Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Bur Marigold : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 22, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 847.080 orang

Bur Marigold ( bidens pilosa ), merupakan tanaman herbal yang tersebar secara luas di beberapa daerah seperti America, Africa, Asia, dan Oceania. 

Secara tradisional, tanaman ini telah digunakan dalam penanganan tekanan darah tinggi dan permasalahan tubuh yang menyangkut pembuluh darah, conjunctivitis, batuk, diabetes, diare, diuresis, edema, dysmenorrhe, disentri, demam, gastritis, helminthiasis, hepatitis, inflamasi, keanehan pada masa menstruasi, kelainan pada ginjal, rheumatism, dan sakit gigi.

Semua bagian dari bidens pilosa dapat digunakan sebagai bahan pembuat obat – obatan tradisional. Dari bunga, biji, daun, sampai dengan akarnya dapat diolah menjadi sarana pengobatan.

Manfaat penggunaan Bur Marigold

Mengkonsumi Bur Marigold sebagai sarana pengobatan alternatif tentunya memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Tanaman ini mengandung zat anti-inflamasi, antimikroba, cardiovascular, dan aktivitas cytotoxic.

Selain beberapa hal yang tertera di atas, telah ditemukan juga manfaat dari penggunaan produk Bur Marigold seperti :

  1. Membantu mengatasi rambut rontok
  2. Membantu menangani colitis
  3. Membantu menangani gout
  4. Membantu melancarkan kemampatan cairan pada bagian tubuh
  5. Memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat

Kelima manfaat diatas disinyalir dapat Anda temukan setelah penggunaan produk yang mengandung Bur Marigold, namun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai seberapa efektif khasiat dari tanaman ini yang dapat Anda peroleh.

Dosis penggunaan Bur Marigold

Dalam menentukan dosis yang paling tepat bagi penggunaan Bur Marigold, diperlukan pertimbangan dari beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki oleh tubuh Anda.

Beberapa studi pada binatang menunjukan bahwa pengkonsumsian produk yang mengandung ekstrak Bur Marigold aman, dosis sebanyak 1g/kg berat badan selama 28 hari pada tikus tidak menimbulkan efek samping padanya. 

Namun data keamanan mengenai penggunaan herbal ini pada manusia masih sangat terbatas, terutama pada penggunaan jangka panjang.

Oleh karena itu, perlu diingat bahwa penggunaan obat herbal belum tentu aman. Oleh karena itu mintalah saran dari dokter maupun perawat disekitar Anda sebagai panduan profesional dalam mengkonsumsi herbal ini.

Hindari penggunaan Bur Marigold kepada anak, ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka.

Jika Anda menemukan herbal ini dalam bentuk suplemen, pastikan untuk membaca panduan dalam mengkonsumsinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek samping penggunaan Bur Marigold

Bur Marigold jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Salah satu efek samping yang sudah diketahui ialah :

Bur Marigold dapat memicu reaksi alergi pada orang – orang yang mengidap sensitifitas pada tanaman yang memiliki famili Asteraceae/Composite. Famili dari tanaman ini meliputi ragweed, chrysanthemums, marigolds, dan daisies.

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan produk herbal ini tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian herbal ini.

Gunakan produk-produk yang mengandung Bur Marigold secara bijak, dan pertimbangkanlah efek samping yang dapat terjadi.

Serta setelah penggunaan dari produk Bur Marigold, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp