ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Blackmores Natural E 250 IU: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Sep 27, 2019 Update terakhir: Mar 16, 2020 Tinjau pada Okt 8, 2019 Waktu baca: 2 menit

Blackmores Natural E 250 IU adalah suplemen antioksidan vitamin E yang baik dikonsumsi semua orang, khususnya para wanita. Jenis Blackmores yang satu ini berfungsi untuk mengurangi oksidasi dari kolesterol jahat (LDL) sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Antioksidan merupakan membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas tidak hanya bisa didapatkan dari luar, tapi juga ada di dalam tubuh. Radikal bebas berisiko merusak sel-sel di dalam tubuh dan memicu berbagai penyakit serius, mulai dari penyakit jantung hingga kanker.

Nah, disinilah pentingnya mengonsumsi makanan maupun suplemen yang mengandung antioksidan guna mencegah risiko tersebut. Salah satunya dengan suplemen mengandung vitamin E seperti Blackmores Natural E 250 IU.

Dibandingkan suplemen sejenis, Blackmores Natural E 250 IU mengandung sumber vitamin E alami yang lebih tahan lama daripada vitamin E sintetis. Bahkan kandungan di dalamnya mampu bekerja 2 kali lebih efektif dalam tubuh, sehingga tak diragukan lagi kualitas dan manfaatnya bagi kesehatan.

Mengenai Blackmores Natural E 250 IU

Golongan

Jual bebas

Kemasan

Blackmores Natural E 250 IU dipasarkan dengan kemasan 1 botol berisi 50 kapsul berwarna kuning transparan.

Kandungan

d-alpha-tokoferol (vitamin E alami 250 IU) 168 mg

Manfaat Blackmores Natural E 250 IU

Berbagai manfaat Blackmores Natural E 250 IU adalah:

  • Membantu menjaga kesehatan jantung
  • Membantu mengurangi oksidasi dari kolesterol jahat alias LDL

Selain itu, Blackmores Natural E 250 IU ini juga mengandung sumber vitamin E alami yang lebih tahan dalam dalam tubuh. Bahkan manfaatnya bekerja 2 kali lebih efektif sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Dosis Blackmores Natural E 250 IU

Suplemen Blackmores Natural E 250 IU diberikan dengan dosis 1 kapsul sehari untuk orang dewasa dan anak-anak usia di atas 12 tahun. Suplemen ini diminum sesudah makan.

Akan tetapi, dosis tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing wanita. Konsultasikan lebih lanjut ke dokter mengenai dosis suplemen yang tepat dan sesuai kondisi kesehatan Anda.

Meski dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh, suplemen Blackmores Natural E 250 IU tetap tidak bisa menggantikan diet seimbang. Tetap seimbangkan dengan mengonsumsi berbagai makanan sumber vitamin E seperti bayam, brokoli, sawi, wortel, alpukat, tomat, mangag, hingga kacang-kacangan.

Interaksi Blackmores Natural E 250 IU

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja suplemen. Sebagai akibatnya, suplemen ini tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter. Beberapa jenis obat yang kemungkinan dapat berinteraksi dengan vitamin E alami adalah sebagai berikut:

  • Obat pengencer darah: berisiko memicu memar atau perdarahan.
  • Obat untuk menangani kelebihan berat badan (obesitas) seperti orlistat: berikan jeda waktu dengan suplemen vitamin E alami minimal 2 jam.
  • Obat pengikat asam empedu (resin), zat besi, dan mineral oil: hindari konsumsi bersamaan dengan suplemen yang mengandung vitamin E alami.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan wanita sebelum menggunakan suplemen Blackmores Natural E 250 IU adalah sebagai berikut:

  • Simpan Blackmores Natural E 250 IU di tempat kering dengan suhu 30° Celcius dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.
  • Hindari mengonsumsi Blackmores Natural E 250 IU melebihi dosis, kecuali atas saran dokter.
  • Beri tahukan dokter mengenai riwayat penyakit yang pernah diderita.
  • Hati-hati penggunaan karena suplemen ini mengandung natrium sulfit.
  • Tidak untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, serta ibu hamil dan menyusui

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vitamin E: Fact sheet for health professionals. (2016, May 9) (http://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-HealthProfessional/)
Mayo Clinic Staff. (2013, November 1). Vitamin E. Retrieved from (http://www.mayoclinic.com/health/vitamin-e/NS_patient-vitamine)
Dietary reference intakes for vitamin C, vitamin E, and carotenoids. (2000) (http://www.nap.edu/openbook.php?record_id=9810&page=186)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app