Cara Alami Mengatasi Rambut Kering

Mengalami masalah dengan rambut kering, jangan dibuat pusing. Segera ambil tindakan menggunakan cara alami terlebih dahulu. Berikut cara mengatasi rambut kering.
Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Alami Mengatasi Rambut Kering

Banyaknya aktivitas yang dilakukan baik di dalam maupun di luar rumah membuat Anda yang memiliki jenis rambut kering merasa khawatir. Kondisi rambut yang kering membuat Anda kurang nyaman dan percaya diri.

 Hal ini dikarenakan rambut kering lebih mudah rontok serta susah dirapikan. Untuk itu banyak orang yang mencari berbagai cara agar kondisi rambut kering mereka bisa diatasi. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Mereka tentunya ingin keadaan rambutnya lebih terjaga kelembapannya supaya keindahan rambut lebih terlihat serta rambut dapat ditata dengan mudah tanpa harus melakukan perawatan di salon kecantikan. 

Untuk itu, mari kita lihat beberapa cara agar masalah rambut kering dapat diatasi dengan biaya yang ramah di kantong. 

Cara mudah dan alami mengatasi rambut kering

Mengalami masalah dengan rambut kering, jangan dibuat pusing. Segera ambil tindakan menggunakan cara alami terlebih dahulu. 

Berikut cara mengatasi rambut kering.

1. Menggunakan masker rambut

Masker tentu bukan menjadi barang baru dalam merawat kecantikan. Kali ini Anda perlu mencoba masker rambut untuk mengatasi masalah rambut kering. Masker tersebut dapat membantu mengembalikan kelembapan rambut. 

Bahan masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti campuran yoghurt dan minyak zaitun dapat memperbaiki kondisi rambut yang kering, rapuh, dan rusak. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Hal ini disampaikan oleh livestrong yang telah menguji bahan masker tersebut.

Bagi Anda yang memiliki banyak waktu dapat mencoba membuat ramuan masker rambut tersebut karena cara membuatnya tidak susah. 

Cukup dengan mengaduk ½ cangkir yoghurt tawar dicampur dengan 2 sendok makan minyak zaitun sampai rata, masker rambut siap digunakan. 

Untuk cara memakainya, Anda perlu membasahi rambut terlebih dahulu kemudian mengoleskan secara perlahan ke setiap helai rambut Anda.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal dapat melakukan kegiatan ini dalam dua atau tiga kali dalam seminggu. Dengan begitu kelembapan rambut Anda akan lebih bagus. 

Selain yoghurt dan air tawar, banyak bahan-bahan yang memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan rambut. Bahan lain tersebut misalnya alpukat dan madu. Kedua bahan tersebut dapat menjaga kondisi rambut Anda agar tidak kering. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Untuk itu, Anda dapat meracik ramuan sendiri untuk menjaga kesehatan rambut dengan bahan-bahan tersebut.

2. Mengonsumsi omega 3 dan antioksidan

Untuk membantu mengatasi rambut kering ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung omega 3 dan antioksidan

Bahan-bahan ini ternyata memiliki manfaat seperti omega 3 yang dapat membantu mengembalikan rambut yang kering menjadi lebih berkilau. 

Beberapa makanan yang mengandung omega 3 adalah ikan tuna, kembung, salmon, sarden dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk mengurangi rambut yang terlihat kusam dapat mengonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan akan membantu mengurangi stress oksidatif, sehingga rambut akan terlihat sehat. 

Bahan makanan yang mengandung antioksidan antara lain kacang-kacangan seperti kacang merah dan kenari, brokoli, asparagus, apel, dan masih banyak lagi. 

3. Mengoleskan Minyak Kelapa

Bahan alami yang paling terkenal untuk membuat rambut lebih sehat adalah minyak kelapa. 

Minyak ini sudah dikenal dan digunakan sejak jaman nenek moyang, sehingga tidak heran bila perempuan pada jaman dahulu memiliki rambut panjang yang tebal dan berkilau. 

Sedangkan manfaat dari minyak kelapa sendiri berdasarkan penelitian tahun 2015 dapat menembus serat-serat rambut yang nantinya dapat mengisi setiap celah pada rambut untuk memperbaiki kerusakan pada rambut. 

Minyak kelapa memiliki bau yang tidak menyengat, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda. Bahkan minyak tersebut mampu memberikan kehangatan saat Anda mengoleskannya di setiap helai rambut. 

Untuk hasil yang lebih maksimal Anda dapat mengoleskan minyak kelapa secara rutin setiap minggunya. 

Untuk tata carra menggunakan minyak kelapa juga sederhana dan mudah. And hanya perlu mengoleskannya dari bagian akar hingga ujung lambut secara perlahan di setiap helai rambut. 

Bila Anda ingin menambah sensasi kenyamanan selama mamakai minyak kelapa, Anda bisa sambil melakukan pijitan secara perlahan di akar rambut. 

Hal ini juga akan membuat minyak kelapa lebih mudah diserap dan Anda juga akan merasa lebih nyaman. Jika sudah merata, tunggu dan diamkan selama 20 menit baru boleh Anda bilas dengan air bersih. 

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Trüeb RM. (2009). Oxidative stress in ageing of hair. DOI: (http://doi.org/10.4103/0974-7753.51923)
Soleyamani T, et al. (2017). The infatuation with biotin supplementation: Is there truth behind its rising popularity? A comparative analysis of clinical efficacy versus social popularity. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28628687)
Sebetic K, et al. (2008). UV damage of the hair. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19138021)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app