguna untuk  mengurangi jumlah melanin pada kulit. Bahan yang paling banyak digunakan adalah  hydroquinone.

FDA mengatur penggunaan hydroquinone di AS tidak boleh lebih dari dua persen perkemasan produk, demi keamanan konsumen. Dermatologis dapat menuliskan resep untuk pencerah kulit dengan kandungan hydroquinone sebanyak empat sampai enam persen. Sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter Anda sebelum menggunakan produk dengan hydroquinone dan sebaiknya Anda mengikuti arahan dokter secara akurat.

Produk pencerah kulit lainnya menggunakan obat-obatan seperti steroid dan asam retinoat, yang berasal dari vitamin A, sebagai bahan aktif. Ada juga produk yang  menggunakan bahan-bahan alami seperti asam kojic - senyawa yang berasal dari jamur dan arbutin, senyawa yang ditemukan dalam berbagai tanaman.

Risiko

Selain bahaya merkuri, ada potensi bahaya lain dari penggunaan pencerah kulit yakni: 
1. Penggunaan jangka panjang dapat berkontribusi terhadap penuaan dini pada kulit.
2. Penggunaan jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker kulit akibat paparan sinar matahari. Selalu gunakan tabir surya saat menggunakan pencerah kulit, terutama ketika Anda ada di luar rumah. 
3. Steroid dalam beberapa pencerah kulit dapat meningkatkan risiko infeksi dan penipisan kulit, jerawat, dan mengurangi kemampuan kulit untuk sembuh dari luka. 
4. Mengaplikasikan  steroid ke sebagian besar area kulit dapat menempatkan Anda pada risiko  masalah kesehatan yang berkaitan dengan steroid. 
5. Hydroquinone dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang  tidak diinginkan dan tidak bisa diperbaiki lagi (ochronosis).
6. Berbagai zat pemutih, termasuk bahan-bahan alami, dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi.

Cara Aman Menggunakan Pencerah Kulit

1. Bicarakan dengan dokter  sebelum Anda memutuskan  menggunakan pencerah kulit dan meminta petunjuk khusus, jika produk yang Anda gunakan dibeli dari toko kosmetik. 

2. Pastikan tidak ada merkuri dalam produk pilihan Anda. Merkuri kadang-kadang terdaftar di bawah nama lain, seperti kalomel, merkuri, mercurous, atau mercurio.

3. Pastikan kandungan  hydroquinone tidak lebih dari dua persen.  Jika label kemasan tidak mencantumkan berapa banyak  kandungan hydroquinone, lebih baik tidak usah membelinya. 

4. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang suatu produk, tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk memastikan keamanannya. Dokter kulit Anda mungkin juga akan merekomendasikan pilihan pengobatan lain, seperti chemical peeling, mikrodermabrasi, dan perawatan laser.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Skin Lightening Creams: A Question of Safety - Skin and Beauty Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-lightening-creams.aspx)
Cosmetic procedures - Skin lightening. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/skin-lightening/)
“The fairer the better?” Use of potentially toxic skin bleaching products. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4765398/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app